6033
  2018-07-26       www.halhalal.com

5 Fakta Menarik Seputar Halal Produk yang Perlu Diketahui

Seberapa aware sih kita terhadap produk halal? Yuk simak 5 fakta menarik seputar halal produk yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Official Moeslema Team 56 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sebagai umat muslim, kehalalan suatu produk adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya pada makanan saja, kehalalan dalam suatu produk make up juga jadi hal yang mulai banyak diperhatikan perempuan muslim. Moeslemates, hari selasa kemarin, 24 Juli 2018, team Moeslema berkesempatan untuk datang langsung ke kantor MUI di Jalan Pemuda No. 5, Sempur, Bogor Tengah dan berbincang-bincang seputar halal produk. Berikut ini 5 fakta menarik seputar halal produk yang perlu Kamu ketahui!

Bahan-bahan yang Halal

Moeslemates, berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits, hal-hal yang diharamkan adalah bangkai, darah, babi, binatang yang disembelih atas nama selain Allah SWT, minuman beralkohol/khamr, binatang yang bertaring dan berkuku tajam kecuali binatang yang berasal dari laut. Jika melihat zaman sekarang, tentu hal-hal yang disebutkan di atas tadi jadi sedikit lebih banyak dan bahkan lebih rumit. Seperti bagaimana seekor babi, dari mulai kepala hingga ujung kaki bahkan kuku bisa diolah menjadi makanan, pangan dan kosmetik. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam suatu produk, atau sekedar mencari label halal dalam produk tersebut.

Jenis Alkohol dalam Kosmetik

Moeslemates, mungkin kita sering bertanya-tanya, "Pemakaian alkohol dalam kosmetik itu sebenarnya boleh atau engga sih?" Karena kita sudah tahu jelas bahwa minuman beralkohol/khamr sesungguhnya termasuk dalam hal-hal yang diharamkan. Faktanya, boleh kok Moeslemates, selama jenis alkohol yang dipakai adalah alkohol sintetik kimia. Karena ada beragam jenis alkohol, dan alkohol jenis ini (alkohol sintentik kimia) biasa dipakai di kedokteran dan produk kosmetik.

Seputar Make Up Waterproof

Sebagai perempuan, kita pasti sering menggunakan make up dengan jenis waterproof agar lebih tahan lama. Nah, lalu bagaimana bila dipakai berwudhu? Apakah hukumnya sah? Moeslemates, fakta menarik seputar halal produk berikut ini jadi kabar baik bagi Kamu pecinta make up waterproof. Dalam kategori halal produk make up yang diberikan oleh LPPOM MUI, salah satu syaratnya adalah mampu ditembus air, atau tidak menghalangi jalannya air. Maka, tentu saja jika Kamu menggunakan lipstik/maskara waterproof dan sudah berlabel "halal" maka sekarang tidak perlu khawatir wudhu/shalatmu tidak sah yaa!

Source: www.racked.com

Sertifikat Halal

Moeslemates, tahu gak sih kalau sertifikat halal itu hanya berlaku selama 2 tahun? Nah bagi Kamu yang sering mendengar desas-desus seputar MUI yang mencabut cap halal dalam suatu produk, hal itu tidak melulu karena terdapat hal-hal yang diharamkan dalam produk tersebut kok, bisa juga karena brand dari produk tersebut tidak memperpanjang sertifikat halal yang pernah didapatkan, sehingga MUI tidak dapat menjamin lagi kehalalannya. Nah bagi Kamu yang memiliki produk yang ingin mendapatkan sertifikat halal Kamu bisa mengetahui prosuder lengkapnya di sini!

BPOM & LPPOM MUI

Pasti banyak diantara kalian yang sering menganggap jika suatu produk telah mendapatkan salah satu cap Halal atau BPOM, maka telah aman dan halal. Faktanya, BPOM menjamin bahwa produk tersebut telah aman dan bersih. Sedangkan LPPOM MUI menjamin bahwa produk tersebut telah aman digunakan oleh seorang muslim, karena terbebas dari hal-hal yang diharamkan. So, kedua label tersebut adalah hal penting yang perlu diperhatikan, tanpa mengabaikan salah satunya Moeslemates!


Nah itulah 5 fakta menarik seputar halal produk yang bisa jadi pengingat kita. seorang muslim, agar lebih aware lagi terhadap hal-hal yang belum halal. Dan juga agar selamat dari hal-hal yang dilarang oleh agama, dan ibadah menjadi lebih afdhol.

Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan....... (Riwayat Bukhori dan Muslim)
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS