5681
  2018-02-12    

Mendukung Petani Lokal di Acara Muslimah Camp Fruit O'clock Bersama Wardah dan Dompet Dhuafa

Lewat acara Muslimah Camp Fruit O'clock Bersama Wardah dan Dompet Dhuafa para generasi muda mendukung petani lokal untuk berdaya.

Official Moeslema Team 31 views

10-11 Februari 2018 lalu belasan peserta yang terdiri dari member Hijabers Community dan media berkunjung ke lahan Indonesia Berdaya yang terletak di Subang dengan lahan pertanian seluas 10 hektar tepatnya di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Jawa Barat untuk mengikuti Muslimah Camp dengan tema fruit o'clock bersama Wardah dan Dompet Dhuafa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan masyarakat untuk dapat berinteraksi dengan pelaksana dan penerima manfaat program-program pendayagunaan zakat, infak atau sedekah dan wakaf yang diamanahkan melalui Dompet Dhuafa, diharapkan kedepannya terjalin hubungan yang lebih dekat antara donatur, lembaga dan penerima manfaatnya

Dalam acara yang didukung oleh Vanilla Hijab dan Halal Traveling ini, selama dua hari para muslimah mengikuti serangkaian acara di kebun buah naga dan nanas ini. Setelah menempuh perjalanan selama 3 jam seluruh peserta disambut dengan minuman jus segar dari hasil panen buah naga dan nanas dari kebun Indonesia Berdaya. Kebun ini merupakan hasil dari zakat yang dikembangkan oleh petani setempat dengan bantuan pembinaan oleh Dompet Dhuafa. Kegiatan ini juga diawali oleh sambutan dari Bapak Tendy dari Dompet Dhuafa yang menjelaskan Konsep pertanian yang dikembangkan di perkebunan Indonesia Berdaya ini menerapkan model integrated farming (pertanian dan peternakan) dan pola pertanian dalam satu siklus biologi (integrated bio-cycle farming).

Selain itu pada kegiatan ini, Dompet Dhuafa mengajak peserta Muslimah Camp mengunjungi program pemberdayaan Dompet Dhuafa secara langsung sekaligus memetik buah naga bersama-sama. Selebgram Mega Iskanti juga ikut serta memanen buah naga dan menjadi bagian gerakan kebaikan dengan mengunjungi kebun buah Indonesia Berdaya.

Setelah memanen buah naga, semua peserta diajak untuk belajar bagaimana cara pengolahan buah yang lezat untuk dikonsumsi dalam bentuk smoothie oleh Lisa Namuri, Publik figur yang saat ini juga menjadi praktisi kesehatan. Lisa Namuri mempraktikkan cara mengolah buah naga dan nanas menjadi minuman yang enak dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Seluruh peserta nampak antusias melihat demo dari Lisa.

Keseruan berkunjung ke kebun indonesia berdaya bersama dompet dhuafa, belum berhenti sampai disitu, Pada malam harinya setelah menikmati santap makan malam, semua hijabers mengikuti sharing session bersama Wardah dan Lisa Namuri tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bagi yang baik. Setelah itu pada acara sharing session Muslimah Camp di Kawasan Kebun Indonesia Berdaya ini juga mengajak para petani buah untuk berbagi cerita dengan para hijabers mengenai program pemberdayaan yang mereka ikuti.

Pada hari kedua, seluruh peserta diajak berolahraga yoga bersama Lisa Namuri. Para Hijabers mengikutinya dengan sangat antusias. Sangat pas sekali berolahraga ditemani dengan sinar matahari pagi yang hangat sambil menghirup udara yang sangat bersih. Pengalaman luar biasa ini akan selalu membekas dihati para peserta.

Rangkaian acara ini diakhiri dengan kunjungan ke tempat pengolahan buah nanas. Disana para Hijabers bertemu secara langsung dengan ibu-ibu pengupas nanas. Ibu-ibu yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga ini bekerja paruh waktu setiap hari mengupas nanas dengan upah 3000 per kilonya. Penghasilan yang mereka terima Alhamdulillah dapat membantu mencukupi perekonomian keluarga mereka.

Di kesempatan kali ini juga Moeslema memberikan donasi hijab yang merupakan bagian dari program Satu Juta Hijab amanah dari para Moeslemates di seluruh Indonesia. Para Ibu pengupas Nanas terlihat bahagia mendapatkan buah tangan berupa hijab yang bisa mereka gunakan sehari-hari. Alhamdulillah,semoga bermanfaat ya Bu.


Setelah melihat langsung program pemberdayaan Dompet Dhuafa selama dua hari satu malam, diharapkan para peseta Muslimah Camp dapat memberikan masukan positif untuk pengembangan program pemberdayaan ini. Dan tentunya juga memberikan pengalaman berharga sekaligus mengingatkan bahwa sesama manusia kita harus saling tolong menolong dalam hal kebaikan.

Terima kasih kepada seluruh peserta Muslimah Camp kali ini, semoga bisa bertemu lagi pada acara Muslimah Camp selanjutnya :)

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS