5691
  2018-02-16       luckslane.bandcamp.com

Waktu-waktu Mustajab untuk Berdo'a

Kamu tentu memiliki banyak permintaan yang selalu dipanjatkan dalam do'a, Karena itu agar do'a terkabul Kamu harus tahu waktu-waktu mustajab untuk berdo'a!

Official Moeslema Team 464 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, salah satu cara mewujudkannya setelah berikhtiar adalah berdo'a. Do'a adalah senjatanya seorang muslim, kita tak hanya meminta apa yang dibutuhkan tapi juga apa yang diinginkan. Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur'an, bahwasanya jika Kamu berdo'a kepadaku maka akan aku kabulkan. Karena itu Moeslemates, sangat wajar jika kita terus berdo'a kepada Allah SWT. Namun pada kenyataanya kadang kita merasa do'a kita tidak terkabul atau tidak terdengar, padahal Allah SWT bisa saja menjawab do'a kita dengan 3 cara. Pertama, akan dikabulkan. Kedua, nanti akan dikabulkan pada saat yang tepat. Ketiga, Allah SWT akan menggantinya dengan yang lebih baik. Namun sambil menunggu jawaban do'a-do'a kita, alangkah lebih baik jika kita berdo'a di waktu yang mustajab (Waktu terbaik untuk berdo'a dimana Allah pasti akan mengabulkannya). Berikut ini adalah waktu-waktu mustajab untuk berdo'a!

Berdo'a di Sepertiga Malam

Waktu mustajab untuk berdo'a adalah di sepertiga malam. Waktu terbaik untuk memanjatkan semua keluh kesah kita memang selalu saat malam, dimana hati mungkin jadi lebih tenang, atau bahkan penuh dengan pengharapan. Tentu berdo'a di sepertiga malam bukan serta merta hanya memanjatkan do'a begitu saja, melainkan alangkah lebih baik jika diiringi dengan shalat malam atau yang kita kenal shalat tahajud. Saat shalat tahajud nanti, manfaatkanlah waktumu untuk meminta sebanyak-banyaknya dan sekhusyu-khusyunya karena janji Allah dalam hadits di atas adalah Allah akan memberikan apa yang Kamu minta.

Berdo'a Diantara Adzan & Iqomah

Moeslemates, selanjutnya adalah berdo'a diantara adzan dan iqamah. Karena itu Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya do'a itu tidak akan ditolak jika dipanjatkan antara adzan dan iqomah, maka dari itu setelah mendengar adzan biasakan untuk selalu berdo'a. Pada realisasinya mungkin do'a tersebut akan terkabul jika Kamu shalat tepat waktu dan berjamaah. Karena berdo'a diantara adzan dan iqamah mungkin adalah waktu yang sempit, dan biasanya orang memanfaatkan waktu tersebut untuk shalat sunnah. Maka berdo'alah sebanyak-banyaknya pada saat itu. Janji Allah SWT adalah do'a tersebut tak akan tertolak, insya Allah.

Berdo'a di Sujud Terakhir

Ketiga, waktu mustajab untuk berdo'a adalah ketika sujud. Moeslemates, sepanjang hari kita melaksanakan shalat 5 waktu, maka saat sujud terakhirmu dalam shalat adalah waktu yang tepat untuk berdo'a. Banyak orang yang lebih memilih berdo'a setelah selesai shalat, tentu ini bukanlah hal yang salah namun jika Kamu ingin waktu yang lebih tepat untuk berdo'a, waktu yang Allah akan kabulkan do'a-do'a kita adalah berdo'a saat sujud terakhir dalam shalat. Mintalah kepada Allah apapun yang Kamu resahkan dalam hidup, minta kepada Allah apapun yang Kamu mau, tentu Allah akan kabulkan apa yang terbaik untukmu. Maka jangan segan-segan untuk memperpanjang sujud terakhirmu!

Berdo'a Pada Hari Jum'at

A post shared by Yufid.TV [Official] (@yufid.tv) on

Waktu mustajab terakhir adalah berdo'a pada hari jum'at. Moeslemates, sebagaimana yang telah kita ketahui hari jum'at adalah hari besar bagi muslim. Banyak keutamaan-keutamaan yang bisa kita raih saat hari jum'at. Salah satunya adalah perbanyaklah berdo'a pada hari jum'at. Kapan waktu terbaik di hari jum'at? Yakni setelah ashar. Sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan, sesungguhnya pada hari jum'at itu ada waktu yang mustajab yang Allah akan kabulkan do'a kita, dan waktunya itu setelah shalat ashar. Maka setidaknya luangkan sehari dalam seminggu waktu kita untuk berdo'a sebaik-baiknya dan sekhusyu-khusyunya pada hari itu.


Nah itulah waktu-waktu mustajab untuk berdo'a yang perlu kita perhatikan agar do'a-do'a kita senantiasa terkabul, selain itu tentu saja kita perlu ikhtiar dan memperbanyak ibadah kepada kepada Allah SWT. Jauhi dosa-dosa besar dan makanan-makanan yang diharamkan karena sesungguhnya hal itulah yang menghalangi terkabulnya do'a kita. Selamat berdo'a. semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS