5872
  2018-05-24       www.rzorangehotel.com

7 Tips Packing Saat Mudik Lebaran

Agar barang-barang bisa dibawa saat mudik, yuk baca tips berikut ini agar packing efisien dan tidak membuat mudik lebaran mu jadi rempong.

Official Moeslema Team 58 views

Sebentar lagi Lebaran nih Moeslemates, kurang lengkap namanya jika berbicara soal lebaran tanpa mengaitkannya dengan aktivitas mudik. Mudik adalah salah satu tradisi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang ada di Indonesia. Mudik menjadi tradisi pulang kampung tahunan yang tentunya dilakukan oleh masyarakat yang tidak tinggal atau sedang merantau di suatu tempat.

Nah persiapan mudik harus dipastikan beres pada hari-hari sebelumnya. Mulai dari pemesanan tiket moda transportasi yang hendak digunakan, kesehatan fisikmu beserta keluarga, sampai pengaturan barang bawaan. Buat sebagian orang, melakukan packing untuk mudik adalah tantangan tersendiri. Bahkan, nggak sedikit yang mengalami stres lantaran begitu banyak barang yang ingin dibawa, namun tempat terbatas. Agar barang-barang bisa dibawa, yuk baca 7 tips berikut ini agar packing efisien dan tidak membuat mudik lebaran mu jadi rempong.

Menghemat tempat di koper, lipat baju dengan cara di gulung

Source: breaktime.co.id

Pakaian biasanya mengambil sebagian besar ruangan dari tas atau koper yang digunakan. Dibandingkan menata pakaian dengan cara menumpuknya satu per satu, menggulung pakaian adalah cara yang sangat efisien untuk memberikan ruang yang lebih di dalam koper. Letakan baju yang paling berat seperti jaket dan celana jeans di bagian bawah, dan baju dengan bahan yang ringan di bagian atas. Menggulung baju juga akan mencegah baju menjadi kusut. Pakaian kotor juga harus digulung dengan rapi ya agar tidak membuat penuh tas yang digunakan. Kalau sudah, hasilnya isi koper akan berkurang setengahnya ketimbang Anda hanya melipat pakaian seperti biasanya.

Pilih tas sesuai kebutuhan

Sebelum memasukkan semua perlengkapan, sesuaikan tas bawaan dengan kebutuhan mudik kita. Jika menggunakan kendaraan pribadi, cukup gunakan tas atau ransel yang memiliki kapasitas besar. Sedangkan, jika menggunakan pesawat terbang, pilihlah koper dan pisahkan perlengkapan penting seperti uang, kartu identitas serta perlengkapan lainnya. Pastikan ukuran tas atau koper yang dibawa muat dan tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Lengkapi koper dengan gembok dan beri tanda seperti pita atau nama agar mudah ditemukan. Usahakan pilih ransel atau koper yang nyaman dan sesuai agar lebih efisien saat dibawa.

Buat daftar barang

Untuk mencegah adanya barang yang tertinggal atau kelebihan beban koper nantinya. buatlah daftar barang yang akan dibawa. Buat daftar barang apa saja yang penting untuk dibawa, dan yang bisa ditinggal di rumah. Minta seluruh anggota keluarga untuk membuat daftar. Pastikan juga mengecek ulang kesesuaian daftar barang bawaan dan isi tas sebelum berangkat.

Bawa obat-obatan, alat mandi, dan make up

Usahakan barang-barang terpisah dengan barang yang lain ya . Selain tingkat penggunaannya lebih sering dan digunakan dalam keadaan yang tidak menentu, bisa juga dalam keadaan darurat. Obat-obatan seperti kayu putih dan balsam sangat diperlukan saat di perjalanan. Obat alergi, maag, asma pun sama pentingnya untuk kamu yang punya riwayat penyakit ini. Jangan lupa membawanya karena pasti akan sangat berguna. Selain itu bawa slat mandi pribadi seperti sikat gigi, juga make up atau skin care yang tentunya tidak bisa kamu pinjam.

Tinggalkan barang yang tidak berguna

Tinggalkan barang yang tidak berguna atau paling tidak kurangi jumlahnya , selain mengambil ruang juga menambah berat muatan nantinya. Contohnya seperti aksesoris. Aksesoris memang akan menunjang penampilan. Tapi pada saat mudik, batasi membawa aksesoris terlalu banyak. Cukup bawa yang berwarna netral agar bisa dipadukan dengan semua busana yang kamu bawa.

Masukan elektronik ke dalam satu tempat

Elektronik atau gadget sudah menjadi kebutuhan bagi kita. Namun, jika ditempatkan secara tersebar, benda ini rentan untuk hilang atau rusak. Maka satukan barang elektronik atau gadget kamu dalam satu tempat agar mudah juga untuk diambil. Gunakan organizer khusus untuk kabel dan semua gadget traveler, atau gunakan satu tas kecil atau pouch yang dikhususkan untuk kabel dan gadget.

Perkirakan lama waktu selama mudik

Lama atau tidaknya mudik ke kampung halaman dan jenis kegiatan yang akan dilakukan pasti akan berimbas terhadap barang bawaan. Perkirakan dengan baik lama waktu pergi dan pulang serta jenis kegiatan yang dilakukan agar kamu dapat memastikan barang yang dibawa sesuai kebutuhan.

Packing yang baik adalah proses yang tidak kalah penting dari saat mudik. ikuti dan pastikan packing-mu efisien ya! Selamat mudik dan melepas rindu bersama sanak keluarga.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS