5899
  2018-05-24       id.pinterest.com

Tetap Berolahraga Selama Ramadhan

Tidak berolahraga selama Ramadhan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Yuk simak beberapa macam pilihan olahraga berikut ini!

Official Moeslema Team 16 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Penelitian menunjukkan bahwa puasa selama 30 hari berturut-turut tanpa berolahraga dapat meregresi kekuatan dan kebugaran. Saat menjalankan ibadah puasa, sebenarnya hanya pola makan kita yang berubah. Seharusnya aktivitas lain tetap berjalan seperti biasa, termasuk olahraga. Karena itu, adalah penting bagi umat Islam untuk mempertahankan aktivitas fisik rutin mereka selama Ramadhan, namun olahraga yang dilakukan juga tidak perlu seberat biasanya. Berikut ini adalah beberapa macam olahraga yang bisa jadi pilihan Kamu untuk tetap berolahraga selama Ramadhan!

Pilates

Moeslemates, bagi Kamu yang ingin berolahraga di bulan Ramadhan senam pilates bisa jadi salah satu pilihannya. Pilates itu sendiri merupakan versi kontemporer dari yoga yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat mengencangkan otot, mengatur pernapasan, mengatasi masalah berat badan, meningkatkan energi, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan masih banyak lagi. Selain itu, olahraga yang satu ini termasuk yang mudah dipelajari dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Dengan berbagai gerakan sederhana, pilates bisa jadi olahraga yang cocok selama bulan Ramadhan.

Jogging

Pilihan olahraga berikutnya adalah jogging. Moeslemates, jogging di pagi hari, sore hari sebelum berbuka, bahkan mungkin di malam hari bisa jadi kegiatan positif dan bermanfaat selama Ramadhan. Saat buka dan sahur, kita mungkin sering mengkonsumsi makanan manis bahkan lebih dari biasanya, hal ini jika tidak diperhatikan mungkin dapat menjadi pemicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, jogging bisa jadi olahraga alternatif yang membantu mengendalikan dan mencegah diabetes.

Senam Aerobik

Senam aerobik yang diiringi dengan irama musik ini memang jadi salah satu olahraga yang populer di kalangan ibu-ibu hingga anak-anak. Hampir di setiap minggu pagi, senam aerobik bisa Kamu jumpai di berbagai tempat keramaian seperti lapangan, pelataran parkir yang biasanya dipimpin oleh seorang instruktur senam aerobik. Moeslemates, jangan khawatir! Olahraga favoritmu yang satu ini juga masih bisa dilakukan selama bulan Ramadhan dan saat berpuasa. Namun Kamu bisa mengurangi tingkat intensitas olahraga ini yang biasanya berjam-jam mungkin hanya beberapa menit saja.

Main Skateboard

Olahraga yang satu ini bisa jadi alternatif lain untuk menggerakan tubuh yang sesuai dengan hobimu atau hanya untuk sekedar have fun. Bermain skateboard tidak hanya dapat menjadikan tubuh lebih bugar, namun juga dapat menjadi ajang untuk meluaskan pertemanan, menjadi orang yang pemberani dan melatih kesabaran. Moeslemates, tentu perlu keahlian khusus untuk dapat bermain skateboard, karena itu bagi Kamu yang baru pertama kali mencoba olahraga yang satu ini, pastikan menggunakan alat-alat yang mampu melindungi dari cedera, dan didampingi oleh expert. Lakukan olahraga ini di sore hari sambil ngabuburit.

Bersepeda

Bila ada istilah "Sambil menyelam minum air" maka olahraga ini bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan sekaligus dapat mengisi waktu luangmu di sore hari sambil menunggu adzan maghrib. Bersepeda di sore hari mungkin bisa jadi salah satu olahraga alternatif yang bisa Kamu pilih untuk tetap berolahraga selama Ramadhan. Kamu bisa mengendalikan berat badan sekaligus berjalan-jalan. Bersepeda juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes. Luangkan waktumu untuk bersepeda sambil ngabuburit Moeslemates!


Nah itulah beberapa macam olahraga yang bisa jadi pilihan Kamu untuk tetap berolahraga selama Ramadhan! Apapun olahraga yang Kamu pilih, yang paling terpenting adalah dilakukan dengan teratur dan konsisten. Selamat berolahrga dan selamat menunaikan ibadah puasa ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS