61
  2016-06-03       alansr18.blogspot.co.id

Seputar Sidang Isbat Ramadhan

Sidang Isbat adalah salah satu kata yang sering didengar menjelang bulan Ramadhan. Sebenarnya apa sih sidang isbat itu?

Official Moeslema Team 27 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Sidang Isbat dikutip dari Wkipedia (diakses 3/6) adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.  Sidang isbat juga bisa dilakukan dengan kedatangan sang penuntut yang meminta haknya atau mencegah terjadinya penolakan terhadap hak tersebut. Jika tuntutannya dipenuhi oleh hakim sesuai dengan ketetapan syar'i, maka hakim mencegah penolakan terhadap haknya dan mengabulkan tuntutannya. Dalam kondisi ini, seorang penuntut diwajibkan memberikan bukti tuntutannya, sementara tergugat harus mengucapkan sumpah jika ingin menolak tuntutan.

Jadi sidang isbat bukan melulu tentang menentukan datangnya bulan suci Ramadhan, di pernikahan pun ada sidang isbat. Kali ini kami akan membahas soal sidang isbat Ramadhan. Bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan akan dimulai pada tanggal 6 Juni besok. Meski demikian, di Indonesia biasanya memiliki berbagai versi dari hari pertama di bulan Ramdhan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan metode yang dipakai.

Dikutip dari Cara menentukan awal dan akhir Ramadhan sudah digariskan oleh Islam melalui lisan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Perhatikan hadits berikut.

وَعَنِ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا [ قَالَ ]: سَمِعْتُ رَسُولَ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ: إِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَصُومُوا, وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا, فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian melihat hilal, maka berpuasalah. Jika kalian melihatnya lagi, maka berhari rayalah. Jika hilal tertutup, maka genapkanlah (bulan Sya’ban menjadi 30 hari).” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1906 dan Muslim no. 1080)

Kesimpulannya, cara untuk menentukan datangnya bulan Ramadhan adalah dengan dua hal. Munculnya hilal, atau penggenapan bulan Sya’ban menjadi 30 hari. Meski demikian, tetap ada banyak perbedaan mengenai pendapat kapan mulainya bulan Ramadhan. Karena perbedaan inilah, Sidang isbat dilakukan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat mengenai penetapan soal awal Ramadhan dan juga Hari Raya.

Nah rencananya, sidang isbat Ramadhan 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2016. Jadi siapa yang sudah tidak sabar akan datang Ramadhan tahun ini? Semoga kita semua diberi usia dan kesehatan yang cukup untuk melihat Ramadhan tahun ini dan tentunya, ayo menjadi diri yang lebih baik lagi.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS