657
  2016-08-29       www.alodokter.com

15 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Kecanduan rokok membuat seorang perokok akan terus mencari alasan untuk tetap merokok. Bagaimana kalau sudah menyadari bahwa rokok itu benar-benar membunuh?

Lidya O. 211 views

Sebagai penderita asma yang sudah lama sembuh, saya tidak pernah melihat sedikit pun kebaikan yang didapatkan dari merokok. Di mana pun saya bertemu dengan perokok, saya selalu berusaha menghindar agar tidak terhirup oleh asap yang baunya tidak sedap itu. Walaupun melihat mereka yang sulit untuk berhenti dari kebiasaan buruknya itu, saya tetap masih bisa optimis untuk membantu teman-teman yang ingin berhenti merokok namun belum menemukan cara terbaik. Salah satu yang dapat saya lakukan adalah terus mengingatkan bahwa rokok dapat menyebabkan lebih dari 10 penyakit berbahaya hingga kasus kematian. Nah, beberapa dari penyakit tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan Otak

Aneurisma otak adalah salah satu penyakit otak yang disebabkan dari kebiasaan merokok. Pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah sehingga sewaktu-waktu bisa pecah dan mengalami pendarahan di otak.

2. Gangguan Pernapasan

Source: www.deherba.com

Merokok dapat menyebabkan masalah pada saluran pernapasan yang dapat berakibat kronis. Tidak hanya perokok aktif saja, tetapi perokok pasif pun yang terus-menerus menghirup asap rokok bisa terkena imbasnya.

3. Terganggunya Kesehatan Mulut

Bau mulut dan menguningnya warna gigi merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap perokok aktif. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association, perokok aktif cenderung lebih cepat mengalami gigi keropos dan tulang alveolar keropos (keroposnya bagian tulang rahang yang menjadi jangkar gigi) dibandingkan yang tidak merokok. Selain itu, rokok juga dapat berpengaruh pada lekatan tulang dan gusi pada gigi sehingga apabila terjadi gangguan tersebut, maka akan lebih rentan mengalami infeksi. Jika sudah demikian, penyakit periodontal akan dengan cepat menyebar di area mulut.

4. Kambuhnya Asma

Rokok merupakan musuh besar penderita asma yang harus dihindari. Merokok artinya adalah menghirup zat-zat berbahaya dan jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan tidak mampunya bernapas secara normal.

5. Menyebabkan Bayi Lahir Cacat

Memiliki anak menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Hindari rokok jika sedang dalam keadaan hamil walaupun itu hanya sekadar menghirup asapnya saja. Rokok sangat berbahaya bagi janin dan fatalnya akan menyebabkan kecacatan bagi si bayi.

6. Penyakit COPD

Moeslemates pernah mendengar istilah COPD? COPD adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan. Kepanjangannya adalah Chronic Obstructive Pulmonary Disease. Penyebab utama dari penyakit ini adalah karena aktivitas merokok. Penyakit ini ada 2 jenis, yaitu Bronchitis Kronis yang dapat menyebabkan penderitanya batuk secara terus-menerus dan Efisema yang mempengaruhi paru-paru hingga mengalami kerusakan yang parah.

7. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah yang bengkak dan menyempit sehingga akan mendorong organ jantung memompa darah lebih cepat dan lebih keras lagi. Rokok adalah salah satu yang menjadi faktor penunjang terjangkitnya penyakit ini karena nikotin dalam rokok mampu meningkatnya tekanan darah setelah isapan pertama.

8. Impotensi

Impotensi adalah hal yang ditakutkan bagi setiap pria. Penderita impotensi biasanya disebabkan dari kebiasaan merokok yang tidak bisa dihentikan. Zat-zat beracun di dalam rokok menyebabkan penyumbatan aliran darah menuju jantung dan menghambat peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Nikotin yang dihirup oleh perokok yang masuk ke dalam jantung bersama dengan darah akan menjadi pengendapan hingga di area penis. Maka tidak heran jika perokok aktif banyak mengalami kelainan seperti ini.

9. Kanker Paru

Kanker paru-paru sangat sering dikaitkan dengan bahaya merokok. Bahan-bahan kimia berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang dapat membentuk sel kanker. Oleh karena itu, jangan heran jika diberi kesempatan melihat langsung bagaimana kondisi paru-paru perokok yang warnanya tidak lagi sehat.

10. Kebutaan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Ophthalmology mengatakan bahwa perokok akan beresiko 4 kali lipat lebih banyak dalam mengalami degenerasi makula. Jika hal ini terjadi maka tidak hanya retina saja yang rusak, tetapi juga mampu menghancurkan penglihatan sentral tajam, katarak dan parahnya akan mengalami kebutaan permanen.

11. Meningkatkan Resiko Diabetes

Cleveland Clinic menyatakan bahwa merokok dapat mengakibatkan seseorang 30 sampai 40% lebih berisiko terkena diabetes melitus tipe 2 daripada yang bukan perokok. Kandungan zat berbahaya dalam rokok membuat tubuh tidak mampu lagi memecah gula menjadi energi, sehingga meningkatkan resiko diabetes melitus.

12. Kerutan di Kulit

Moeslemates mungkin bisa membuat uji coba sampel 10 orang perokok dan 10 orang yang bukan perokok di rentang usia 20 tahun. Perhatikan wajah mereka satu per satu. Perokok aktif akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Ini dikarenakan kurangnya asupan oksigen ke kulit. Kerutan di sekitar area mulut dan mata akan muncul dan racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS