5738
  2018-03-06       www.sihatitunikmat.com

Dosa-dosa yang Sulit Dihapus

Moeslemates, tahukah Kamu ada dosa yang tidak bisa dihapus sampai kita berhenti bernafas? Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini!

Official Moeslema Team 1,552 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sebagai manusia, kita tak pernah lepas dari khilaf dan dosa. Lalu bagaimanakah kita bisa terlepas dari dosa jika pada dasarnya manusia tidak bisa terlepas dari hal tersebut? Untuk menutupi dosa-dosa tersebut banyak hadits yang menyebutkan bisa dihapuskan dengan mengerjakan amalan shaleh seperti shalat, shaum, berdzikir dan masih banyak yang lainnya.

Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.(QS. Hud: 114)

Namun tahu gak sih Moeslemates ada dosa yang tidak bisa dihapuskan meski kita telah mengamalkan amalan shaleh atau berdzikir dan berjihad di jalan Allah? Ingin tahu apa sajakah dosa-dosa tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

Mendzalimi Hak-hak Orang Lain

Salah satu dosa yang tidak bisa dihapuskan adalah mendzalimi hak-hak orang lain seperti, mengambil hak orang lain, mengghibah, menggunjing, memukul bahkan membunuh orang lain. Semua hal tersebut tidak dapat dihapuskan dosanya dengan pahala shalat, pahala puasa, pahala zakat, karena sesama manusia memiliki hak-hak yang kelak di akhirat akan saling meminta satu sama lainnya. Yang bisa kita lakukan adalah meminta keridhoan dan maaf atas setiap kedzaliman yang pernah kita lakukan terhadap orang lain, sebelum nanti kelak di akhirat hal-hal tersebut menjadi dosa yang tidak bisa kita hapus, kecuali membayarnya dengan pahala atau menanggung dosa orang yang pernah kita dzalimi.

“Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR. Muslim no. 1886)

Melakukan Dosa Besar

Antara shalat yang lima waktu, antara jum’at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar. (HR. Muslim no. 233)

Moeslemates, dosa berikutnya yang tidak bisa dihapus adalah melakukan dosa besar. Sebagaimana hadits tersebut di atas, bahwasanya Allah SWT akan menghapus dosa-dosa yang dilakukan diantara satu shalat wajib dengan shalat lainnya, antara satu ramadhan dengan ramadhan yang lain, kecuali melakukan dosa besar. Apa sajakah dosa besar tersebut? Yakni menyekutukan Allah SWT, berbuat zina, durhaka kepada kedua orangtua, memakan harta anak yatim, membunuh dan lain sebagainya. Dosa-dosa tersebut tidak akan dihapuskan kecuali dengan taubat nasuha. Apa itu taubat nasuha? Taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh biasanya diiringi dengan tidak mengulangi dosa-dosa tersebut dan menghindari dosa-dosa kecil. Dan hanya Allah lah yang tau apakah taubatnya diterima atau tidak.

A post shared by Muslim.Or.Id (@muslimorid) on


Nah itulah diantara dosa-dosa yang tidak bisa dihapus dengan ibadah sehari-hari, namun hanya bisa dihapuskan jika bertaubat dengan taubat nasuha (sungguh-sungguh) dan meminta keridhoaan atas setiap kedzaliman yang kita lakukan terhadap orang lain. Naudzubillah, semoga kita senantiasa terhindar dari dosa-dosa tersebut Moeslemates! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS