5842
  2018-04-26       semneletimpului.ro

Cara Mengetahui Jawaban Istikharah

Sudah melaksanakan istikharah dan ingin tahu cara mengetahui jawabannya? Simak ulasan berikut ini!

Official Moeslema Team 603 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Setiap orang pasti pernah dihadapkan dengan pilihan, karena mungkin kita sering mendengar istilah "Hidup itu adalah pilihan" Tapi yang jadi masalah adalah munculnya perasaan bingung, tidak yakin, karena tidak semua orang mampu memilih dan bisa konsisten dengan pilihannya. Karena itu Moeslemates, sudah sepantasnya kita sebagai seorang muslim menyandarkan semua pilihan kita atas ijin dan ridho Allah SWT, maka dari itu sunnah Rasulullah SAW adalah dengan melaksanakan shalat istikharah. Ingin tahu apa itu istikharah dan bagaimana jawaban dari istikharah? Yuk simak selengkapnya di sini!

Hakikat Istikharah

Secara bahasa, istikharah sendiri berasal dari kata istakhara-yastakhiru yang artinya meminta kebaikan dari setiap urusan. Jika meninjau lebih jauh, istikharah sendiri adalah memohon kepada Allah SWT agar setiap keputusan yang diambil adalah atas izin-Nya dan menjadi yang terbaik. Moeslemates, lalu seperti apa sih pelaksanaan istikharah itu? Istikharah sendiri adalah pelaksanaan shalat dua rakaat di waktu yang sebenarnya tidak ditentukan apakah siang atau malam yang terpenting di waktu Kamu mampu merasa lebih khusyu. Lalu seperti apa bacaan niatnya? Niat istikharah sendiri seluruh ulama sepakat bahwa niat tersebut ada di dalam hati, sebagaimana kutipan berikut ini:

“Untuk keabsahan shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram,” terang Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji mazhab Syafi’i, “Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan shalat ketika melafalkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafalkan niat secara lisan.”

A post shared by Andi Hasdi Alam (@hasdialam) on

Bacaan Shalat Istikharah

Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Jawaban Istikharah

Moeslemates, setelah melaksanakan shalat istikharah lantas kita selalu bertanya-tanya apa sih jawaban dari shalat istikharah tersebut? Ada yang bilang melalui mimpi, ada yang bilang hati menjadi yakin, ada pula yang bilang ditunjukkan kebenaran, dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang "katanya" jawaban istikharah. Sebenarnya tidak ada dalil pasti yang mengatakan jawaban shalat istikharah, namun ada berbagai pendapat ulama dan ustadz yang bisa Kamu jadikan rujukan atas jawaban dari shalat istikharahmu.

Musyawarah

Menurut Ustadz Salim A. Fillah setelah melaksanakan shalat istikharah, hendaknya Kamu menambahkan satu instrument penting yang menguatkan istikharahmu, yakni dengan bermusyawarah. Libatkan orang-orang shaleh yang ibadahnya terjaga dan Kamu percayai untuk diajak bermusyawarah mencari jawaban dari istikharahmu. Bisa berupa kedua orangtua, Ustadz, atau sahabat-sahabat shaleh dan shalehah.

Tidak Menyandarkan Jawaban Istikharah Pada Mimpi

Moeslemates, mungkin ada banyak orang yang salah dalam mengartikan jawaban istikharah. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang percaya bahwa jawaban dari istikharah adalah melalui mimpi, padahal Ustdz Salim A. Fillah menambahkan, kita tidak boleh menyandarkan jawaban shalat istikharah kita pada sebuah mimpi, karena menurut Imam An-Nawawi mimpi kita bukanlah mimpi yang terjamin datangnya dari Allah SWT, bisa saja dari setan, dan bisa saja dari hawa nafsu diri kita sendiri. Itulah mengapa ketika melaksanakan shalat istikharah hati kita harus cenderung netral dan tidak berpihak pada pilihan apapun.


. . . . . . dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. (QS. Maryam: 4)

Nah Moeslemates, itulah diantara pengertian istikharah, hakikat istikharah, bacaan serta jawaban dari istikharah. Pelaksanaan istikharah sendiri bisa Kamu lakukan berkali-kali tanpa ada batasan hingga Kamu yakin dengan pilihanmu itu. Karena itu, jangan ragu dan teruslah berdo'a kepada Allah!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS