576
  2016-08-15       rizkyamrul.blogspot.com

Pesan-Pesan Ini Akan Memenuhi Gizi Seimbang Kalian

13 pesan gizi seimbang awalnya direkomendasikan dari Kongres Gizi Internasional tahun 1992 di Roma yang menganjurkan setiap negaranya menyusun Pedoman Gizi Seimbang (PUGS). Lalu terbentuklah landasan program pangan dan gizi nasional dalam “ 13 Pesan Gizi Seimbang”. bertujuan sebagai upaya pencegahan masalah gizi ganda dan pencapaian gizi seimbang guna menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang andal.

Triwitaan 131 views

Source: www.bismillahsgz.wordpress.com

Gizi seimbang adalah susunan makan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.

Dalam setiap Negara memiliki gambaran gizi seimbang yang berbeda beda, di Indonesia Sendiri gizi seimbang mengadaptasi dari bentuk ‘piramida’ , begitupun Negara Amerika yang memliki prinsip divisualisasi yang sama dengan Indonesia. Lain halnya dengan Negara Thailand yang memiliki bentuk piramida terbalik seperti bendera dan Cina dengan bentuk pagoda dengan tumpukan rantang. Semua itu berdasarkan budaya dan pola makanan setempat.

Dalam mencapai gizi seimbang itu terdapat dalam 13 pesan berikut ini, meliputi :

Source: erlisy.wordpress.com

1. Makanlah makanan yang beraneka ragam.
Makanan harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Bahkan serat makanan dalam jumlah yang seimbang.

2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.
Sumber energi meliputi, karbohidrat, lemak, serta protein. Energi dibutuhkan untuk metabolisme dasar. Seperti : belajar dan olahraga. Kelebihan energi akan mengalami Obesitas (kegemukan), sedangkan kekurangan energi akan mengalami Marasmus.

3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. seperti, gula dan makanan manis. Sebaiknya dikonsumsi saat siang hari ketika kita akan atau sedang melakukan aktivitas dan jumlahnya tidak melebihi 3-4 sendok makan gula/hari.

Source: tabloidnova.com

4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi.
Kelebihan lemak apalagi lemak/minyak jenuh dari hewan, akan mengakibatkan kegemukan dan dislipidemia (penyakit yang mengarah ke jantung koroner dan steroke). Konsumsi lemak tidak melebihi 20 % dari total kalori. Perlu diingat juga lemak sumber asam lemak essensial yang dapat membantu penyerapan vitamin ( A, D, E, K ).

5. Gunakan garam beryodium.
Garam beryodium dapat mencegah gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY). Namun penggunaan garam yang berlebih juga tidak dianjurkan karena garam mengandung natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsumsi garam tidak melebihi 6 gram atau 1 sendok teh perhari.


6. Makanlah makanan sumber zat besi.
Makanan yang mengandung zat besi dapat mencegah anemia. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya, sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging.

Source: www.tropicanaslim.com

7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berusia 4 bulan.
Makanan pendamping ASI hanya boleh diberikan setelah bayi lebih dari 4 bulan, pemberian pendamping ASI harus bertahap sesuai umur, pertumbuhan badan serta perkembangan kecerdasan.

8. Biasakan makan pagi.
Makan pagi dengan beraneka ragam akan memenuhi kebutuhan gizi untuk mempertahankan kesegaran tubuh dan meningkatkan produktivitas.

9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya.
Minumlah air bersih sampai 2 liter perhari sehingga metabolism tubuh kita bisa berjalan lancar. Konsumsi air yang cukup dapat menghindari dehidrasi dan akan menurunksn resiko infeksi batu ginjal.

Source: www.obatsyarafmata.com

10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga yang teratur.
Kegiatan ini akan menjaga berat badan normal, serta meningkatkan kesegaran tubuh, memperlancar aliran darah, dan mencegah osteoporosis khususnya pada lansia.

11. Hindari minum-minuman beralkohol.
Harus dihindari guna menghindari penyakit degeneratif, vaskuler dan kanker.

12. Makanlah makanan yang baik bagi kesehatan.
Makanan yang tidak tercemar, tidak terdapat kuman atau parasit, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan makanan yang diolah dengan baik sehingga kandungannya tidak rusak.

13. Bacalah label makanan yang dikemas.
Label pada kemasan harus berisi tanggal kadaluarsa dan kandungan gizi pada makanan. Selain itu dapat melihat informasi kehalalannya.

Sampai disini sudah tau kan moeslemate pesan dasar gizi seimbang?
Kalau sudah tahu pesannya semoga bisa langsung diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.
Semoga bermanfaat.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS