574
  2016-08-15       www.wholeparent.com

Mengenal&Membimbing Anak Gifted

anak istimewa dibidang yang berbeda.

Deane Lene 88 views

Asaalamualaikum moeslemates…

Kalian pasti merasa takjub ketika melihat seorang anak kecil yang sudah mampu menguasai banyak hal. Kalian pasti beranggapan bahwa pola asuh dan asupan nutrisi yang baik adalah faktor utamannya. Selain itu stimulus yang diberikan juga maksimal adalah faktor yang sering kali terlintas di benak kalian. Memang semua hal tersebut benar menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak secara maksimal. Namun ada hal lain yang sangat mendasar yang hanya dimiliki oleh beberapa anak saja.

Biasanya anak ini sering disebut-sebut sebagai anak gifted. Mereka memiliki kemampuan lebih dibandigkan anak-anak seusianya. Kelebihan itu melingkupi beberapa area seperti bidang akademis, seni, atau olahraga. Mereka juga memiliki kelebihan pada kemampuan berbahasa, kecerdasan sosial serta itelegensi (kecerdasan mereka di atas rata-rata anak seusianya). Biasanya mereka memiliki ciri sebagai berikut:

1. Diusia dini, Anak sudah mampu berbicara lancar

Source: www.kidspot.com

Jika anak mampu menggunakan kosakata dan sebuah kalimat lengkap di usia dini, ini adalah salah satu ciri dari anak gifted. Sebagai contoh jika anak usia dua tahun pada umumnya hanya mampu membuat kalimat "aku takut" maka anak gifted akan melengkapi kalimat tersebut menjadi kalimat yang utuh seperti "aku takut berada di kamar sendirian karena disana gelap."

2. Senang dengan sejarah dan ensiklopedia

Source: thewindsorcaper.com

Baginya membaca buku seperti sejarah, ensiklopedia dan buku lain yang berkaitan dengan penjelajahan adalah suatu hal yang digemarinya Mengapa? Karena dengan kemampuan imajinasi yang sangat baik membuat mereka akan menjelajahi dunia yang di maksud dalam buku tersebut. Mereka seakan-akan merasakan kejadian tersebut dengan jelas. Hal tersebut yang membuat mereka sangat senang untuk terus melakukannya. Fasilitasilah keinginan mereka dengan buku-buku tersebut. Jika memiliki waktu luang, bisa ajak mereka ke toko buku dan atau ke perpustakaan. Biarkan mereka memilih sendiri buku apa yang sedang mereka inginkan.

3. Sangat detail dengan suatu hal

Source: www.huffingtonpost.com

Mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam menyerap informasi dan mengingatnya dengan baik. Jika suatu saat nanti mereka ditanya mengenai informasi tersebut, ia bisa menjelaskannya sedetail mungkin.

4. Sangat suka belajar dan mudah memahami materi yang diberikan

Source: asianetindia.com

Mereka yang memiliki kecerdasan tinggi mempunyai kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, peduli terhadap hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara dalam dan memikirkan pemecahannya.

5. Anak meiliki fokus dan ingatan yang baik dan cenderung perfeksionis.

Source: expertbeacon.com

Jika anak suka berkonsentrasi atau tertarik terhadap sesuatu dengan periode yang lama, maka anak tersebut bisa dikatakan sebagai anak berbakat.

Beberapa balita yang berbakat mampu mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka kecil.

Apa yang harus dilakukan setelahnya?

Jika melihat karakteristik tersebut pada anak-anak disekitar kalian, sebaiknya ajak mereka unutk berkonsultasi dengan ahlinya, seperti psikolog atau ahli pendidikan. Mereka akan melakukan tes yang bisa menilai kemampuan anak dalam memecahkan masalah, Bahasa, matematika, serta kemampuan non-verbal dan spasial. Pendapingan dari ahli diharapkan bisa membatu anda menemukan cara untuk mangasuh, merawat, dan mendidik, anak jenius.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS