5886
  2018-05-22       www.marketing-mojo.com

Mempersiapkan Bujet Menuju Lebaran

Sudah mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk lebaran nanti? Yuk siapkan bujet lebaran dengan memperhatikan hal-hal berikut ini!

Official Moeslema Team 33 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Pada saat lebaran nanti, ada berbagai kebutuhan yang perlu dipersiapkan dan dipenuhi. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut sudah menjadi adat/tradisi yang biasa dilakukan. Karena itu hal itu harus dipersiapkan sedini dan secermat mungkin agar budget untuk lebaran bisa mencukupi kebutuhanmu sekaligus terencana dengan baik. Berbicara soal budget, untuk apa dan berapa budget yang harus Kamu keluarkan untuk lebaran nanti? Yuk simak beberapa hal yang peru kamu siapkan berikut budget plan yang harus dikeluarkan menuju lebaran nanti! Selengkapnya di sini!

1. Pakaian Lebaran

Source: qz.com

Baju baru di hari lebaran memang sudah jadi tradisi masyarakat kita dan seolah menjadi budaya yang tidak bisa ditinggalkan. Beragam diskon dan promo yang ditawarkan mungkin jadi salah satu alasan Kamu tidak melewatkan pakaian baru dalam list bujet lebaranmu. Tentukan bujet untuk membeli pakaian baru untukmu maupun keluarga. Maksimalkan semua tawaran promo dan diskon yang ada saat berbelanja pakaian. Tidak perlu membeli sesuatu yang tidak Kamu perlukan dan jangan sampai Kamu mengeluarkan uang terlalu berlebihan hanya untuk pakaian baru.

2. Hadiah Lebaran

Hadiah lebaran jadi salah satu hal penting yang harus Kamu perhatikan bujetnya. Hadiah lebaran ini bisa berupa uang untuk anak-anak, sanak saudara atau bahkan orangtua. Parcel juga jadi salah satu hadiah lebaran yang biasanya diberikan kepada teman, tetangga, atau orang-orang special. Ada pula yang memberikan kue atau makanan lainnya sebagai bentuk hadiah lebaran. Apapun bentuk hadiahnya, yang penting harus diperhitungkan bujet yang akan dikeluarkan supaya tidak membengkak. Sesuaikan bujet dengan cermat agar tidak menimbulkan kegelisahan di tengah bulan karena uang habis sebelum tanggal gajian berikutnya.

3. Makanan Lebaran

Momen lebaran juga jadi salah satu momen berkumpul bersama sanak saudara dan menjalin silaturahmi dengan tetangga dan teman, karena itu sebagai tuan rumah yang baik, sudah seharusnya menyiapkan berbagai suguhan berupa makanan berat, cemilan atau minuman untuk mengantisipasi jika ada sanak saudara yang berkunjung saat atau setelah lebaran. Untuk menekan bujet pengeluaran, Kamu bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri dan membuat kue lebaran sendiri. Tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan, buatlah daftar belanjaan dan memanfaatkan diskon/promo yang ada.

4. Mudik

Source: iqbeaute.com

Moeslemates, mudik menjadi kegiatan khas yang dilakukan saat lebaran tiba. Bujet untuk mudik juga perlu dimasukkan ke dalam anggaran lebaran. Mulai dari biaya transportasi, makan, oleh-oleh selama mudik, bahkan tiket untuk pulang pergi perlu dipersiapkan dari sekarang. Jika Kamu menggunakan transportasi umum, mencari promo tiket murah bisa jadi salah satu cara menekan bujet mudik. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka Kamu perlu memperhatikan pengeluaran biaya bensin, dan segala kemungkinannya.

5. Dana Darurat

Dana darurat pun jadi salah satu hal yang tidak kalah penting dan perlu Kamu siapkan. Kita mungkin tidak pernah tahu apa yang mungkin akan terjadi saat lebaran nanti, terutama jika Kamu harus mudik, dana darurat menjadi amat penting. Siapkanlah dana darurat dalam bentuk uang tunai agar lebih mudah saat berpergian, atau jika ingin ditaruh di Bank pastikan menggunakan Bank yang mudah dijangkau di daerah terpencil sekalipun. Dana darurat juga bisa jadi dana cadangan saat tiba-tiba kehabisan uang di akhir bulan sampai menunggu gajian.


Nah itulah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dan siapkan bujetnya menuju lebaran. Yuk mulai tentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk lebaran nanti! Berbagi dan beramal memang jadi hal yang sangat dianjurkan oleh Agama Islam, namun jangan sampai besar pasak daripada tiang yaa! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

1 comments

Obatroso
Obatroso 2018-05-22 19:37:16

Sangat bermanfaat sekali

Follow Moeslema on SNS