6165
  2018-10-06    

Keelokan Fashion Budaya Indonesia di IMFW 2018

Beragam busana yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia ditampilkan pada hari kedua IMFW 2018.

Official Moeslema Team 25 views

Assalamualaikum Moeslemates,

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan yang begitu melimpah. Keberagaman alam dan budaya menjadikan Indonesia memiliki keunikan tersendiri di mata dunia. Begitupun dengan fashion. Indonesia memiliki segudang fashion unik dari beberapa daerah dengan ciri khas masing - masing. Maka tak heran apabila Indonesia memiliki ribuan desainer dengan segudang karya terbaik. Memiliki peran penting dalam sektor fashion, Indonesia Modest Fashion Desainer melalui IMFW 2018 kali ini menyuguhkan berbagai karya fashion yang terinspirasi dari balutan busana budaya indonesia. Berikut salah satu karya mereka yang berhasil diliput oleh Moeslema Team.

Keberagaman Budaya Indonesia Menjadi Inspirasi IMFW 2018

Pada hari kedua IMFW 2018 ini, sejumlah desainer menampilkan beberapa fashion hasil rancangan nya dengan tema budaya Indonesia. Dengan balutan kain khas Indonesia yang dirancang dengan syar'i, tentunya sejalan dengan tema yang diusung oleh perhelatan ini, yaitu mengangkat eksotisme warisan budaya pesisir Indonesia. Nuansa etnik yang dihadirkan tidak sekedar menjadi warna identitas Indonesia tetapi juga sebuah apresiasi terhadap adiluhung nusantara yang patut dilestarikan.

Ning Zulkarnain

Source: Dokumentasi Pribadi

Keunikan budaya Baduy merupakan salah satu kekayaan Bangsa Indonesia yang patut untuk diperhatikan. Inilah yang menjadi inspirasi desainer Ning Zulkarnain dalam merancang fashion di IMFW 2018 ini, mengangkat tema The Amazing of Baduy, rancangan nya pun dibuat sebegitu menarik dengan balutan bahan tenun baduy warna merah, hitam, kuning, hiijau dan putih.

Hannie Noor

Source: Dokumentasi Pribadi

Glamour of East merupakan tema yang disuguhkan oleh Hannie Noor. Terinspirasi oleh kain-kain tenun dari Nusa Tenggara Barat yang memiliki warna beraneka ragam. Fashion kali ini menampilkan perpaduan antara tenun dengan kain chiffon yang berwarna hitam dan ditambah sentuhan sedikit payet, menjadikan gaun hasil rancangannya indah dan elegant.

Iva Lativah

Source: Dokumentasi Pribadi

Terinspirasi dari atmosfir suasana kekayaan alam dan budaya pesisir Indonesia, Iva Lativah dalam IMFW kali ini menegaskan dalam rancangan nya yaitu seperti pasir putih, elangi, mentari, semilir angin yang menunjukan perempuan dengan alamnya. Setiap garis dalam rancangannya pun berbentuk geografis dengan pola simetris. Setelah itu di balut oleh selendang sutra batik yang tidak hanya sebaga pemanis, namun juga bagian karakter keluwesan dan keindahan busana muslim yang terinspirasi dari romantisnya atmosfir pesisir Indonesia.


Itulah salah satu hasil karya desainer yang membalutkan budaya di setiap rancangannya, tak hanya itu, masih banyak koleksi-koleksi busana lainnya diantaranya Eriyani Yusuf, Anti dewi, Winda Eva & Citra Resmi, Meeta Fauzan, Lesye Asyifa, Ani She Be, Ernie Kosasih. Oiya Moeslemates, dalam IMFW 2018 kali ini semoga menjadi acuan bahwa banyak cara dalam memperkenalkan budaya kita, salah satunya lewat fashion. Keelokan alam dan kain dari berbagai daerah di Indonesia sangat patut diapresiasi oleh kita semua sebagai Bangsa Indonesia.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS