5909
  2018-05-30       aboutislam.net

Cara Mengatasi Kulit Kering Selama Bulan Ramadhan

Yuk coba lakukan kiat-kiat berikut ini untuk mempertahankan kulit agar tetap lembab dan tidak kering selama bulan suci Ramadhan.

Official Moeslema Team 42 views

Bulan Ramadhan telah tiba, itu artinya umat muslim akan berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa merupakan salah satu ibadah yang harus dijalankan bagi umat muslim di bulan suci Ramadhan. Saat berpuasa tidak boleh makan dan minum hingga 14 jam, sehingga sering kali puasa dikaitkan dengan kulit kering dan kusam karena adanya dehidrasi pada tubuh. Apalagi bagi kamu yang bekerja di kantor yang berada di ruangan ber-AC selama berjam-jam. Kulit akan jadi kering, bersisik, dan pecah-pecah. Kalau begitu bagaimana cara mengatasi kulit kering? Yuk coba lakukan kiat-kiat berikut ini untuk mempertahankan kulit yang lembab dan sehat selama bulan suci Ramadan.

Jaga kandungan air dalam kulit

Source: oolasports.com

Jika asupan air terpenuhi, tak ada alasan bagi kulit kering dan kusam datang. Banyak minum air merupakan cara paling utama yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar kulit tidak kering dan kusam saat berpuasa. Minum 8 gelas air putih secara perlahan setelah berbuka puasa, sehabis shalat tarawih, sebelum tidur dan setelah sahur. Sebaiknya minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka, ingat jangan langsung minum 8 gelas, karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.. Terdengar klasik, namun ini benar.

Gunakan pelembab untuk mencegah kulit kering

Berpuasa dapat menyebabkan tubuh dan kulit kekurangan cairan. Penggunaan produk pelembab sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Setelah mandi, gunakanlah pelembab pada kulit. Karena pelembab berfungsi menahan air yang ada di kulit, air tidak mudah menguap atau hilang sehingga membantu mempertahankan kelembaban kulit. Gunakan juga produk pelembab selama berpuasa bila kamu memang memerlukannya. Jangan sampai lalai menjaga kesehatan kulit. Penggunaan pelembab tidak menimbulkan masalah selama kandungan dalam pelembab yang kita gunakan baik dan cocok untuk jenis kulit kamu ya Moeslemates.

Hindari kopi

Source: 10faq.com

Untuk mencegah kulit kering selama puasa, sebaiknya kurangi juga konsumsi minuman yang bersifat diuretik, seperti kopi. Minuman diuretik akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil sehingga mempercepat dan memperparah dehidrasi yang nantinya bisa menimbulkan gangguan pada kulit. Tidak hanya itu kopi yang mengandung berkafein dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan akhirnya memiliki efek negatif bagi kulit. Selain kafein dan segala minuman yang mengandung gula juga memiliki dampak negatif bagi kulit.

Makan buah yang mengandung vitamin dan serat

Konsumsilah aneka buah dan sayuran segar secara rutin selama bulan Ramadan. Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur turut memenuhi asupan nutrisi dan kebutuhan air bagi kulit. Selain kaya akan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik dan bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, seperti Vitamin A, B, E, C, mineral selenium, dan zinc. Jadi jangan lupa makan buah dan sayur ya agar kulit tetap lembab, terjaga kekenyalan, kehalusan, elastisitas kulit. dan agar kulit tampak sehat dan bercahaya.

Kurangi aktivitas outdoor

Source: hiveminer.com

Cara lain yang perlu kita lakukan untuk mencegah kulit kering saat berpuasa yaitu mengurangi aktivitas di luar ruangan. Banyak terpapar sinar matahari dapat menimbulkan produksi keringat berlebih yang bisa memicu dehidrasi. Namun bila pekerjaan kamu mengharuskan banyak berada di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, pastikan kamu memberi perlindungan ekstra pada kulit dengan selalu menggunakan tabir surya. Selain itu gunakan juga perlindungan lainnya seperti topi atau payung untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta melindungi kondisi kulit agar tidak kering dan mudah iritasi. Gunakan tabir surya pada pagi dan siang hari selama berpuasa.

Hindari mandi atau membasuh wajah dengan air hangat

Kondisi kulit pada bulan puasa rentan kering dan untuk mencegahnya, hindari mencuci muka dengan air hangat,. Kenapa begitu? karena air hangat dapat membuat kulit menjadi jauh lebih kering. Kelembaban alami kulit akan hilang oleh air dengan suhu yang tinggi. Oleh karena itu selalu gunakan air dingin saat membasuh wajah atau saat mandi agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Skincare routine

Prosesi ini merupakan sesuatu hal penting yang tak boleh kamu lewatkan setiap hari. Agar kulit tetap lembab dan indah, kunci utamanya adalah rutin menggunakan skincare. Hal ini akan memberi dampak langsung pada kesehatan kulit. Gunakan semua perawatan wajah yang cocok untuk kulit wajahmu, seperti serum, toner hingga krim pelembab, semuanya akan membantu kulit kamu terhindar dari berbagai masalah kekeringan.

Nah, itulah tips agar kulit agar tetap lembab sehat selama berpuasa. Selain itu kamu bisa juga lho memeriksakan kulit kita secara rutin kepada ahlinya, agar kulit tetap sehat dan terawat setiap harinya.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

2 comments

Uwais Al-Qarani
Uwais Al-Qarani 2018-06-04 08:40:00

terimakasih infonya, sangat bermanfaat http://manfaatqncjellygamat.com

Follow Moeslema on SNS