5911
  2018-05-30       thepeepspot.com

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Lebaran sebentar lagi! Menjelang lebaran, ini hal-hal penting yang perlu dipersiapkan!

Official Moeslema Team 24 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menjelang lebaran nanti apa saja sih yang biasanya Kamu atau keluargamu persiapkan? Tanpa terasa bulan Ramadhan akan segera berlalu, dan kita akan menyambut hari kemenangan di Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Moment lebaran akan selalu jadi moment yang special, karena itu harus dengan sepenuh hati dipersiapkan. Mulai dari hal-hal kecil sampai hal-hal penting mungkin perlu jadi perhatian. Berikut ini adalah 7 hal penting yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran!

1. Bersih-bersih Rumah

Moeslemates, persiapan pertama menjelang lebaran bisa dimulai dari bersih-bersih dan berbenah rumah. Kebersihan tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Kamu bisa mulai mengganti dan membersihkan tirai, membersihkan seluruh sudut rumah, menata ulang dekorasi rumah, memilah dan memilih barang-barang yang masih terpakai dan tidak. bahkan mengecat ulang dinding rumah agar lebih terlihat fresh.

2. Membersihkan Peralatan Shalat

Selain membersihkan rumah, jangan lupa untuk membersihkan peralatan shalat. Terutama alat-alat shalat yang akan dipakai saat lebaran nanti seperti mencuci sajadah, mukena, dan sarung. Memang sah-sah saja memakai baju baru atau peralatan shalat yang baru di hari lebaran nanti, namun pastikan saat sholat Ied nanti Kamu dan keluargamu juga bersih dan wangi dengan peralatan sholat yang dikenakan.

3. Siapkan Kue & Hidangan Lebaran

Kue dan hidangan lebaran memang jadi salah satu hal penting yang biasanya tidak boleh ketinggalan saat lebaran. Saling bersilaturahmi sambil menyantap kue dan hindangan lebaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Tentu Kamu ingin menyuguhkan yang terbaik di hari lebaran, untuk menghemat dan menekan biaya pengeluaran, Kamu bisa mulai menyiapkan kue lebaran sedikit demi sedikit dari sekarang. Membuat kue dan hidangan lebaran sendiri memang akan lebih hemat, namun dengan memanfaatkan promo dan diskon yang ada, hal tersebut juga menjadikan Kamu lebih hemat.

4. Siapkan Peralatan Makan

Berapa banyak peralatan makan yang Kamu miliki? Apakah cukup untuk para tamu yang akan berkunjung nanti?Moeslemates, setelah menyiapkan berbagai macam kue dan hidangan lebaran, Kamu juga perlu memikirkan tentang peralatan makan. Memang Kamu memiliki alternatif lain yakni mencuci peralatan makan yang telah terpakai agar orang berikutnya bisa kembali menggunakan peralatan makan tersebut, tapi apakah hal tersebut efektif dan tidak merepotkan? Jangan sampai karena peralatan makan yang terbatas, Kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencuci piring daripada duduk dan berbincang dengan kerabat dan sahabat.

5. Kirim Parcel

Beberapa parcel mungkin perlu Kamu persiapkan menjelang lebaran nanti. Tak ada salahnya untuk mengirimkan parcel kepada beberapa kerabat atau kolegamu dalam rangka menyambut lebaran dan menjalin silaturahmi di hari raya. Sesuaikan parcel dengan kebutuhan mereka serta kemampuanmu. Kamu bisa membelinya dengan mudah di berbagai toko parcel yang biasanya tersedia lebih banyak menjelang lebaran, atau untuk lebih hemat Kamu bisa membuatnya sendiri dengan berbelanja berbagai keperluan.

6. Berbagi THR

Salah satu tradisi lainnya saat lebaran adalah berbagi THR. Bagi Kamu yang memiliki beberapa pegawai yang bekerja di kantor atau di rumahmu, jangan sampai lupa untuk memberikan THR, tidak perlu banyak, cukup berikan sesuai kemampuan. Berbagai THR kepada ponakan dan sanak saudar juga jangan sampai terlewatkan! Siapkan berbagai amplop yang dikategorikan sesuai dengan keperluan. Dan budget THR yang akan dibagikan agar Kamu tidak kebobolan.

7. Zakat

Moeslemates, terakhir jangan lupa membayar zakat. Jangan karena telah menghabiskan banyak uang untuk mempersiapkan Lebaran lalu Kamu melupakan kewajiban yang satu ini yaa! Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu. Zakat fitrahpun menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Dengan membayar zakat, maka Kamu telah berbagi kebahagiaan kepada orang-orang yang kurang beruntung.


Nah itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran! Dalam rangkam menyambut lebaran nanti, yuk perbaiki lagi kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan, sehingga tidak ada penyesalan menjelang lebaran nanti! Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS