618
  2016-08-22       up70.s-oman.net

Review 10 film sukses diangkat dari buku

Siapa sangka film-film mendunia ini diangkat dari buku baik dengan judul yang sama maupun tidak. Untuk soal kualitas, jangan diragukan lagi. Baik buku maupun filmnya sangat wajib kalian miliki dan kalian tonton.

Deane Lene 1,920 views

Sudah pernah menyaksikan trilogy Ringu yang mencekam? Saking populernya, film horror Jepang ini sampai diadaptasi ke layar lebar untuk kedua kalinya oleh Hollywood. Mungkin tak banyak yang tahu kalau film tersebut berasal dari buku. Begitu juga dengan Die Hard yang melambungkan nama Burce Willis sebagai film laga. Kisah detektif NYPD yang beraksi melawan serangan teroris itu diangkat dari buku berjudul Nothing Last Forever.

Rupanya cukup banyak yang diadaptasi oleh Hollywood. Beberapa diantaranya sudah mengalami perombakan dari segi judul, penokohan, maupun cerita. Berikut ini diantaranya:

1. Film: Die Hard | Buku: Nothing Last Forever

Source: ibdp.huluim.com

Die Hard merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul Nothing Last Forever. Keduanya memiliki cerita yang kurang lebih sama. Hanya saja Joe Leland, pensiunan detektif NYPD yang memerangi teroris dalam buku karangan Roderick Thorp jauh lebih tua daripada tokoh John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis.

Dilansir Mental floss, Roderick Thorp menuliskan Nothing Last Forever setelah menonton film the Toweing Inferno. Film itu menampilkan adegan di mana sebuah gedung pencakar langit terbakar. Thorp membayangkan sekelompok teroris bersenjata sebagai dalang kebakaran hebat itu dan mulai menuliskan novel bergenre laga versinya sendiri.

Sutradara Die Hard cukup “setia” terhadap alur cerita Nothing Last Forever. Namun akir cerita dimodifikasi sedemikian rupa demi memenuhi tuntutan pasar Hollywood.

2. Film: Mean Girls | Buku: Queen Bees and Wannabes

Source: www.gortoncenter.org

Mean Girls dianggap sebagai salah satu film remaja terbaik sepanjang masa, karena mengangkat topik bullying di antara kawula muda dengan konsep yang cerdas. Tak banyak yang tahu kalau film yang mengangkat nama Lindsay Lohan, Rachel McAdams, Amanda Seyfried itu terinspirasi dari buku Queen Bees and Wannabes: Helping Your Daughter Survive Cliques, Gossip, Boyfriends & Other Realities of Adolescence.

Buku tersebut merupakan buku motivasi diri untuk remaja yang dikarang oleh Rosalind Wiseman. Pada tahun 2004, Tina Fey mengusulkan kepada creator acara televise Saturday Night Live, Lorne Michaels untuk memproduksi film yang terinspirasi dari buku tersebut. Fey memadukan pengalaman pribadinya semasa sekolah untuk memperkaya cerita film tersebut.

3. Film: Slumdog Millionaire | Buku: Q&A

Film Slumdog Millionaire yang merajai ajang Academy Awards 2008 merupakan adaptasi lepas dari novel Q&A. novel tersebut merupakan karya pertama Vikas Swarup, seorang diplomat india. Q&A menceritakan nasib Ram Mohammad Thomas, seorang pelayan muda yang mendadak jadi kaya raya karena memenangkan kuis, namun berakhir di penjara karena dituduh melakukan kecurangan. Novel tersebut rilis di tahun 2005 dan memenangkan sejumlah penghargaan literature bergengsi.

Diadaptasi ke layar lebar, tokoh Ram diubah menjadi Jamal Malik yang diperankan oleh aktor Amerika Serikat keturunan India, Dev Patel.

4. Film: I Know What You Did Last Summer | Buku: I Know What You Did Last Summer

I Know What You Did Last Summer, adalah salah satu film tersukses dari era thriller remaja 90-an diangkat dari novel berjudul sama karya Lois Duncan. Novel tersebut ditulis pada tahun 1973 dan diadaptasi ke layar lebar oleh Kevin Williamson pada tahun 1997.

I Konow What You Did Last Summer Cuma satu di antara sekian banyak novel yang ditulis oleh Lois Duncan, meskipun kesuksesan filmnya ikut menjadikan popularitas buku ini menanjak drastis.

Cerita film dan novelnya sendiri relatif sama, tentang empat remaja yang menjadi korban terror surat kaleng setelah mencoba menutupi pembunuhan yang mereka lakukan pada liburan musim panas. Hanya saja adegan-adegan berdarah lebih ditonjolkan dalam film. Karakter pembunuh misterius yang menggunakan kait sebagai senjata juga tak muncul dalam cerita aslinya.

5. Film: The Ring | Buku: Ringu

Kesuksesan trilogi Ringu sampai membuat film Jepang ini diproduksiulang oleh Hollywood. Sadako yang danggap sebagai salah satu karakter paling berpengaruh dalam sejarah film horror pun berganti wajah menjadi Samara yang tak kalah menakutkan.

Sebagian orang yang menggilai Ringu mungkin sudah tahu kalau film tersebut diangkat dari novel karya Koji Suzuki. Dalam filmnya, reporter yang menyelidiki fenomena video kutukan Sadako diperankan oleh aktris Nanako Matsushima. Sememnatra adaptasi Hollywood dibintangi oleh Naomi Watts. Namun dalam novelnya sendiri, reporter yang dimaksud adalah seorang pria. Selain ringu, Suzuki juga menuliskan novel horror Dark Water yang juga diangkat ke layar lebar dan diproduksi ulang oleh Hollywood.

6. Film: Planet of The Apes | Buku: Planete Des Singes

Source: images.art.com

Franchuse laris Planet of The Apes ternyata juga berasal dari buku. Film yang mengisahkan donimasi ras kera di masa depan itu diadaptasi dari novel fiksi ilmiah karya penulis Prancis, Pierre Boulle. Novel dengan judul asli Planete des Singes atau Monkey Planer ini lantas diadaptasi ke layar lebar untuk pertama kalinya pada tahun 1968.

Boulle menuliskan Planete des Singes pada tahun 1963. Selain itu, dia juga menuliskan The Bridge OverRiver Kwai yang juga sukses di pasaran.

7. Film: World War Z | Buku: World War Z: an Oral History of The Zombie War

Source: s.yimg.com

World War Z: An Oral History of the Zombie War merupakan sekuel dari the Zombie Survival Guide yang ditulis oleh Max Brooks. Novel laris ini awalnya dibuat sebagai sebuah kritik atas isolasionalisme yang dlakukan oleh Amerika Serikat. Brooks terinspirasi oleh The Good War: An Oral History of World War II saat menuliskannya. Novel tersebut mendapat pujian dari sejumlah kritikus dan sukses di pasaran.

Jika World War Z: An Oral History of the Zombie War menceritakan konflik global karena wabah zombie dari sudut pandang seorang agen komisi pasca-perang PBB, film World War Z berpusat pada agen Garry Lane yang diperankan oleh Brad Pitt. Film tersebut rilis pada tahun 2013, 10 tahun setelah novelnya terbit.

8. Film: The Legend of Tarzan | Buku: Tarzan of The Apes

Cerita film The Legend of Tarzan memang tidak benar-benar sama dengan novel pertamannya, Tarzan of The Apes. Namun film yang dibintangi oleh Alexander Skarsgard dan Margot Robbie itu mengambil unsur cerita dari buku yang dikarang oleh Edgar Rice Burroughs.

Tarzan of The Apes pertama kali terbit di majalah All-Story Magazine pada tahun 1912. Kepopuleran tokoh Tarzan membuat Burroughs menuliskan belasan sekuel dalam bentuk novel. Tarzan of The Apes pertama kali diadaptasi ke layar lebar pada tahun 1918. Setelah itu, tokoh Tarzan muncul dalam delapan film dengan variasi cerita yang berbeda-beda.

9. Film: The Wolf of Wall Street | Buku: The Wolf of The Wall Street

Diangkat dari sebuah buku non-fiksi popular, biografi dari sang penulis, jaitu Jordan Belfort. Buku tersebut menceritakan perjalanan karir Belfort dari seorang broker saham level rendahan jingga menjadi pemilik sebuah perusahaan pialang yang sukses. Namun Belfort menjalani bisnisnya degan cara kotor. Ia kerap menjalankan taktik pump and dump untuk memanupulasi harga saham di pasar. Aksi membuat perusahaan Belfort ditutup dan ia dijebloskan ke jeruji besi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pengakuan sensasional Belfort tentang kejahatan dan gaya hidup liarnya dalam The Wolf of Wall Street menjadikan buku tersebut fenomenal. Buku ini dilanjutkan dengan Catching The Wolf of Wall Street yang rilis di tahun 2009.

Sutradara Martin Scorsese bekerjasama dengan aktor Leonardo DiCaprio untuk menghidupkan kisah Belfort ke layar lebar. DiCaprio juga bertindak sebagai produser. Film tersebut menuai tanggapan positif dan dijagokan di berbagai ajang penghargaan film.

10. Film: Oblivion | Buku: Oblivion

Source: jasonahurley.files.wordpress.com

Oblivion merukapan film fiksi ilmiah dengan setting Amerika posca-apokaliptik pada tahun 1973. Film ini ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Joseph Kosinski. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel grafik yang ditulis oleh Kosinski sendiri bersama Arvid Nelson. Keduanya membuat Oblibivion untuk Radical Comics. Sayangnya, novel itu tak pernah selesai di terbitkan. Konsinski mereka dunia masa depan dalam Oblivion berdasarkan film-film fiksi ilmiah tahun 1970-an. Ceritanya berpusat pada kehancuran dunia setelah serangan alien yang di sebut Scavengers.

Itulah sejumlah film yang ternyata diadaptasi dari buku. Beberapa di antaranya bahkan melampaui kesuksesan bukunya. Mana yang sudah pernah kalian tonton?

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS