5848
  2018-05-21       www.tongkronganislami.net

11 Tips untuk Siap Menjalani Puasa Bagi Si Penderita Maag

11 tips agar penderita maag tetap sehat dan bugar menyelesaikan puasa Ramadan

Official Moeslema Team 47 views

Salah satu pantangan besar bagi penderita maag adalah telat makan dan perut kosong . Namun, selama berpuasa Ramadan umat Muslim diwajibkan untuk tidak makan selama 14 jam dan hanya bisa makan saat sahur lalu berbuka setelah bedug Maghrib.

Jadi bagaimana dengan penderita maag? Apalagi jika maag yang kamu derita cukup akut. Bolehkah berpuasa?
Bagaimana agar penderita maag tetap sehat dan bugar menyelesaikan puasa Ramadan? Jangan khawatir, ya, kali ini kita akan bahas 11 tips untuk mengatasi hal tersebut. Check this out !

Wajib makan sahur

Salah satu hal yang banget dilakukan oleh penderita sakit maag adalah makan sahur. Dengan makan sahur penderita maag dapat mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya maag saat berpuasa. Meskipun perut nggak terasa lapar, tapi untuk penderita sakit maag wajib hukumnya untuk selalu mengkonsumsi makan sahur.

Minum susu saat sahur

Susu dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita maag, karena susu bisa menetralisir asam lambung. Susu memiliki zat yang disebut antidotum yang selain bisa menetralisir asam lambung. Manfaat lain dari susu yaotu bisa mengisi lambung dengan protein yang bisa dipecah oleh asam lambung.

Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Source: www.teklic.hr

Sangat penting untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka apalagi untuk penderita maag. Air putih bisa mengobati dan menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung. Minum banyak air putih untuk mengganti kehilangan air saat berpuasa, yaitu sekitar 8 gelas per harinya.

Hindari minuman bersoda, asam dan kopi

Source: www.hipwee.com

Kopi, minuman bersoda, atau jus yang terlalu asam bisa melukai dinding lambung dan memperparah maag kamu.
Hindari mengkonsumsi kopi. Kopi adalah salah satu pantangan bagi penderita sakit maag kronis yang ingin berpuasa. Walaupun kamu sudah terbiasa mengkonsumsi kopi setiap hari, namun usahakan untuk tidak minum kopi setelah makan sahur. Hindari juga makanan yang mengandung gas seperti sawi dan kol yang bisa meningkatkan asam lambung dan membuat sakit maag kambuh. Selain sawi dan kol, nangka dan pisang ambon juga usahakan untuk dihindari.

Hindari makan pedas

Source: www.dokter.id

Salah satu penyebab sakit maag adalah karena mengkonsumsi makan pedas. Jenis makanan ini bisa melukai dinding lambung. Selama Ramadan, usahakan untuk menghindari makanan pedas, baik untuk makan sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga kandungan lada serta merica yang banyak ini bisa membuat perut iritasi dan juga menurunkan fungsi dinding lambung yang tentunya berbahaya untuk penderita sakit maag kronis.

Jangan makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka

Karena sudah menahan lapar dan haus, bukan berarti kamu bisa melampiaskan nafsu makan sebanyak-banyaknya. Agar maag nggak kambuh, sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup dan sangat dianjurkan untuk menyantap makan secara perlahan. Makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka malah akan membuat lambungmu kaget. Tak perlu banyak, yang penting bertahap. Hal ini penting untuk menghindari peregangan dinding lambung dan menghindari kinerja lambung yang terlalu diforsir. Untuk makan sahur bisa dimulai dari mengkonsumsi buah Kurma, makan Oatmeal lalu disusul dengan makan menu utama beri jarak waktu agar tidak membuat perut jadi kaget.

Makan sahur dengan kandungan serat yang baik

Source: 30seconds.com

Pisang bisa mencegah kelebihan asam lambung. Kandungan seratnya juga tinggi, sehingga bisa memperlancar proses pencernaan. Begitu juga dengan kacang-kacangan seperti almond yang baik untuk penderita maag. Asalkan kacang-kacangannya tidak digoreng. Kacang-kacangan yang digoreng memiliki tekstur yang keras, sehingga memicu asam lambung. Oatmeal, kentang dan gandum utuh merupakan beberapa contoh makanan dengan kandungan serat tinggi yang bagus dikonsumsi untuk makan sahur.

Hindari makanan berlemak tinggi, kurangi karbo dan pilih protein yang baik

Source: www.sebelas.co

Penderita sakit maag harus sangat memperhatikan kandungan makanan yang dicernanya agar tidak memperlambat kerja lambung. Salah satunya karbohidrat yang dapat difermentasi di perut dan menciptakan gas, sehingga meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan kembung, gas, bau mulut, dan gangguan pencernaan. Ini juga bisa membuat masalah pencernaan lainnya dalam usus yang lebih parah. Selain itu dengan mengonsumsi lebih banyak protein juga menyebabkan kelebihan asam lambung dalam perut dapat digunakan untuk mencerna protein. Konsumsilah protein yang baik bagi tubuh, seperti daging, ikan, telur, susu, dan lain-lain. Lemak baik juga berguna untuk kesehatan dan nggak akan melukai lambungmu, misalnya keju, mentega tawar, olive oil, dan lain-lain.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS