5868
  2018-05-15       id.pinterest.com

Menyambut & Memaknai Bulan Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi! Simak beberapa hal berikut ini dalam menyambut dan memaknai bulan Ramadhan! Selengkapnya baca di sini!

Official Moeslema Team 37 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

"Marhaban ya Ramadhan" yang artinya selamat datang bulan Ramadhan, biasanya jadi salah satu ucapan yang banyak di ungkapkan menjelang bulan Ramadhan. Moeslemates, tak terasa tinggal menghitung hari menuju bulan Ramadhan, apa sih yang paling membuat Kamu bahagia saat bulan Ramadhan? Momen sahur dan berbuka bersama? Momen kebersamaan dengan teman, keluarga dan sanak sodara? Atau momen menjelang lebaran? Yaa! Mungkin semua momen akan terasa lebih menyenangkan saat bulan Ramadhan/ bulan puasa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Persiapan apa saja sih yang biasa Kamu lakukan saat menyambut bulan Ramadhan? Yuk simak beberapa hal yang bisa Kamu lakukan berikut ini dalam menyambut dan memaknai bulan Ramadhan!

Memaknai Bulan Ramadhan

Moeslemates, bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran, disebut bulan kesabaran karena pada bulan tersebut kita diuji menahan diri dari makan dan minum mulai terbit fajar hingga terbenam matahari selama sebulan penuh. Tidak hanya itu, kita juga diperintahkan untuk menahan hawa nafsu, meskipun pada hakikatnya kita belajar untuk lebih banyak bersabar di bulan Ramadhan hingga akhirnya datang Idul Fitri atau disebut sebagai hari kemenangan.

Jangan hanya memaknai bulan Ramadhan hanya dengan menahan lapar dan haus saja, tapi manfaatkan moment tersebut untuk melatih kesabaran hingga akhirnya mencapai derajat taqwa. Orang yang telah mencapai derajat taqwa jaminannya adalah sebagaimana firman-Nya dalam surat at-Thalāq ayat 2-4 bahwasanya Allah akan memberikan baginya jalan keluar, memberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya, dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam segala macam urusannya.

Menyambut Bulan Ramadhan

Moeslemates, menyambut bulan Ramadhan biasanya dilakukan dengan berbagai cara, di Indonesia sendiri ada beragam perayaan yang biasa dilakukan menjelang Ramadhan seperti pawai obor, makan-makan, ziarah kubur, kumpul-kumpul keluarga, silaturahmi, maaf-maafan dan masih banyak lagi. Dalam istilah bahasa daerah, orang Indonesia menyebutnya dengan istilah "Munggahan". Tidak ada yang salah dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah bulan Ramadhan, selama yang dilakukan tidak bertentangan dengan Qur'an dan Hadits. Salah satu hal penting yang harus Kamu lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah mengawalinya dengan do'a yang baik seperti berikut ini!

Ucapan Menjelang Ramadhan

Moeslemates, tidak ada salahnya menyambut bulan Ramadhan dengan berbagai ucapan baik yang biasanya dibagikan kepada teman, sahabat atau saudara-saudaramu, bisa berupa do'a, atau berupa nasehat dari ayat-ayat Al-Qur'an atau Hadits, sebagaimana sesama muslim diperintahkan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Berikut ini adalah salah satu hadits yang bisa Kamu jadikan sebagai ucapan terbaik menjelang Ramadhan!


Nah itulah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dalam menyambut dan memaknai bulan Ramadhan agar tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih baik lagi dari Ramadhan sebelumnya. Tetap semangat dan selamat menjalani bulan puasa ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS