6076
  2018-09-04       www.youtube.com

Tips Bahagia Dalam Islam

Apa saja tips bahagia dalam islam? simak ulasannya yuk!

Marizka Witya Putrini 92 views

Assalamu'alaikum Moeslemates

Semua orang di dunia ini pasti menginginkan kebahagiaan. Makna kebahagian itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Definisi kebahagiaan dalam Islam adalah perasaan tenang yang ada dalam setiap pemeluk agama Islam karena memiliki Allah SWT sebagai tujuan hidupnya. Apa aja sih tips agar selalu bahagia menurut pandangan islam. simak tipsnya yuk!

Jangan Menyimpan Dendam

Source: yuknulis.net

Dendam adalah keinginan keras untuk membalas karena rasa marah atau benci pada seseorang. Allah membenci orang-orang yang menyimpan dendam dalam hatinya. Dalam hadist disebutkan :

“Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang menaruh dendam kesumat (bertengkar)”. (HR Muslim)

Sampai kapanpun seseorang yang menyimpan dendam dalam hatinya tidak akan merasa bahagia, karena sifat dendam mendatangkan perasaan khawatir dan tidak tenang. Dendam juga dapat mengganggu kesehatan. Para peneliti dari Medical College of Georgia menemukan bahwa orang yang mengaku menyimpan rasa dendam selama bertahun-tahun berisiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, nyeri lambung, dan sakit kepala. Jadi mulai sekarang buang jauh-jauh perasaan dendam, agar hidupmu lebih bahagia dan sehat,

Selalu Bersyukur

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]
Source: Sumber: https://almanhaj.or.id/4102-anjuran-mensyukuri-nikmat.html

Bersyukur sangat penting untuk dilakukan baik keadaan senang atau pun susah. Bersyukur akan mendatangkan manfaat bagi kita. Diantaranya, membuat hati tenang, ditambahkannya nikmat dan disayang Allah SWT. Manfaat ini tentunya akan membuat hidup kita lebih bahagia.

Jangan Hidup di Masa Lalu

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.”
Source: (QS Al Baqarah: 216)

Untuk kamu yang susah 'move on', renungilah ayat diatas. Mengingat masa lalu tidak akan mendatangkan kebaikan, tetapi malah akan mendatangkan kesedihan. Ikhlaskan masa lalumu, terima dan jalani hidupmu yang sekarang dengan sebaik-baiknya agar hidupmu lebih bahagia.

Jangan Berharap Dengan Manusia

Imam Syafi’i mengatakan bahwa, “Ketika hatimu terlalu berharap pada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya pengharapan supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui orang yang berharap pada selain-Nya, Allah menghalangi dari perkara tersebut semata agar ia kembali berharap kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Berharap kepada makhluk akan banyak mendatangkan kekecewaan. Orang yang anda berikan harapan, tak lain hanyalah seorang manusia biasa yang bisa berbuat kesalahan. Inilah salah satu alasan tetidakbahagiaan dalam hidup, kita sering mengenyampingkan Allah SWT. Padahal Allah SWT adalah pencipta kita, ia kuasa atas segala sesuatu termasuk mendatangkan kebahagiaan kepada kita. Berharaplah hanya kepada-Nya maka kau taakan merasa kecewa.

Mengambil Hikmah dari Masalah

Banyak orang merasa frustasi jika berhadapan dengan masalah. Padahal, masalah yang hadir dalam hidup adalah ilmu yang diberikan oleh Allah kepada kita. Ambillah sudut pandang terbaik dari cobaan tersebut, pasti terselip hikmah. Hikmah memberikan keindahan dan arti tersendiri yang akan membantu kita menerima dan mengikhlaskan sesuatu.

Nah itulah 5 tips meraih kebahagiaan menurut Islam yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat!

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS