5873
  2018-05-16       malayalam.boldsky.com

Tips Lakukan Program Diet Efektif Selama Berpuasa

Ingin mendapatkan tubuh yang lebih ideal saat lebaran nanti? Diet selama bulan Ramadhan bisa jadi jawabannya! Simak tipsnya di sini!

Official Moeslema Team 15 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Di bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah ini, banyak orang yang memanfaatkan momen berpuasa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Moeslemates, bagi Kamu yang tertarik untuk mencoba melakukan diet di bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa Kamu tetap lancar, mendapatkan berat badan yang ideal namun tetap aman dan sehat. Yuk simak tips melakukan diet selama berpuasa berikut ini!

Ganti Menu Utama dengan Karbohidrat Kompleks

Bagi Kamu yang akan melakukan diet selama bulan puasa, menu sahur dan berbuka menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Meskipun sedang diet, jangan sampai Kamu melewatkan waktu sahur dan berbuka. Ganti makanan pokokmu seperti nasi putih dengan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, karena makanan dengan karbohidrat kompleks membutuhkan pencernaan makanan yang lebih lama, sehingga Kamu akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu makanan dengan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat dapat membantu untuk menetralkan asam lambung dan tidak akan membuat kadar glukosa dalam darah meningkat. Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa, kentang beserta kulitnya, dan lain-lain.

Hindari Makanan Tinggi Kalori, Kolestrol & Natrium

Moeslemates, selain memperhatikan menu pokok pengganti nasi putih, Kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan saat sahur dan terutama berbuka. Hindari makanan tidak sehat yang tinggi kolestrol dan natrium seperti fast food, hindari pula makanan yang tinggi kalori, biasanya diperoleh dari berbagai makanan manis seperti berbagai santapan takjil, kolak, es buah, minuman manis dan masih banyak yang lainnya. Pilihlah makanan dengan gula rendah kalori.

Perhatikan Asupan Gizi Seimbang

Diet sehat juga bisa diperoleh dengan memperhatikan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang seperti berbagai buah-buahan dan sayuran. Selain memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan antioksidan, buah dan sayur mengandung banyak cairan dan serat sehingga terhindar dari dehidrasi dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi buah dan sayur setidaknya sebanyak 2-3 porsi saat sahur. Kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur menjadi camilan saat malam tanpa takut gendut. Lengkapi gizi seimbangmu dengan berbagai asupan vitamin dan suplemen agar tetap semangat saat beraktivitas di tengah puasa.

Perbanyak Minum Air Mineral

Moeslemates, tetap perbanyak minum air mineral meskipun sedang berpuasa. Hal ini tentu saja bukan pada waktu siang hari yaa! Usahakan untuk selalu minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas dari makan malam hingga menjelang tidur. Hal ini akan membantu Kamu tetap sehat dan semangat meskipun tengah berdiet, selain itu mencukupi kebutuhan cairan tidak hanya membuatmu terhindar dari dehidrasi di siang hari, tapi juga membantu mengontrol keinginan untuk makanan manis setelah berbuka. So. rencana dietmu tetap berjalan efektif!

Tetap Aktif Bergerak dan Berolahraga

Cara berdiet yang lebih efektif lainnya saat sedang berpuasa, selain memperhatikan makanan yang hendak di konsumsi, Kamu juga tetap perlu bergerak dan berolahraga untuk membakar lemak. Proses pembakaran lemak terjadi lebih cepat saat perut sedang kosong, karena itu lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan selama minimal 30 menit setiap hari. Di bulan Ramadhan ini, sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Olahraga yang rutin akan membuat program dietmu berjalan dengan lebih efektif.


Nah itulah beberapa tips yang harus Kamu perhatikan bila ingin melakukan program diet selama berpuasa. Tentu program diet ini akan berjalan dengan efektif jika Kamu bertekad kuat dan mampu berlaku disiplin terhadap hal-hal tersebut di atas. So, tetap semangat dan selamat menjalani ibadah puasa ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS