654
  2016-08-25       3.bp.blogspot.com

8 Hal Ini Dapat Memperparah Jerawatmu

Jerawat akan semakin senang berlama-lama di wajah kita kalau tidak segera dibasmi. Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat memperparah keadaan wajah yang berjerawat? Silakan disimak ulasan berikut ini.

Lidya O. 3,149 views

Pada umumnya, jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami di kalangan remaja pubertas. Sebagian besar kasus jerawat ini terjadi pada remaja usia 14-19 tahun atau di bawah 28 tahun. Biasanya, mereka yang mengeluhkan timbulnya jerawat di beberapa titik di wajah mengalami perubahan hormon sehingga wajah menjadi berminyak dan pori-pori menyumbat. Jika jerawat sudah terlanjur muncul di wajah, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menjadi lebih parah.

1. Memencet Jerawat

Source: cdn.klimg.com

Biasanya, jerawat akan timbul dikarenakan wajah yang kotor sehingga bakteri dengan mudahnya menjadi sumber utama pemicu jerawat. Kalau sudah begini, Moeslemates harus lebih hati-hati lagi menghadapi jerawat yang sedang matang. Jika memerah kemudian berair, artinya jerawat akan segera pecah. Di saat-saat seperti ini hal yang harus sangat dihindari adalah memencetnya. Biarkan jerawat itu mengeras sampai keluar dengan sendirinya. Membersihkan wajah yang berjerawat matang juga harus perlahan-lahan karena rentan pecah.

2. Tidur Larut Malam

Source: mobilepulsa.com

Di setiap kasus yang mengaitkan dengan kesehatan tentu begadang menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Pola tidur yang tidak teratur menyebabkan gangguan proses metabolisme tubuh dan ketidakseimbangan hormon. Jika sudah demikian, hormon akan menjadikan kondisi jerawat lebih parah dari sebelumnya. Matikan lampu dan jauhkan gadget sehingga Moeslemates bisa tidur dengan cepat.

3. Tidur Tanpa Membersihkan Wajah

Fakta mengatakan bahwa 7 dari 10 wanita yang tidur tanpa membersihkan wajah menyebabkan jerawat baru muncul di pagi harinya. Make up yang menempel seharian juga dapat menutup pori-pori wajah. Jika pori-pori tertutup oleh make up terus-menerus maka akan terjadi sumbatan minyak pada wajah. Pada saat Moeslemates tidur malam, kotoran dan bakteri juga akan semakin senang dan betah berlama-lama di wajah sehingga dapat menyebabkan keadaan jerawat semakin buruk. Dengan memulai kebiasaan mencuci wajah setiap habis beraktivitas, ini dapat mengurangi peradangan jerawat sampai 80% lho!

4. Stress

Source: www.ledisia.com

Prolematika dalam kehidupan kita memang tidak bisa dihindari. Tapi jangan sampai ini menjadikan hormon kita tidak stabil sehingga menimbulkan jerawat baru. Semakin Moeslemates memikirkan si jerawat, justru akan membuat parah kondisinya. Luangkan waktu untuk rileks dan melakukan hal-hal yang Moeslemates senangi supaya bisa lebih tenang. Lakukan tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan sampai merasa membaik. Kalau perlu, berwudhulah kemudian shalat supaya keadaan emosional Moeslemates jauh lebih baik.

5. Paparan Matahari

Source: blog.puali.com

Ternyata, sinar UV yang berasal dari paparan sinar matahari sangat berbahaya untuk kesehatan kulit lho Moeslemates. Mungkin sebagian dari kita ada yang masih mengabaikan hal ini. Tapi tahukah Moeslemates bahwa radiasi sinar UV dapat memperparah keadaan wajah yang berjerawat jika tidak dilindungi dengan sunblock atau paling tidak memakai payung jika hendak keluar rumah di siang hari.

6. Suntik Jerawat

Kasus penyuntikan jerawat juga menjadi yang paling diminati mereka yang ingin jerawatnya cepat sembuh. Memang, suntik jerawat dapat menjadi solusi mengempeskan jerawat dalam waktu yang singkat. Tapi ternyata, kortikosteroid yang disuntikkan pada jerawat ini akan menjadi boomerang karena akan selalu muncul di tempat yang sama secara terus menerus. Selain itu, tehnik yang salah juga dapat menyebabkan bopeng pada tempat penyuntikan tersebut.

7. Minuman Beralkohol

Source: www.amazine.co

Fungsi hati akan memburuk akibat konsumsi alkohol dalam yang jumlah besar. Hati yang tidak bekerja secara optimal akan mengakibatkan penumpukan racun pada tubuh. Sehingga tubuh yang kesulitan membuang racun pada akhirnya akan memicu timbulnya jerawat bukan hanya di bagian wajah saja, tapi juga di seluruh tubuh.

8. Merokok

Semua orang tahu bahwa merokok sangat berbahaya bahkan dapat mengacaukan semua sistem dalam tubuh, termasuk sistem tercemarnya darah oleh zat nikotin yang dibawa oleh rokok. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, CO2 hasil pembakaran asap rokok yang terkena wajah juga dapat memperparah keadaan wajah yang berjerawat.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS