5884
  2018-06-04       www.prima.co.uk

Tips & Trik Belanja Hemat untuk Lebaran

Ingin tetap hemat saat berbelanja? Simak tips dan trik belanja untuk lebaran berikut ini!

Official Moeslema Team 16 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Lebaran sebentar lagi! Moeslemates, menjelang akhir Ramadhan, ada banyak hal yang biasanya perlu dipersiapkan dan dibeli. Terlebih lagi, biasanya ada berbagai diskon dan promo lebaran yang menarik. Supaya dompet Kamu tidak terkuras habis hanya karena gelap mata, Kamu perlu tips dan trik belanja hemat untuk lebaran! Yuk simak selengkapnya di sini!

Membuat Prioritas

Membuat prioritas belanja adalah hal yang penting demi alasan penghematan. Tentukan skala prioritas yang perlu dibeli saat lebaran nanti. Lebaran memang identik dengan sesuatu yang serba baru, namun tidak ada salahnya menekan pengeluaran dengan membuat skala prioritas. Agar hemat dan sebagai bentuk pengendalian diri, buatlah susunan prioritas pengeluaran mana yang sifatnya urgent atau utama, seperti tiket untuk mudik, baju lebaran, kue lebaran, oleh-oleh mudik dan lain sebagainya. Penuhi dulu kebutuhan prioritas tersebut baru jika ada sisa budget lebaran Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan sekunder, tersier, dan seterusnya.

Membuat Anggaran Belanja dengan Rinci

Source: www.certa.ph

Setelah membuat prioritas, Kamu bisa membuat anggaran belanja dengan rinci. Dengan adanya anggaran belanja yang disesuaikan kebutuhan dan ditulis dengan rinci, Kamu memiliki tolak ukur sekaligus mengontrol diri dalam berbelanja supaya tidak boros. Hitung budget yang tersedia, dan sandingkan dengan anggaran belanja yang telah Kamu buat supaya bisa disortir lagi agar tidak melebihi budget belanja. Usahakan belanja di bawah uang yang tersedia supaya selalu ada dana cadangan untuk hal di luar dugaan.

Membawa Uang Cukup Saat Berbelanja Secara Langsung

Source: www.adajobs.id

Bagi Kamu yang akan berbelanja secara langsung, maka cara yang paling ampuh agar Kamu disiplin dengan list yang telah dibuat adalah dengan membawa uang secukupnya. Saat Kamu berbelanja secara langsung, akan ada banyak hal yang bisa membuatmu 'kalap', membawa uang yang cukup dapat membantu menekan keinginan Kamu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak ada dalam list dan tidak terlalu dibutuhkan. Hindari membawa kartu kredit yang hanya akan membuatmu merasa aman untuk berbelanja.

Menghindari Ongkos Kirim Saat Berbelanja Online

Di era modern ini, berbelanja online menjadi pilihan mudah bagi Kamu yang tidak memiliki waktu dan tenaga untuk berbelanja langsung. Sama halnya dengan berbelanja langsung, biasanya menjelang lebaran ada berbagai promo dan diskon menarik yang bisa Kamu jadikan sebagai ajang berhemat. Pilihlah situs online yang memberikan ongkir gratis jika kita berbelanja hingga jumlah tertentu, Kamu bisa membelinya secara kolektif bersama kakak, adik, saudara atau sahabatmu untuk menghemat ongkos kirim.

Manfaatkan Program Diskon

Source: www.stintup.com

Moeslemates, tips yang terakhir, agar lebih hemat saat berbelanja untuk keperluan lebaran nanti adalah dengan memanfaatkan program diskon dan promo yang ada. Saat mendekati lebaran seperti sekarang ini, ada banyak toko busana baik online ataupun offline yang menawarkan program diskon gede-gedean. Nah, Kamu bisa manfaatkan penawaran diskon-diskon tersebut dengan baik! Update melalui media sosial menjadi salah satu solusi agar tidak kelewatan saat diskon dimulai, biasanya diskon tersebut berlangsung di pertengahan tanggal menuju lebaran, satu minggu sebelum lebaran, bahkan di malam takbir. Manfaatkan program itu untuk mencari baju lebaran yang murah namun berkualitas.


Moeslemates, itulah diantara tips dan trik belanja hemat untuk lebaran! Hati senang, dompet pun tenang! Agar tips dan trik tersebut sukses, Kamu perlu disiplin terhadap budget dan list yang telah dibuat! Yuk cermat dalam berbelanja!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS