5900
  2018-05-31       www.gadis.co.id

6 Tips Buka Puasa Saat Traveling

Agar buka puasa tetap lancar saat traveling atau perjalanan mudik yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Official Moeslema Team 31 views

Lebaran sebentar lagi, Beberapa orang sudah mulai sudah mulai mudik sambil berpuasa, berbuka di jalan pun jadi pilihan. Meskipun bulan Ramadhan, badan terasa lebih lemas karena harus menahan haus juga lapar, namun puasa tak jadi halangan untuk melakukan perjalanan. Pastinya ada beberapa hal yang mesti disesuaikan agar perjalanan tetap berlangsung lancar selama bulan puasa. Agar buka puasa tetap lancar saat traveling atau perjalanan mudik yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Makanan bergizi saat sahur

Sahur adalah waktu paling penting selama Ramadhan meskipun kamu dalam perjalanan. Pastikan kamu makan makanan bergizi saat sahur dengan asupan karbohidrat, protein, dan serat tercukupi. Tidak susah kok mencari makanan sahur bergizi saat dalam perjalanan, misalnya warung tegal (warteg). Lebih baik lagi jika ditambah asupan buah. Tapi hindari minum teh atau kopi saat sahur karena minuman itu akan memicu pengeluaran urine sehingga membuat kamu lebih mudah haus. Lebih baik minum banyak air putih, minimal lima gelas, saat sahur.

Siapkan makanan saat dalam perjalanan

Ketika traveling sambil berpuasa Ramadan, Selalu sediakan makanan di dalam tas agar kalian dapat segera berbuka puasa ketika adzan Maghrib bergema. Makanan ringan seperti buah, biskuit atau chocolate bar dapat menjadi menu buka puasa jika kamu belum menemukan tempat untuk berbuka dan makanan ini juga pas kamu konsumsi agar nantinya perut kalian masih sanggup menampung makanan utama.

Cari masjid terdekat

Masih pusing mau berbuka puasa di mana saat traveling? Masjid menjadi pilihan yang paling aman. Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan dan tidak memiliki makanan untuk berbuka bisa memanfaatkan ini. Biasanya masjid akan menyediakan takjil gratis, kemudian lanjut dengan sholat magrib berjamaah. Baru setelah itu mencari tempat untuk makan malam. Nah, jadi pastikan kamu harus mencari tahu terlebih dahulu lokasi masjid di kota destinasi kamu. Atau sebelum pergi traveling, kamu dapat menentukan lokasi penginapan yang paling dekat dengan masjid tertentu agar mudah jika hendak berbuka puasa.

Cari tahu jam sahur dan berbuka di destinasi tujuan

Hal penting lainnya yaitu kamu harus mengetahui jam berbuka di tempat tujuan saat merencanakan perjalanan. Setiap tempat tentu memiliki waktu berbuka yang berbeda. Cara paling mudah untuk mengetahui jam sahur, berbuka, sampai kiblat shalat adalah mengunduh aplikasi khusus Muslim di smartphone Anda. Aplikasi Muslim Pro, misalnya, bisa mengingatkan Anda pada jam-jam azan, termasuk subuh dan maghrib.

Jangan tergoda untuk membatalkan puasa

Jangan tergoda untuk berbuka sebelum waktunya! Saat traveling, apa lagi kalau kamu pergi ke luar negeri, makanan pinggir jalan pasti jadi godaan terbesar. Eeeits jangan sampai tergoda untuk membatalkan puasa ya Moeslemates, meskipun panas dan ada godaan yang begitu besar untuk menenggak minuman dingin saat itu. Tetap istiqomah yah !

Tidak melakukan aktivitas berat

Tidak melakukan aktivitas berat Untuk menghemat tenaga, sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas berat selama berpuasa ya Moeslemates. Hindari aktivitas berat seperti mendaki gunung, trekking, atau main arung jeram. Mengurangi bepergian pada siang hari juga efektif agar tetap bugar saat berpuasa. Saat matahari sedang di atas kepala, lebih baik Anda mengunjungi beberapa destinasi dalam ruangan. Museum dan beberapa peninggalan sejarah bisa jadi pilihan.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS