664
  2016-08-26       www.hgtv.com

Penghuni Lain Kamar Tidurmu

Ini adalah kebenaran yang tersembunyi dari kamar tidurmu. Simak faktanya yuk

Deane Lene 64 views

Hampir 50% bahkan lebih kalian menghabiskan waktu di rumah dengan berada di kamar tidur. Namun, Taukah kalian bahwa banyak penghuni lain yang senantiasa bersama kalian selama di kamar? Ini bukan berkaitan dengan hantu atau sejenisnya loh ya. Ini berkenaan dengan sesuatau hal yang kecil dan sesuatu yang kalian tidak sadari bahwa itu adalah penyebabnya. Mereka tidak dapat dihindari namun bisa diminimalisir keberadaannya jika kalian rajin membersihkannya. Apa saja? Ini dia....

1. Si virus pada gagang pintu

Ternyata gagang pintu yang terlihat bersih bisa menyimpan virus loh bahkan mereka bisa hidup selama 48 jam atau sekitar 2 hari. Hiii... Seram ya... Jadi, kalau di keluarga kalian ada yang sedang sakit, kalian juga memiliki kesempatan untuk tertular penyakitnya juga.

Bagaimana cara pencegahannya? Kalian cukup semprotkan desinfektan pada gagang pintu. Kalian juga bisa menggunakan cara ini pada bagian di rumah yang digunakan bersama-sama.

2. Bakteri berbahaya pada kosmetik kadaluarsa

Source: btcosmetic.com

Segeralah buang kosmetik yang kadaluarsa di kamar kalian. Jangan menundanya hanya karna kalian masih sayang dengan produk tersebut atau sebagai kenang-kenangan. Kosmetik kadaluarsa ini menyimpan bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

3. Penimbunan keringat di tempat tidur

Bila udara sedang panas, ketika kalian tidur akan mengeluarkan keringat yang jumlahnya tidak sedikit. Penimbunan sisa keringat di tempat tidur ini sangat membahayakan kesehatan kalian terutama kesehatan kulit. Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif pasti akan merasakan ruam atau alergi.

Lalu bagaimana cara menghindari iritasi kulit tersebut? Kalian bisa semprotkan cairan penghilang bau dan pembunuh bakteri yang aman di gunakan pada bahan kain atau kalian bisa menjemur kasur di bawah terik matahari sekurang-kurangnya 2 minggu sekali.

4. Tempat tidur tempat favorit bagi tungau

Source: i.kinja-img.com

Kasur yang sudah berumur 8 tahun memiliki lebih dari 4kg sisa kulit mati yang berpotensi memicu tumbuhnya tungau di dalam Kasur. Hiii.... Seram ya jika di bayangkan.

Bagaimana cara meminimalisir pertumbuhannya? Untuk membersihkannya, kalian bisa gunakan penghisap debu pada bagian atas, sisi dan juga bagian bawah Kasur. Kalian juga bisa menjemur tempat tidur sekurang-kurangnya 2 minggu sekali.

5. Bantal pun menyimpan tungau dan debu

Bantal adalah benda utama yang bersentuhan langsung dengan kulit kita maka bantal sangat berpotensi menyimpan tungau lebih banyak karena sisa kulit mati pada wajah akan tertinggal secara langsung diatas bantal tersebut.

Bagaimana cara meminimalisirnya? Kalian bisa mencucinya secara berkala dan kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung agar bantal terbebas dari kuman, tungau dan debu. Lakukan pencucian ini sekurang-kurangnya dua minggu sekali untuk menjaga bantal tetap bersih.

6. Smartphonemu sangat kotor

Ya, benda yang sering kalian bawa kemanapun pergi tidak terkecuali membawanya ke kamar mandi. Benda ini sangat berpotensi sekali menimbun kuman dan bakteri dengan jumlah yang sangat banyak.

Untuk membersihkannya, lap handphone kalian menggunakan tisu basah beralkohol setidaknya sehari sekali. Simpan tisu basah di tempat-tempat yang terjangkau dari kalian agar kalian tidak lupa untuk membersihkannya.

7. Bakteri pada karpet

Jika kalian menggunakan karpet di kamar tidur, lakukan pembersihan sesering mungkin karena karpet ini berpotensi menyimpan bakteri sangat banyak sekali dibandingkan benda lainnya. Karpet memiliki kemampuan untuk menyimpan bakteri higga 4 kali lipat dari benda lainnya di kamar.

Untuk mencegahnya, kalian cukup bersihkan karpet dengan penghisap debu paling tidak seminggu sekali untuk mencegah kotoran yang menumpuk di permukaannya dan juga yang ada di bagian bawahnya.

8. Tidur bersama tungau dan debu setiap malam

Source: cf.ltkcdn.net

Ternyata tanpa disadari kalian tidur bersama tungau setiap malamnya. Tungau memang tidak dapat terlihat secara kasat mata namun keberadaanya sangat merugikan sekali bagi kesehatan terutama kesehatan kulit.

Beberapa cara yang efektif untuk menguranginya dari fakta yang menyeramkan ini adalah ketika kalian bangun tidur di pagi hari, bukalah seprai tempat tidur. Dengan begitu, Kasur yang lembab akan menguap karena mendapat udara yang terbuka sehingga bisa menurunkan jumlah tungau dan debu di Kasur.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS