5849
  2018-05-14       www.seruni.id

Tips Anti Lemas Menjalani Puasa Ramadhan

Beberapa tips puasa anti lemas yang dapat kamu ikuti agar puasa kita bisa menjadi maksimal namun tetap memliki tubuh yang bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Official Moeslema Team 103 views

Bulan puasa cenderung membuat tubuh kita menjadi lemas dikarenakan tubuh kita yang sudah terbiasa menerima asupan energi dari makanan tiga kali sehari. Sedangkan pada saat bulan puasa, kita hanya dapat mendapatkan asupan pada saat maghrib hingga imsak. Apalagi padatnya kegiatan sehari-hari kita dari pagi hingga sore hari membuat tubuh kita menjadi lemas dan tidak fit. Oleh karena itu, agar tubuh kita tetap fit berikut beberapa tips puasa anti lemas yang dapat kamu ikuti agar puasa kita bisa menjadi maksimal namun tetap memliki tubuh yang bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Mengontrol konsumsi gula

Gula memang bisa meningkatkan energi tubuh. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat memberikan beberapa faktor yang tidak baik saat kamu berpuasa seperti lemas, berkurangnya motivasi untuk bekerja, menurunnya kinerja saat bekerja, serta meningkatnya resiko terkena diabetes. Kontrol konsumsi gula selama Ramadan dengan mengkonsumsi makanan manis yang tergolong sehat seperti kismis, kurma ataupun coklat jenis dark chocolate yang berkhasiat sebagai suplemen alami untuk tubuh memberikan stamina serta meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit, mengurangi tekananan darah tinggi, mengurangi tingkat risiko stroke, membantu melindungi dari penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

Hindari makanan berminyak

Selama puasa, cobalah untuk menghindari makanan berminyak. Sebab, itu bisa menyebabkan perut kembung atau sembelit. Sertakan makanan kaya serat untuk menyehatkan jantung dan juga mencegah sembelit selama puasa Ramadan. Jadi sebaiknya kita bisa mengganti gorengan dengan makanan yang lebih sehat seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan ya Moeslemates.

Minum banyak air

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari puasa perbanyaklah minum air. Karena air bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan melawan dehidrasi. Berdasarkan penelitian dari University of Illinois, dengan meningkatkan jumlah konsumsi air putih sebanyak 1% dapat memberikan efek positif seperti berkurangnya jumlah kalori, gula dan kolesterol yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu pastikan kita mengkonsumsi air mineral yang cukup pada saat sahur maupun saat berbuka puasa.

Olahraga

Nah ini yang sering jadi tantangan besar bagi banyak orang yangs edang berpuasa. Jangankan untuk berolahraga untuk beraktivitas sehari-hari saja kadang sudah merasa lemas. Kalau kamu merasa lemas untuk berolahraga saat puasa, cobalah lakukan tugas sehari-hari di rumah seperti menyapu, membersihkan kamar, dan lainnya Kemudian setelah berbuka puasa, luangkanlah sedikit waktu untuk berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah.

Istirahat yang Cukup

Source: inews.co.uk

Waktu istirahat saat bulan puasa pasti berkurang dikarenakan harus melaksanakan kegiatan sahur. Apalagi kalau begadang menunggu sahur bersama teman atau keluarga, pastinya membuat waktu tidur jadi berkurang. Berkurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan obesitas, kemungkinan terkena diabetes, menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga meningkatnya nafsu makan. Oleh karena itu biasakan untuk istirahat yang cukup saat bulan puasa agar tetap fit dan segar keesokan harinya, untuk itu tidurlah selama 7-8 jam dalam sehari untuk menjaga agar tubuh tetap kuat dan fit.

Tetaplah Aktif

Source: www.vocfm.co.za

Berpuasa bukan berarti Anda harus berhenti beraktivitas. Tetaplah aktif sehari-hari dan agar tidak kelelahan, jagalah tingkat energi kamu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks, serta sayuran ya Moeslemates.

Yap itulah beberapa cara agar tetap aktif dan kesehatan selama menjalani puasa Ramadan. Semoga hal-hal diatas juga bisa bisa bermanfaat bagi kita ya. Selamat berpuasa Moeslemates

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS