608
  2016-08-22       www.prevention.com

Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Liburan

siapa yang tidak tergoda dengan banyak makanan dan tidak adanya aktifitas berat selama beberapa hari? semua akan terlena dengan hal tersebut. lalu bagaimana dengan berat badan? rasanya enggan untuk melihatnya.

Deane Lene 45 views


Menurtu penelitian dari national institutes of health, kenaikan berat badan saat liburan merupakan salah satu penyebab bertambahnya jumlah kasus obesistas pada orang dewasa. Namun, kita tidak perlu takut terjebak dalam situasi tersebut pada saat liburan. Kita tetap bisa menikmati liburan dan makan enak tanpa naik satu kilogram pun! Berikut cara-caranya.

1. Jangan datang kerumah teman atau saudara dalam keadaan lapar

Liburan identik dengan berkumpul bersama keluarga besar. Nah, sebelum berkunjung, pastikan kita dalam keadaan tidak terlalu lapar. Makan camilan sehat saat di jalan atau minum air putih terlebih dahulu. Dengan begitu, kita tidak “kalap” ketika menyantap hidangan yang disuguhkan keluarga atau teman, sehingga berat badan pun tetap terjaga.

2. Alihkan perhatian

Banyak orang lupa bahwa ada hal-hal lain selain menyantap makanan. Untuk menghindari makanan terlalu banyak, sebaiknya alihkan perhatian dengan bercengkrama bersama keluarga atau teman dibandingkan memakan makanan yang tersedia.

3. Gunakan piring kecil

Menurut para ahli diet, menggunakan piring yang lebih kecil, membatasi kita makan berlebihan. Selain itu, saat mengambil makanan, sebaiknya pilih yang paling sehat terlebih dahulu, baru ke makanan yang kurang sehat.

4. Batasi makanan manis

Ada banyak makanan manis di sekeliling kita. Mulai dari coklat, peremen, hingga kue kering. Ketika berbicara soal makanan manis, sebaiknya anda membatasi pengonsumsiannya. Pilih jenis camilan manis yang benar-benar anda suka untuk dimakan.

5. Bawa camilan sendiri

Ada banyak tipe camilan yang kita kenal dan kita suka. Tidak ada salahnya jika kalian membuatnya atau membawa sendiri kemanapun kalian pergi. Camilan yang kalian buat dan kalian bawa tentunya camilan yang kalian suka, sehat dan rendah kalori. Misalnya salad buah penuh warna yang tidak kalah enak. Dengan begitu, kita tetap bisa menikmati liburan tanpa tergoda makanan berlemak yang membuat gemuk.

6. Berjalan kaki

Buat tradisi baru saat liburan. Ajak keluarga atau teman berjalan kaki bersama setiap pagi. Selain bisa membakar kalori, kegaiatan ini bisa menjaga keakraban. Berjalan kaki juga diketahui bagus untuk kesehatan mental, bisa mengalihkan perhatian dari makanan dan membuat kita lebih berhati-hati saat memilih hidangan yang ingin dikonsumsi.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Selamat mencoba

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS