5730
  2018-03-02       id.pinterest.com

7 Tokoh Women Empowerment yang Menginspirasi

Berikut adalah 7 tokoh Women Empowerment yang menginspirasi. Siapa sajakah mereka? Simak ulasan berikut ini!

Official Moeslema Team 445 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menjelang International Woman's Day atau hari perempuan internasional yang diperingati setiap tanggal 8 maret, Moeslema akan memberikan beberapa tokoh inspiratif perempuan yang dengan semangat dan keberaniannya, mereka mampu menghasilkan karya-karya luar biasa yang kini dapat diterima masyarakat luas. International Woman's day sendiri merupakan hari global yang merayakan prestasi sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Hari itu juga menandai ajakan untuk memperjuangkan hak asasi manusia, yang dalam hal ini adalah bertindak untuk memperjuangkan kesetaraan untuk perempuan. Moeslemates, berikut ini adalah 7 tokoh empowering woman yang bisa menginspirasimu untuk tetap berkarya! Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Winnie Harlow

Wanita keturunan Jamaika ini lahir pada 27 Juli 1994. Saat lahir hingga sekitar umur 3 tahun ia tampak normal, namun ketika menginjak usia 4 tahun vitiligo menyerangnya. Vitiligo adalah sebuah kelainan pigmen kulit, dimana sebagian kulit kehilangan pigmen disebabkan ketidakmampuan pigmen dalam membuat warna kulit. Akibat dari penyakitnya tersebut, sejak kecil Winnie sering mendapatkan perlakuan diskriminatif. Meskipun demikian, sejak kecil Winnie bercita-cita menjadi seorang model. Namun tentu saja cita-citanya tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah. Winnie pun harus tabah menerima penolakan demi penolakan dari para agensi model, hanya karena kulitnya yang berbeda dengan model pada umumnya yang cantik dan berkulit putih. Melalui sebuah ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, America’s Next Top Model (ANTM), Winnie akhirnya lebih dikenal oleh banyak orang dan mulai menuai banyak prestasi yang diakui oleh masayarakat luas.

Bila suatu kali kulit saya menghitam semua, saya tetaplah seorang model. Sama dengan bila kulit saya putih, saya tetap seorang model. Saya tidak tergantung pada kulit saya. Saya hanya seorang model dengan kondisi kulit yang khusus. Banyak yang bilang saya kena kudis, kusta, apapun. Tidak ada satupun yang benar. Kini semua dunia menatap saya, pilihan saya adalah membiarkan para haters mempengaruhi saya atau saya tetap mencari uang. Dan saya lebih memilih berdiri sembari menghitung jumlah tabungan saya. (Winnie Harlow)

2. Halima Aden

Halima Aden adalah wanita kelahiran Kenya 19 September 1997 yang menjadi hijabers pertama yang mengikuti kontes kecantikan di Amerika Serikat. Sebagaimana yang mungkin telah kita ketahui, dulu menjadi perempuan yang berhijab di negara yang minoritas Islam seperti USA, kerap dituding sebagai teroris dan bahkan mendapatkan diskriminasi. Seiring berjalannya waktu, anggapan tersebut perlahan namun pasti kian memudar berkat prestasi-prestasi yang datang lewat perempuan berhijab yang berbakat, salah satunya adalah Halima Aden. Melalui ajang Miss Minnesota USA, Halima Aden ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kontes ini tidak hanya berbicara tentang kecantikan tapi juga rasa percaya diri.

Apa yang aku lakukan hanya untuk memberikan perspektif berbeda. Ini adalah aksi kecil tapi aku merasa bisa mempunyai gelar Miss Minnesota USA walaupun Anda seorang Somalia-Amerika, wanita muslim, dan aku pikir ini akan membuka mata masyarakat. (Halima Aden)

3. Malala Yousafzai

Malala Yousafzai adalah seorang perempuan kelahiran Pakistan 12 Juli 1997 yang mendapatkan nobel perdamaian berkat perjuangannya mendapatkan kesetaraan pendidikan di negara asalnya hingga mendapatkan tembakan peluru di kepala. Pada saat itu, dua anggota Taliban menghadang bus sekolah “Khushal” milik ayahnya, yang mengantarkan Malala bersama murid-murid perempuan lainnya pergi ke sekolah. Padahal Taliban di bawah pimpinan Maulana Fazlullah yang menguasai Lembah Swat melarang semua anak perempuan sekolah. Malala ditembak dua kali, pertama di kepala dekat dengan mata kiri dan kedua mengenai lehernya. Malala Yousafzai memberikan sebuah petisi yang telah ditanda tangani oleh empat juta orang untuk mendukung 57 juta anak-anak di seluruh dunia yang tidak bisa bersekolah kepada sekjen PBB agar pemimpin dunia mendanai guru-guru, buku dan sekolah selain mengakhiri perburuhan anak, pernikahan terlalu muda dan penyelundupan anak.

Mari kita angkat buku dan pena kita, mereka adalah senjata yang terkuat. (Malala Yousafzai)

4. Priyanka Chopra

Priyanka Chopra, sekilas dari namanya saja mungkin kita sudah tahu bahwa dia adalah wanita asal India. Meskipun India termasuk dalam negara termiskin, tapi hal ini tak membuat Priyanka Chopra bermuram diri dan mengurungkan niatnya untuk terus berkarya. Lahir 18 Juli 1982 di India, Priyanka Chopra awalnya adalah seorang model yang kemudian mendapatkan ketenaran setelah memenangkan gelar Miss World pada tahun 2000. Perlahan namun pasti Priyanka Chopra mulai membintangi berbagai film-film box office sekaligus menerima banyak penghargaan. Bahkan majalah Time menamai Priyanka Chopra sebagai salah satu dari "100 orang paling berpengaruh di dunia". Sebagai seorang artis asal India Priyanka Chopra juga aktif dalam kegiatan sosial bahkan memiliki The Priyanka Chopra Foundation for Health and Education.

5. Maudy Ayunda

Moeslemates, kali ini tidak hanya artis luar saja yang bisa menginspirasi kita dan menjadi tokoh empowering woman, Maudy Ayunda juga jadi salah satu perempuan yang bisa Kamu tiru. Sebagaimana yang telah kita ketahui, artis yang bernama lengkap Ayunda Faza Maudya ini adalah seorang penyanyi sekaligus pemain film yang berbakat. Tidak hanya pintar di bidang seni, Maudy juga pintar di bidang pendidikan, ia berhasil diterima di beberapa universitas ternama dunia, seperti Columbia University, Brown University, NYU, dan Oxford University. Pintar memainkan musik seperti gitar dan piano, pintar berbahasa asing dan pernah menjadi panelis Regional Meeting and Stakeholder Consultation on the Post-2015 Development Agenda di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Maudy Ayunda tampil sebagai pembicara termuda yang membahas mengenai masalah kemiskinan dan pengurangan pengangguran di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pimpinan dunia lainnya.

6. Sri Mulyani

Sri Mulyani juga jadi salah satu tokoh empowering woman. Dia adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets. Dan saat ini menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia. Berkat kepintarannya, Sri Mulyani menerima tawaran sekolah dari University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat sekaligus juga program S3 atau Ph.D untuk Sri Mulyani serta ia bisa memboyong keluarganya untuk tinggal di Amerika. Meskipun kehidupannya di Amerika serba pas-pas-an, namun pada akhirnya ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan mendapatkan gelas master dan doktor dalam waktu 4 tahun saja. Nama Sri Mulyani bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi ia juga terkenal di dunia Internasional. Majalah Forbes memilihnya sebagai wanita paling berpengaruh di dunia urutan ke 23 tahun 2008 dan sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia ke 2 oleh majalah Globe Asia tahun 2007.

Bagi saya definisi kemenangan dan keberhasilan itu ada tiga : Selama saya tidak menghianati kebenaran. Selama saya tidak mengingkari hati nurani. Dan selama saya bisa menjaga harga diri dan martabat saya. (Sri Mulyani Indrawati)

7. Nurhayati Subakat

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS