5856
  2018-05-08       www.instagram.com

Tips Agar Tetap Fit & Semangat Menjalani Puasa

Ingin tahu cara agar tetap fit dan semangat menjalani puasa? Yuk simak tipsnya di sini!

Official Moeslema Team 26 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Selamat datang bulan Ramadhan! Moment Ramadhan memang jadi salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia, karena ada beragam kebaikan dan hikmah yang bisa kita rasakan di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah setiap kegiatan kecil kita yang baik dan bermanfaat bahkan tidur sekalipun menjadi nilai ibadah. Moeslemates, jangan sampai kita menyia-nyiakan moment Ramadhan ini dengan bermalas-malasan dan tidak bersemangat saat menjalani puasa. Yuk simak tips agar tetap fit dan semangat menjalani puasa dari Moeslema berikut ini!

Jangan Melewatkan Sahur

Hal penting pertama agar puasamu tetap fit dan semangat adalah dengan tidak melewatkan sahur! Moeslemates, sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan bahwa ada kebaikan di waktu sahur, selain di satu sisi meraih kebaikan di sisi Allah SWT, di sisi lain dengan tidak melewatkan sahur, aktivitas harianmu tak akan terganggu karena masalah dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Selain itu sahur juga menjadi sumber energimu sampai tiba waktunya berbuka.

Konsumsi makanan dengan memperhatikan nutrisi seimbang seperti karbohidrat kompleks yang bisa Kamu temukan pada beras merah, gandum atau oat yang bisa membantumu kenyang lebih lama. Perhatikan pula asupan serat dan protein yang bisa menambah energi sepanjang berpuasa.

Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Kebutuhan cairan tubuh juga jadi salah satu hal penting yang dapat membuatmu tetap fit dan semangat menjalani puasa. Kekurangan cairan bisa menyebabkan Kamu sulit fokus hingga dehidrasi. Meskipun ada beragam minuman yang menggiurkan saat sahur apalagi berbuka, air mineral harus jadi prioritas utama. Minumlah air mineral minimal tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat berbuka, dan dua gelas air mineral diantara berbuka dan sahur. Kebutuhan cairan tubuh juga bisa didukung dengan konsumsi buah-buahan dan sayur yang kaya akan mineral dan air.

Perhatikan Menu Berbuka

A post shared by Nisa (@nisacookie) on

Agar tubuh tetap fit dan lebih semangat menjalani puasa, Kamu juga perlu memperhatikan menu berbuka puasa yang sehat. Jika ingin lebih fit selama bulan Ramadhan, sebaiknya Kamu mulai menghindari segala bentuk makanan yang digoreng, apalagi jika digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak, karena hal itu akan meningkatkan resiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Kamu. Selain itu, jika saat puasa kita sering mendengar istilah "berbukalah dengan yang manis" bukan artinya kita boleh mengkonsumsi makanan manis yang dibuat dengan gula dalam jumlah yang banyak, karena hal tersebut berpotensi menaikan berat badan bahkan penyakit diabetes. Karena itu untuk memastikan tubuh fit saat Ramadan, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

Tidur yang Cukup

Moeslemates, tidurnya orang yang berpuasa merupakan ibadah, namun jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk menghabiskan waktumu dengan tidur. Karena Kamu harus bangun untuk sahur, maka jangan sampai Kamu menghabiskan waktu malam dengan begadang. Mulai atur pola tidurmu seperti memilih tidur lebih awal misalnya setelah shalat tarawih. Karena kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga menghambat kreativitas dan aktivitas harianmu.

Olahraga

Siapa bilang bulan Ramdhan artinya Kamu tidak boleh berolahraga? Sebagaimana yang telah Kamu ketahui, olahraga merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan agar tubuh lebih sehat dan lebih kuat, apalagi jika ingin tetap fit dan semangat menjalani puasa. Kamu masih bisa melakukan olahraga ringan di siang hari dan sedikit lebih banyak di sore atau malam hari tergantung kondisi tubuh Kamu.


Nah itulah beberapa tips agar tetap fit dan semangat menjalani puasa! Semoga dengan memperhatikan beberapa tips di atas Kamu bisa menjalani aktivitas harianmu dengan lebih semangat meskipun sedang berpuasa. Selamat menjalani puasa Moeslemates!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS