5860
  2018-05-09       x-house.co.jp

5 Tips Hemat Selama Berpuasa

Ingin menambah tabungan Kamu di bulan Ramadhan ini? Simak 5 tips hemat selama berpuasa berikut ini!

Official Moeslema Team 33 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Bulan Ramdhan telah tiba Moeslemates! Apa targetmu di bulan Ramadhan tahun ini? Menghatamkan Al-Qur'an? Menambah hafalan Al-Qur'an? Banyak menghabiskan waktu bersama keluarga? Diet? Atau beragam rencana lainnya? Salah satu hal kecil yang bisa Kita lakukan di bulan Ramadhan ini adalah menambah jumlah tabungan kita dengan sedikit berhemat selama bulan Ramadhan.

Di bulan Ramadhan ini kita memiliki banyak peluang untuk sedikit lebih berhemat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, karena jika biasanya kita makan sehari tiga kali, selama berpuasa kita hanya bisa makan saat sahur dan berbuka saja. Belum lagi, bagi Kamu yang doyan ngemil di siang hari, ini adalah moment yang tepat untuk meminimalisir pengeluaran kamu. Namun pada kenyataan memang banyak pula yang justru malah kebobolan di bulan ramadhan, akibatnya rencana menambah uang tabunganpun hanya sekedar impian belaka. Mending kamu simak 6 tips hemat selama berpuasa berikut ini Moeslemates!

1. Belanja Kebutuhanmu Langsung Untuk Sebulan Kedepan

Source: informator.news

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan untuk bisa berhemat selama berpuasa adalah dengan lebih dulu membeli berbagai kebutuhanmu untuk sebulan ke depan. Hal ini menghindari kenaikan harga yang biasanya selalu terjadi selama bulan Ramadhan, juga membatasi diri Kamu untuk tidak selalu berbelanja segala hal yang biasanya tidak begitu penting atau hanya keinginan semu semata. Mulai rencanakan menu sahur dan berbuka sebelum pergi belanja, serta berbagai kebutuhan lainnya sehingga budget yang dikeluarkan sudah terencana dan bisa diminimalisir.

2. Manfaatkan Promo dan Diskon dengan Tepat

Moeslemates, jangan lupa untuk selalu melihat dan memanfaatkan diskon dan promo dengan tepat. Jangan karena ada beragam promo atau diskon lantas Kamu tidak memperhatikan pengeluaran dan budget selama bulan Ramadhan. Lalu jika memang ada harga dan barang yang Kamu perlukan cari tahu kapan barang tersebut akan diskon atau bahkan dijual dengan murah. Hal ini mungkin bisa berlaku untuk membeli beragam kebutuhan menjelang lebaran, atau sebelum datang bulan Ramadhan.

3. Bawa Bekal Dari Rumah

Jika Kamu selalu beraktivitas di luar yang membuat Kamu harus berbuka di luar, agar lebih hemat selama berpuasa Kamu bisa selalu membawa bekal untuk berbuka dari rumah. Hal ini bisa menekan budget pengeluaran selama bulan Ramadhan, sehingga Kamu lebih hemat. Belum lagi beberapa kebutuhan yang telah dibeli di awal bulan jadi tidak terbuang sia-sia. Membawa bekal dari rumah juga artinya Kamu membawa menu berbuka yang lebih sehat dan lebih praktis dibandingkan harus mengantri membeli makanan saat berbuka nanti.

4. Batasi Berbuka Puasa Di Luar

Moeslemates, percaya tidak percaya moment berbuka puasa di luar memang jadi salah satu faktor pengeluaran budget terbesar. Entah itu berbuka dengan teman, berbuka dengan sahabat, berbuka dengan pacar, dan beragam acara berbuka puasa lainnya akan menguras lebih banyak pengeluaran selama berpuasa. Kamu bisa menyiasatinya dengan menekan angka pengeluaran saat berbuka bersama nanti, mengajak teman atau sahabatmu untuk berbuka bersama di rumah saja, atau bahkan bisa membatasi berbuka puasa di luar.

5. Menghadiri Berbagai Event Ramadhan Gratis

Tips hemat yang satu ini cocok banget untuk anak kost yang ingin berhemat! Menghadiri berbagai event dan moment Ramadhan biasanya sekaligus mendapatkan takjil dan menu berbuka gratis! Selain menambah pengetahuan seputar agama dan berbagai workshop yang Kamu hadiri, Kamu juga bisa lebih berhemat dalam hal menu berbuka puasa. Mulai gencar deh mencari acara bagi-bagi takjil gratis! Di berbagai masjid besar, takjil atau nasi kotak biasanya selalu tersedia sepanjang bulan Ramadhan. Jadi, selain menambah amalan di bulan Ramdhan dengan shalat berjamaah di Masjid, Kamu juga bisa lebih hemat selama berpuasa.


Nah itulah beberapa tips hemat selama berpuasa yang bisa meminimalisir budget Kamu selama bulan Ramadhan, dan membuat tabungan Kamu jadi bertambah! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS