579
  2016-10-17       wearehi5.com

Snapchat vs Instagram Stories

Kalo kamu, pilih mana?

Airin Karima Ahmad 63 views

Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan fitur baru yang ada di Instagram, yaitu Instagram stories. Buat kamu yang udah utak-atik dan mempelajari seluk-beluk fitur baru instagram yang satu ini, aku yakin kamu ngerasa fitur ini mirip dengan fitur sebuah aplikasi lain bernama Snapchat. Masih bingung apa bedanya kedua aplikasi ini? Yuk pelajari bersama-sama!

Source: ohjoy.blogs.com

Snapchat memiliki filter wajah lucu yang bisa bikin kamu lebih ekspresif!

Snapchat logo

Snapchat memiliki fitur video pendek (15 detik) yang dapat kamu gunakan untuk berbagi mengenai apa yang sedang kamu lakukan. Selain video,hal lain yang dapat kamu lakukan juga adalah berbagi foto.

Snapchat memiliki keunggulan yaitu dynamic filter yang mengikuti bentuk wajah dan gerak tubuh kita. Filter tersebut adalah gabungan dari teknologi Facial Recognation dan animasi 24 frame per second. Selain filter tersebut, terdapat juga geofilter dimana Snapchat bisa mengetahui lokasi, waktu, maupun suhu di tempat kamu berada sekarang.

Source: Photo © Airin Karima

Salah satu fitur geofilter.

Source: Photo © Airin Karima

Fitur editing di Snapchat.

Dengan Snapchat, kamu bisa mendekorasi foto atau video kamu dengan menambahkan drawing, emoticon, dan text.

Instagram Stories dapat menjadi tempat untuk berinteraksi secara lebih personal dengan audience kamu

Source: Photo © Airin Karima

Momen yang bisa kamu abadikan di Instagram Stories bisa berupa foto atau video. Tersedia fitur editing standar yaitu drawing dan text. Tidak ada fitur filter dinamis seperti yang ada pada Snapchat, namun kamu bisa mengubah tone warna foto/video yang akan kamu upload.

Keunggulan Instagram Stories yaitu kamu tidak perlu switch aplikasi untuk membuat konten live video, kamu bisa meng-upload konten Instagram Stories kamu ke timeline instagram kamu dengan memilih opsi 'Share as Post', dan kamu bisa mengetahui siapa yang melihat Instagram Stories kamu + bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat konten kamu.

Source: Photo © Airin Karima

Opsi yang ada di Instagram Stories.

Jadi pilih yang mana?

Snapchat dan Instagram Stories, masing-masing memiliki users dan behaviour yang berbeda. Buat beberapa orang, Snapchat terasa memiliki cara yang lebih kasual dalam penyampaian cerita. Untuk orang-orang yang memperlakukan instagramnya secara serius, tentu sangat penting untuk membuat konten yang sama bagusnya dengan yang ada di Instagram mereka selama ini.

Untuk aku pribadi, snapchat terasa sangat fun dengan segala filter lucunya. Namun aku perlu mengumpulkan 'teman' baru lagi, dan sedikit banyak hal itu terasa agak merepotkan.

Dengan instagram stories, aku langsung bisa mem-blast video keseharian aku dan mendapatkan viewers yang lumayan. Namun, kekurangannya adalah video yang di-post terasa plain tanpa adanya filter lucu seperti snapchat!

Jadi pilihan aku adalah...

Instagram Stories!

Bagaimanapun, aku membuat konten, tujuannya supaya konten tersebut ditonton/dilihat oleh banyak orang (terlepas dari isi kontennya berguna atau tidak sih, hihihi). Jadi buat aku, Instagram Stories lebih menjadi pilihan karena lebih bisa menjangkau banyak orang!

Bagaimana dengan kamu? Pilih Snapchat atau Instagram Stories?

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS