5852
  2018-05-17       www.guapaya.com

Tips Agar Tidak Haus Selama Puasa

Agar ibadah puasa kamu tidak terganggu rasa haus dan tetap lancar sampai waktu berbuka puasa, yuk coba beberapa tips berikut ini !

Official Moeslema Team 287 views

Puasa tentunya 'kita diwajibkan menahan lapar, tapi juga menahan dahaga. Kalau urusan lapar, pasti rasanya mudah ditahan. Tapi yang paling berasa banget pada saat menjalankan ibadah puasa adalah menahan haus. Selain bisa mengganggu puasa, haus juga bisa membuat tubuh menjadi lemas hingga sakit kepala. Agar ibadah puasa kamu tidak terganggu rasa haus dan tetap lancar sampai waktu berbuka puasa, yuk coba beberapa tips berikut ini !

Perbanyak minum air putih saat sahur dan malam hari

Source: food.ndtv.com

Pertama, minumlah cukup air pada waktu sahur paling sedikit tiga gelas untuk mencukupi kebutuhan mineral selama berpuasa. Saat sahur, minumlah secukupnya karena jika terlalu banyak kamu akan lebih sering buang air kecil. Hal ini dapat membuat kamu terhindar dari dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Saat berbuka puasa hingga malam hari, jangan lupa minum air putih. Kamu bisa menyiapkan air minum di dekat tempat tidur, jadi ketika kamu terbangun di tengah malam, kamu bisa langsung meminumnya. Usahakan mencukupi kebutuhan air dalam satu hari, yaitu 8 gelas sehari ya Moeslemates.

Hindari makanan pedas

Jika kamu menyukai masakan pedas dan asin, coba kurangi dulu saat bulan puasa ini ya Moeslemates. Waktu sahur, sebaiknya menghindari makanan yang pedas. Karena, rasa pedas itu akan membuatmu cepat merasa haus dan tubuh terasa kekurangan air. Jadi kalau mau makan cabai atau makanan yang pedasnya tunggu kalau sudah buka, sabar ya.

Kurangi konsumsi garam

Source: www.flickr.com

Bukan hanya makanan pedas yang sebaiknya kamu hindari. Makanan yang asin atau mengandung banyak garam juga sebaiknya nggak kamu makan dulu. Makanan asin akan meningkatkan kekentalan cairan dalam tubuh sehingga membuat kita lebih mudah dehidrasi. Kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh, akibatnya kamu akan mudah merasa cepat haus, apalagi saat siang hari. Jadi kalau kamu mengkonsumsi makanan asin di waktu sahur, maka di pagi hari kamu jadi merasa haus. Jadi Hindari makanan asin yah.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Asupan cairan tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan minum air putih. Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah haus saat berpuasa adalah dengan banyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak serat dan cairan yang akan bertahan cukup lama di pencernaan sehingga mencegah kamu merasa cepat haus dan terhindar dari dehidrasi dini di pagi hari saat berpuasa. Selain itu, buah juga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Tapi, ingat, sebaiknya pilih buah yang tidak terlalu asam rasanya.

Konsumsi yogurt

Source: tvo.org

Mengkonsumsi yogurt dapat mengindarkan kamu dari rasa haus lho. Yogurt mengandung sekitar 85 persen air yang dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh. Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein. Kandungan ini sangat baik untukmu ketika sedang berpuasa. Agar lebih enak kamu bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.

Melakukan Kegiatan yang Bermanfaat

Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk melakukan aktivitas. Salah satu cara ampuh menghabiskan waktu sekaligus membuat Anda lupa dengan rasa lapar dan haus adalah melakukan aktivitas yang Bermanfaat. Apa saja yang bisa kamu lakukan? Misalnya dengan menonton film series favorit dengan durasi yang lama untuk menghabiskan waktu saat puasa. Kalau perlu, Anda bisa menonton series yang terdiri dari banyak episode.

Semoga tips bisa membantu puasa kamu semakin lancar dan nggak cepat haus lagi. Puasa bukan hambatan untuk melakukan hal bermanfaat. Selamat puasa, ya!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

1 comments

jennyhannb
jennyhannb 2018-06-14 15:58:16

Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein. Kandungan ini sangat baik untukmu ketika sedang berpuasa.
Play color switch for free.

Follow Moeslema on SNS