5858
  2018-05-09       saverahwomenexpo.co.uk

7 Tips Agar Mulut Tetap Segar Selama Berpuasa

Yuk ikuti beberapa tips untuk menjaga nafas Anda tetap segar selama bulan suci Ramadhan.

Official Moeslema Team 50 views

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang sering bermasalah saat berpuasa, pasti tahu kan apa itu? yup mulut tidak segar dan berbau. Perut yang kosong selama sekitar 14 jam membuat mulut yang tidak segar menjadi hambatan dalam beraktivitas dan bau mulut menjadi masalah serius, khususnya saat berkomunikasi dengan orang lain. Bau mulut dan nafas tidak sega selama puasa memang tidak bisa dihindarkan, namun dapat dikurangi.
Yuk ikuti beberapa tips untuk menjaga nafas Anda tetap segar selama bulan suci Ramadhan.

Makanan sehat saat sahur

Saat makan sahur konsumsilah makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Buah dan sayur akan membantu agar nafas tetap terasa segar selama berpuasa. Buah-buahan dan sayuran juga akan membersihkan gigi secara alami karena dapat menghilangkan plak dari gigi.

Kumur mulut dengan baking soda

Saat makan sahur cobalah berkumur-kumur dengan baking soda dan lemon dicampur dengan air yang dapat membuat nafas lebih segar. Untuk pembuatnya campurkan seperempat cangkir baking soda dengan dua sendok makan jus lemon dan sedikit garam. Cara seperti ini dapat membunuh bakteri di mulut yang menjadi penyebab bau.

Hindari makanan yang berpotensi tinggi menimbulkan bau

Pada saat sahur ada baiknya kurangi atau hindarilah makanan yang berpotensi menimbulkan bau mulut, seperti seperti pete, jengkol, bawang putih, durian, ikan atau gorengan, keju dan produk-produk yang terbuat dari susu lainnya. Jika Anda benar-benar ingin memakannya, hisaplah lemon slice kecil dengan garam, ini akan membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Hindari makanan yang manis

Hindari pula makanan yang manis dan lengket di gigi seperti coklat, kue basah, es krim, dan lainnya. Jika kamu sangat ingin memakannya, setelah itu segeralah berkumur atau menyikat gigi setelahnya. Bersihkan Gigi agar sisa makanan manis dan lengket tersebut tidak menempel terlalu lama pada gigi.

Minum air yang cukup

Source: paemuka.com

Selain makanan yang kita makan selama sahur memiliki dampak besar pada nafas dan juga jumlah air yang dikonsumsi setelah berbuka puasa. Bau mulut salah satunya disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Karena itu kamu harus minum banyak air setelah buka puasa dan selama sahur untuk mengimbangi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama puasa. Minumlah air putih minimal 8 sampai 10 gelas di malam hari, dari saat berbuka sampai saat sahur.

Jaga kebersihan gigi dan mulut

Source: iprice.co.id

Meskipun sebentar, proses pembusukan dalam gigi tetap berlangsung dan hal tersebut dapat menimbulkan bau mulut. Menyikat gigi akan menghilangkan plak dari gigi menyebabkan bau mulut selama puasa. Menggosok gigi baik dilakukan setelah sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. Gosok gigi dengan baik dan benar agar gigi dan rongga mulut bersih dari sisa-sisa makanan. Gunakan benang gigi, pembersih khusus lidah dan mouth wash untuk nafas yang lebih segar lagi.

Konsultasi ke Dokter

Source: medimetry.com

Kadang-kadang penyebab bau mulut yang tak sedap tidak berasal dari rongga mulut saja, melainkan dari penyakit tertentu. Jika bau mulut timbul sebagai akibat dari penyakit di rongga mulut, telinga atau hidung dan tenggorokan, saluran pernapasan atau saluran pencernaan sebaiknya temuilah dokter spesialis yang dapat menangani masalah-masalah tersebut.

Jadi intinya masalah bau mulut selama puasa sebenarnya dapat hindari dengan cara memperhatikan dan menjaga kebersihan mulut dan apa yang kita konsumsi. Jangan sampai masalah ini menganggu aktifitas sehari hari-hari ya, karena puasa adalah ibadah yang sangat penting dan berguna bagi kesehatan tubuh secara umum.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS