5740
  2018-03-07       id.pinterest.com

5 Cara Meningkatkan Kreativitas Kerja

Ingin tahu cara meningkatkan kreativitas? Coba 5 cara berikut! Simak ulasannya di sini!

Official Moeslema Team 179 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sebagai seorang pekerja yang selalu dituntut untuk berpikir cepat dan kreatif, tentu saja kadangkala kita merasa buntu atau kehilangan ide. Penyebabnya tentu ada banyak, bisa karena kecapean, bisa karena jenuh, atau bahkan stress. Tapi Kamu pasti sudah pernah dengar bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja, jika hari ini Kamu kehilangan ide-ide kreatifmu, jangan hanya menyerah dan pasrah saja, inspirasi tersebut tidak melulu harus Kamu tunggu kok, tapi juga bisa Kamu cari atau asah. Ingin tahu cara meningkatkan kreativitas? Yuk simak 5 cara tingkatkan kreativitas kerja berikut ini!

1. Bermain Game

Moeslemates, tahu gak sih kalau bermain game itu punya banyak manfaat loh, salah satunya adalah meningkatkan kreativitas. Setiap game yang berlevel memiliki tantangan lebih sulit dan sulit lagi, hal ini dapat memicu cara berpikir dan memakai logika dalam memecahkan masalah di dalam game tersebut. Selain itu, bermain game juga dapat mengasah kemampuan problem solving yang lebih luas. Karena itu, penting bagi Kamu untuk mencari, memilih dan mencoba bermain game yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan berpikirmu agar semakin terasah dan menyelesaikan berbagai rintangannya agar kreativitasmu semakin meningkat.

2. Berdiskusi

Moeslemates, sebagai mahluk sosial pasti Kamu setuju bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Untuk meningkatkan kreativitasmu juga bisa diasah melalui berbagai diskusi atau obrolan-obrolan kecil bersama teman, sahabat atau keluargamu. Mengobrol juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan stres kerja, sehingga biasanya dari obrolan atau curhatan tersebut muncul ide-ide baru yang keluar baik dari diri sendiri atau yang diperoleh dari teman diskusimu. Selain itu jika Kamu terbiasa untuk berdiskusi maka kemampuan berfikirmu akan semakin terasah sehingga Kamu jadi lebih kreatif

3. Menonton Film Kartun

Menonton film kartun juga bisa jadi salah satu cara meningkatkan kreativitas. Film kartun di satu sisi dapat memberikan hiburan sekaligus mengasah kreativitas kita dalam berpikir. Kebanyakan film kartun pasti bersifat tidak nyata, atau hanya khayalan belaka, tapi tahu gak sih Moeslemates, melalui khayalan itu biasanya muncul ide-ide kreatif, Kamu jadi lebih peka dan kritis terhadap sekitar. Selain itu, masalah yang muncul dalam film kartun biasanya hal-hal yang cukup berat namun dapat diselesaikan dengan cara yang lebih ringan, hal ini dapat memotivasi kita untuk melihat masalah yang mungkin sedang kita hadapi dengan cara yang lain dan tidak mudah menyerah.

4. Membaca

Pasti Kamu setuju kalau membaca buku dapat meningkatkan kreativitas?! Hal ini karena melalui buku, ilmu dan informasi yang kita dapat jadi lebih luas dan akhirnya memicu kita untuk berpikir dan akhirnya muncul ide-ide kreatif. Jika terlalu sulit untuk membaca buku-buku berat, maka Kamu bisa memulainya dengan buku-buku yang lebih ringan seperti kumpulan quotes-quotes, atau sekedar membaca berbagai artikel melalui internet. Semakin sering kita membaca, semakin banyak pula yang kita tahu, karena buku adalah jendela dunia, dan membaca adalah kuncinya.

5. Pergi ke Tempat Baru

Source: kullhadd.com

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas kerja adalah dengan pergi ke berbagai tempat baru. Tempat baru yang bisa Kamu kunjungi tidak melulu harus jauh atau mahal kok, yang paling terpenting adalah di tempat tersebut Kamu bisa mempelajari sesuatu. Dengan mengunjungi berbagai tempat baru, maka Kamu akan bertemu dengan banyak orang baru dengan pemikiran dan kebiasaan yang berbeda-beda, dan hal tersebut bisa menginspirasi Kamu untuk menemukan ide-ide kreatifmu. Di tempat baru juga Kamu akan belajar bagaimana cara hidup yang baru dengan kebiasaan yang baru pula, hal ini bisa memicu kemampuan berpikifmu dan mengasah kreativitas.


Nah itulah 5 cara meningkatkan kreativitas kerja yang bisa Kamu aplikasikan saat merasa buntu atau kehilangan inspirasi. Tentu saja ada banyak cara mengasah kreativitasmu, tapi semua cara tersebut tidak akan berfungsi jika tidak ada kemauan dan tekad untuk memulai. Karena itu, yuk mulai lakukan 5 cara di atas agar jadi orang yang lebih kreatif! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS