6053
  2018-08-28       iwebpedia.com

5 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Jatuh Cinta

Lakukanlah hal ini ketika kamu sedang jatuh cinta.

Marizka Witya Putrini 144 views

Assalamu'alaikum Moeslemates! Cinta adalah anugrah langit yang datangnya tak pernah terduga.
Siapa sih yang tak pernah merasakan jatuh cinta? kita semua pasti pernah merasakannya. Lalu apa yang kalian lakukan ketika perasaaan ini datang? Apakah kalian akan memendamnya? Atau mengungkapkannya? Itu tergantung pilihan kalian. Ketika kita jatuh cinta tidak ada cara lain yang lebih agung selain bermunajat kepada-Nya.

Sebagai Muslimah yang baik segala urusan termasuk soal yang satu ini, kita harus melibatkan Allah Ta'ala. Ingat, cinta itu bukan hanya antara aku dan kamu, tetapi ada Allah SWT . Apa aja sih, hal yang sebaiknya kita lakukan saat virus merah jambu ini menyerang. Simak tipsnya yuk :

1. Shalat Istikharah

Source: jom.sg

"Wahai allah, sesungguhnya aku memohon kepada engkau memilih yang baik untukku dengan ilmu engkau, aku memohon kepada engkau untuk menentukannya dengan kekuasaan engkau, dan aku memohon kepada engkau anugerah engkau yang agung, karena sesungguhnya engkau mampu memberi ketentuan sedangkan aku tidak, engkau dapat mengetahuinya, sedangkan aku tidak, dan engkaulah yang maha mengetahui hal-hal yang ghaib, wahai allah jika engkau tahu bahwa perkara ini *(SILAHKAN SEBUTKAN PERKARA MASING-MASING)* baik bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkanlah itu bagiku kemudian berilah aku keberkahan didalamnya, dan jika engkau tau bahwa perkara ini jelek bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka jauhkanlah pekara itu dariku dan jauhkanlah aku darinya dan tetapkanlah untukku kebaikan dimanapun adanya, kemudian jadikanlah aku rela kepadanya".

Temuilah sang maha cinta ketika kita jatuh cinta. Salah satu caranya dengan shalat istikharah. Bermunajatlah kepada-Nya dalam doa. Arti dari shalat istikharah sendiri sangat indah, yakni menginginkan kebaikan untuk yang mendoakan dan didoakan. Shalat istikharah adalah jalan pintas doa, maksudnya adalah doa akan cepat terkabul, jika dibarengi dengan istikharah. Ini penting untuk dilakukan, guna mendapat petunjuk dari Allah SWT .

2. Jangan Biarkan Rasa Cintamu Melebihi Rasa Cinta Kepadanya

Anyway, dalam perkara ini kita tidak boleh terlalu mementingkan ego. Rasa cinta kita kepada manusia tidak boleh melebihi rasa cinta kita kepada sang pencipta, karena pada hakikatnya cinta yang hakiki hanyalah cinta kepada Allah SWT. Allah Ta'ala berjanji memberikan kedudukan yang tinggi kepada hamba-hamba yang mencintai karena-Nya.

Dalam sebuah hadist disebutkan :

Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau seperti bintang barat yang berpijar. Seorang sahabat bertanya "Siapakah mereka itu? Rasulullah menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang mencintai karena Allah. (HR. Ahmad)

3. Perbanyaklah Istighfar

Istighfar memiliki banyak keutamaan, diantaranya melancarkan rezeki, mendekatkan yang jauh serta membuat hati menjadi lapang. Ketika seseorang jatuh cinta, emosinya cenderung menjadi tidak stabil "love is blind". Bahkan membuat kita tidak tahu mana yang benar dan salah. Istighfar mampu membantu menstabilkan emosi agar kita tidak terjebak dengan ego cinta yang membara.

4. Mencari Tahu Kepribadiannya

Moeslemates, Selain berdoa kita juga wajib berikhtiar. Salah satu caranya dengan menanyakan kepada orang-orang yang mengenal si 'dia' tentang kepribadiannya. Bagaimana akhlak dan agamanya. Dua hal ini sangat penting untuk diketahui, agar bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam mencari jodoh yang tepat.

5. Ikhlas Dengan Takdirnya

Terkadang apa yang kita upayakan, tidak sesuai dengan kenyataan. Ketika ini terjadi, kita tidak boleh berfikiran negatif atau sedih berkepanjangan. Yakinlah Allah SWT punya pengganti yang lebih baik darinya. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Tuhanlah yang menentukan akhirnya. Percayalah, rencana-Nya adalah rencana yang terbaik. So,jangan berputus asa dan tetap lanjutkan hidup.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu lakukan, bila jatuh cinta. Hatimu bukanlah milikmu, hatinya bukanlah miliknya. Allah-lah yang sudah menggerakkan dua hati untuk saling mencintai. Mintalah hatinya pada sang pemilik cinta, niscaya kamu Taakan kecewa. Semoga bermanfaat!

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS