665
  2016-08-29       sassavenue.com

Yakin Kamu Bodoh?

Apakah kalian merasa bodoh? Mungkin tidak. Hanya saja belum mengetahui keistimewaan dirimu.

Deane Lene 114 views

Sering kali ketika kita merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu, menyelesaikan tugas yang diberikan atau mungkin melakukan kesalahan berulang kali dan selalu mendapat teguran dari orang lain membuat kalian mendapat label negatif dari orang lain. Orang lain akan menganggap bahawa kalian adalah orang yang bodoh dan sulit untuk diajak bekerjasama. Biasanya label ini akan cepat melekat namun sulit untuk dilepaskan walau kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

Coba kalian sekarang pahami diri kalian terlebih dahulu. Apakah kalian mengalami kegagalan disetiap hal yang kalian lakukan? Aku rasa tidak. kenapa? Karena sejatinya setiap manusia memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kalian akan merasa gagal di ulangan matematika tetapi tidak dengan ulangan Bahasa bukan? Kalian akan merasa gagal untuk bernyanyi tetapi tidak dengan berolahraga bukan? Ya... Hal tersebut adalah contoh kecil dari beberapa kelebihan dan kekurangan seseorang. Kekurangan yang dimiliki sering kali di berikan labeb "bodoh" pada semua orang tanpa terkecuali.

Sebelum kalian memberikan label negatif tersebut, kalian harus mengetahui mengenai macam-macam kecerdasan. Terdapat beberapa tipe kecerdasan yang dimiliki manusia namun tidak semuanya berkembang secara sempurna. Berikut akan dibahas mengenai macam tipe kecerdasan manusia.

1. Intelligence of word (kecerdasan mengolah kata)

Kalian yang memiliki kecerdasan ini memiliki ciri-ciri dapat berargumentasi, mampu meyakinkan orang lain, dapat menghibur orang lain, mengajar dan segala hal yang berhubungan dengan komunikasi secara efektif. Kalian yang memiliki kederdasan ini senang akan membaca buku dan meulis apapun yang sedang kalian rasakan sebagai media kalian untuk berkomunikasi dengan orang banyak. Kemampuan komunikasi mereka sangat baik. Profesi yang cocok bagi kalian yang memiliki kemampuan ini adalah sebagai jurnalis, penyair, penulis dan pengacara.

2. Intelligence of logic (kecerdasan logika)

Source: cdn.klimg.com

Kalian yang memiliki kecerdasan ini di tandai dengan mudahnya kalian berpikir dalam sebuah pola yang menggunakan sebab akibat sebagai fokus utamanya. Kalian juga dengan mudahnya membuat sebuah klasifikasi atau sebuah kategorisasi dalam suatu informasi, mudah menghasilkan sebuah hipotesis dan selalu berpikiri secara rasional. Kecerdasan ini menekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan angka dan logika sehingga membuat mereka cepat tanggap dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya selalu secara sistematis. Profesi yang cocok bagi kalian yang memiliki kecerdasan ini adalah sebagai programer, ilmuan dan akuntan.

3. Intelligence of visual (kecerdasan visual)

Kalian yang memiliki kecerdasan ini ditandai dengan memiliki kepekaan terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan gambar secara detail seperti memahami keseimbangan, warna, bentuk dan ruang, membuat penggambaran secara jelas dan mampu memperkirakan jarak suatu ruang dengan baik. Profesi yang paling cocok dengan kecerdasan ini adalah sebagai seorang seniman, arsitek, fotografer, insinyur, designer dan sebagai seorang pilot.

4. Intelligence of music (kecerdasan musikal)

Jika kalian senang bernyanyi, peka terhadap sebuah tangga nada, dapat mengikuti irama, mampu mendengarkan musik dengan tingkat ketajaman lebih dibandingkan orang lain dan kalian juga sangat mudah untuk menghafal lirik lagu maka kalian memiliki kecerdasan yang satu ini. Tentunya profesi yang cocok bagi kalian yang berhubungan dengan nada seperti seorang penyanyi, pencipta lagu seorang konduktor, pengajar alat musik, pemain alat musik dan sebagainya.

5. Intelligence of physical (kecerdasan jasmani)

Siapa sangka jika seorang atlet terbaik dihasilkan hanya dari latihan rutin saja? Tentunya tidak. Mereka yang bisa menjadi seorang atlet berkat memiliki kemampuan jasmani lebih baik dibandingkan yang lainnya. mereka senang dan menikmati kegiatan fisik (olahraga), aktif dan cekatan untuk melaksanakan instruksi yang diberikan dan selalu senang bersinggungan dengan kegiatan yang memerlukan gerak secara dinamis. Biasanya mereka yang memiliki kecerdasan ini cepat menghafal sesuatu atau mengikuti contoh gerak yang dilihatnya. Tubuhnya dengan leluasa digerakkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan profesi yang cocok untuk kalian yang memiliki kecerdasan ini tidak hanya sebagai atlet saja tetapi kalian bisa menjadi seorang pengerajin, penari, montir, perancang model dan sebagainya.

6. Intelligence of people (kerdasan intrapersonal)

JIka kalian merasa peka terhadap perasaan, watak, tempramen orang lain, kalian cenderung memiliki kelebihan dalam menghadapi orang lain dengan penuh perhatian. Kalian yang memiliki ciri-ciri mampu berkomunikasi aktif dengan membuka diri pada oran lain, mampu melakukan kontak mata dengan orang lain dan mampu berempati dan juga mampu mendorong orang lain untuk mencurahkan seluruh isi hatinya baik suka maupun duka dan kalian menanggapinya dengan baik. Kalian cocok menjadi seorang psikolog, pelayanan sosial, perawat, guru, negosiator dan pekerjaan lain

7. Intelligence of self (kecerdasan interpersonal)

Kecerdasan ini berkaitan dengan bagaimana kalian mampu memahami diri sendiri meliputi kemampuan dirikalian dalam membedakan berbagai macam emosi, mampu mengenali perasaan dalam dirinya, senang dengan kesunyian dan senang menyendiri. Kalian sangat cocok apabila menjadi seorang konselor dan beberapa pekerjaan yang membutuhkan ketenangan sebagai fokus utamanya.

8. Intelligence of nature (kecerdasan alamiah)

Kecerdasan yang berkembang secara alami. Orang yang memiliki kecerdasan ini tidak membutuhkan usaha yang terlalu besar untuk memahami atau menguasai suatu keahlian. Ia telah di ciptakan memiliki kecerdasan di atas orang normal lainnya. Mereka cenderung mempelajarinya secara otodidak sehingga mereka tidak terlalu membutuhkan guru saat belajar. Senang dengan lingkungan, senang melakukan kegiatan di luar ruangan dan senang mengamati tingkah laku binatan merupakan beberapa cirinya. Mereka cocok menjadi seorang pendaki, pemburu, penjelajah petani, nelayan dan segala pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan alam.

Kenyataan yang sekarang kita hadapi adalah dunia pendidikan kita membatasi bahwa orang yang kurang pandai dalam hal akademik akan dianggap bodoh. Tapi kalian jangan khawatir, dunia pendidikan hanya tempat kalian belajar formal saja namun kecerdasan manusia tidak akan berhenti sebatas urusan akademik saja namun lebih dari itu dan sangat kompleks. Jika kita sudah menemukan keahlian kita, fokus untuk mengasahnya. Karena kesuksesan masa depan kalian tidak hanya bergantung pada dunia pendidikan formal saja, justru akan lebih efektif jika kalian fokus dengan keistimewaaan yang ada di dalam diri kalian.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS