5875
  2018-05-18       hellosehat.com

Cara Mencegah & Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa

Ingin terhindar dari sakit tenggorokan selama menjalani ibadah puasa? Atau bahkan mengatasinya? Simak tipsnya berikut ini!

Official Moeslema Team 19 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Di awal bulan Ramadhan, tubuh membiasakan diri terhadap perubahan pola hidup yang dijalani. Menahan lapar dan haus di tengah cuaca yang semakin panas juga jadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya perubahan suhu tubuh. Dalam beberapa kasus pola makan yang tidak sehat akan meningkatkan resiko terjadinya berbagai gejala penyakit, salah satunya yang mungkin sering kita alami adalah sakit tenggorokan. Moeslemates, jangan sampai aktivitas puasamu terganggu karena sakit tenggorokan yaa! Untuk mencegahnya simak beberapa tips berikut ini!

Perbanyak Minum Air Mineral

Moeslemates, pasti Kamu setuju jika mengkonsumsi air mineral jadi salah satu hal yang penting dan perlu Kamu perhatikan saat menjalani ibadah puasa. Di siang hari, tubuh akan banyak mengeluarkan cairan tubuh, hal ini tentu bisa menjadi penyebab tenggorokan kering dan berujung sakit tenggorokan. Air mineral tidak hanya berfungsi untuk mencegah dehidrasi, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Karena itu, konsumsi air mineral secara teratur selama bulan puasa.

Konsumsi Buah & Sayur

Selain menyehatkan dan membantu mencegah dehidrasi di siang hari, buah dan sayur juga membantumu terhindar dari sakit tenggorokan Moeslemates! Kamu bisa memilih buah dan sayur yang kaya akan serat dan vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Kandungan mineral dan serat yang terdapat dalam buah dapat membuat badan kita terasa lebih segar. Karena itu Kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai cemilan saat berbuka, sahur dan bahkan di malam hari selepas berbuka puasa.

Hindari Gorengan

Moeslemates, untuk mencegah sakit tenggorokan selama berpuasa, salah satu hal penting yang perlu Kamu hindari adalah gorengan. Gorengan memang jadi salah satu menu berbuka yang banyak digemari, padahal terlalu banyak mengonsumsi gorengan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama tenggorokan. Gorengan termasuk ke dalam kategori makanan yang bersifat panas yang dengan cepat dapat mengganggu kondisi kesehatan tenggorokan. Karena itu mulailah mengurangi bahkan menghindari makan-makanan yang digoreng sebanyak mungkin agar tidak merugikanmu saat menjalani puasa Ramadhan.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Sedang Berpuasa

Moeslemates, memang mencegah lebih baik daripada mengobati, namun jika terlanjur sakit tenggorokan, hal itu tentu sangat mengganggu kekhusyuan dalam menjalani ibadah puasa. Kamu bisa mulai memperhatikan tiga hal tersebut di atas, yakni mengurangi makan-makanan yang digoreng, perbanyak minum air mineral berikut konsumsi buah dan sayur. Berikut ini juga ada beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat sedang berpuasa!

Kurangi Bicara

Kamu bisa mengatasi sakit tenggorokan dimulai dengan hal-hal kecil seperti tidak banyak bicara selama sakit/radang tenggorokan. Terlalu banyak bicara mungkin jadi salah satu hal yang bisa memperparah sakit tenggorokanmu, karena saat berbicara udara dan berbagai partikel asing seperti debu akan masuk ke tenggorokan lewat mulut, akibatnya tenggorokan semakin terasa kering dan iritasi. Pemakaian masker bisa jadi salah satu alternatif lainnya.

Berkumur Air Garam

Moeslemates, air garam terbukti dapat mengurangi iritasi dan peradangan di tenggorokan, karena itu cobalah untuk meminum air hangat terlebih dahulu kemudian berkumurlah dengan air garam yang hangat saat berbuka dan sahur. Berkumur beberapa kali dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan membantu meredakan iritasi karena bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Cukup kumur sambil menengadah selama beberapa detik, pastikan cairannya menyentuh tenggorokan, lalu buang.

Menghirup Uap Panas

Cara lainnya adalah dengan menghirup uap panas. Caranya mudah kok, didihkan air secukupnya dan tuang di mangkuk. Letakkan mangkuk di bawah wajahmu dan bernapaslah seperti biasa. Biarkan uapnya terhirup lewat hidung. Agar lebih efektif Kamu bisa menutupi kepala dan mangkuk dengan handuk atau kain. Cara ini merupakan solusi cepat yang mudah dan murah untuk mengatasi kondisi hidung tersumbat, tenggorokan kering, tak nyaman, sekaligus radang tenggorokan.

Beristirahat

Selain melakukan berbagai cara di atas, beristirahat jadi hal yang paling penting untuk mengembalikan kondisi tubuhmu. Tidur berkhasiat dalam mengembalikan dan memperbaiki metabolisme tubuh, Karena itu pastikan Kamu tidak lembur dan begadang saat merasa sakit tenggorokan atau berbagai kondisi tidak fit lainnya. Tidur cukup pada malam hari akan membantu melawan virus dan penyakit yang ada dalam tubuh, salah satunya radang tenggorokan. Karena itu pastikan Kamu tidur minimal 6-7 jam sehari.

Minum Obat

Jika berbagai cara di atas tidak mampu meredakan sakit/radang tenggorokanmu, sudah semestinya Kamu pergi ke dokter untuk mengkonsumsi beberapa antibiotik. Minum obat bisa jadi alternatif terakhir untuk mengatasi sakit tenggorokanmu, konsultasikan dengan dokter untuk meminum obat yang tidak mengganggu ibadah puasamu, ditambah tidak mengganggu aktivitas harianmu seperti tidak menyebabkan kantuk.


Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS