5749
  2018-03-11       www.kroschke.com

5 Fakta Seputar Puasa Senin Kamis ini Jarang Diketahui!

Apa sih keunggulan puasa senin kamis? Mending Kamu simak 5 fakta seputar puasa senin kamis yang jarang diketahui!

Official Moeslema Team 868 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya" (HR. Ahmad).

Sebagai seorang muslim pasti kita sudah tidak asing dengan puasa senin & kamis? Merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan kamis dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Tidak banyak muslim yang tahu bahwa dibalik puasa senin dan kamis terdapat fakta menarik dan manfaat yang jarang diketahui. Oleh karena itu, 5 fakta berikut ini adalah jawabannya! Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Segala Amal Diperiksa Pada Hari Senin &Kamis

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Moeslemates, hari senin dan kamis dalam sebuah hadits yang diriwayatkan di atas adalah hari dimana segala perbuatan kita sebagai manusia diperiksa oleh para malaikat. Karena itu Rasulullah mencontohkan kepada hamba-hambanya untuk berpuasa pada hari senin dan kamis karena hal tersebut menjadi hal yang Rasulullah sukai.

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Tahu gak sih fakta menarik seputar puasa senin dan kamis adalah kegiatan untuk rutin berpuasa ini dapat membantu Kamu dalam mengontrol berat badan agar tidak semakin membengkak. Puasa senin kamis bisa membakar lemak yang semakin menggumpal dan melancarkan pencernaan. Hal itu berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin agar tidak cepat rusak

Source: www.mcgill.ca

3. Mengendalikan Hawa Nafsu

Dalam sebuah hadits dikatakan sesungguhnya dengan berpuasa kita diajarkan untuk mampu menahan hawa nafsu dan amarah. Orang yang terbiasa berpuasa senin dan kamis biasanya lebih dapat mengontrol pikirian dan perasaanya. Dengan demikian penyakit yang muncul akibat pikiran seperti stress, depresi dan berbagai masalah kejiwaan lainnya dapat terkontrol.

Filsuf yang juga ahli tafsir kebangsaan Iran, Fakhir ar-Razi pernah mengatakan, puasa bisa melahirkan ketaqwaan karena mengandung unsur pengendalian syahwat. Puasa membentengi pelakunya dari perbuatan buruk. Ia juga mengatan, puasa menjadi ajang latihan untuk mengendalikan nafsu dan menghindari kecerobohan, juga perbuatan keji.

4. Mencegah Alzheimer

Sudah kenal dengan penyakit alzheimer? Dilansir dari alodokter.com Alzheimer adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Dengan rajin berpuasa senin dan kamis Kamj mampu mengurangi kadar plak dalam otak, yang merupakan tanda awal Alzheimer.

5. Mempercantik Kulit

Pasti Kamu bertanya-tanya apa hubungannya puasa senin kamis dan kecantikan? Moeslemates, ternyata berpuasa senin kamis dapat membantu meremajakan sel kulit karena sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Saat Kamu berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.


Nah itulah 5 fakta seputar puasa senin kamis yang jarang diketahui. Moeslemates, setelah kita mengetahui 5 fakta di atas, kita dapat mengambil manfaat dan harus menjadi lebih semangat dalam melaksanakan puasa sunnah senin & kamis. Semoga amalan sunnah kita menjadi pelebur dosa-dosa aamiin. Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

1 comments

lapamart
lapamart 2018-07-16 15:39:06

Alhamdulillah, tambah pengetahuan lagi

Follow Moeslema on SNS