5673
  2018-02-08       www.geourdu.com

Cara Agar Mudah Memaafkan Orang Lain & Keutamaannya

Sakit hati? Bahkan hingga merasa tak menentu? Mungkin Kamu belum ikhlas memaafkan orang lain! Mending Kamu simak caranya di sini!

Official Moeslema Team 386 views

Assalamu'aaikum Moeslemates,

“Barangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangunan di Surga, hendaknya ia memaafkan orang yang mendzaliminya, memberi orang yang bakhil padanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskannya.” (HR. Thabrani)

Mungkin Kamu sering mendengar istilah "Manusia adalah tempatnya salah dan dosa", bagi sebagian orang mungkin ungkapan ini sedikit klise. Namun bila kita telaah lebih jauh, seringkali kita membuat salah dan dosa terhadap orang lain, begitu pula sebaliknya. Jika kita berbuat salah terhadap orang lain biasanya ada yang bersikap acuh tak acuh, ada yang mencoba segala cara untuk minta maaf, ada pula yang menganggapnya angin lalu dan berusaha biasa saja. Menurut Kamu, mana yang lebih sulit, meminta maaf atau memafkan?

Yang paling berat adalah memaafkan kesalahan orang lain, karena dalam sebuah hadits dikatakan, orang yang kuat bukanlah mereka yang pandai bergulat, tapi dia yang mampu menahan hawa nafsunya ketika marah. Oleh karena itu Allah SWT menjanjikan balasan bagi orang ia yang memaafkan orang yang mendzaliminya dengan sebuah bangunan di Surga (insya Allah). Meskipun sebenarnya orang yang didzalimi berhak membalasnya dengan kejahatan yang serupa, namun ia memilih memaafkan orang tersebut sebagaimana firman Allah SWT berikut ini!

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim. [QS. Asy-Syura: 40]

Cara Menjadi Pemaaf

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. [QS. Ali-Imran: 134]

Lalu munculah pertanyaan, bagaimana cara agar mudah memaafkan orang lain? Atau menjadi orang yang pemaaf? Cara yang pertama adalah mengingat kebaikannya. Moeslemates, percaya deh ketika kita sedang marah, jangankan ingat akan kebaikannya, bahkan ingatan yang muncul mungkin semua kesalahan-kesalahannya atau bahkan mengingatnya saja terasa memuakkan. Kamu hanya perlu meredakan amarahmu dengan berdiam diri, duduk, dan minum segelas air putih lalu pikirkan lagi, apa tidak ada satupun kebaikannya yang bisa membuat kita memaafkannya? Jadikanlah hal kecil itu sesuatu yang bisa Kamu ambil untuk memaafkannya dan merubahmu menjadi orang yang pemaaf.

A post shared by Pemuda Hijrah (@pemudahijrah) on

Cara agar mudah memaafkan orang lain yang kedua adalah dengan mengingat bahwa kita adalah manusia yang pasti jadi tempat salah dan khilaf. Jika hari ini kita sulit memaafkan orang lain, maka suatu hari nanti akan ada orang lain yang sulit memaafkan kita. Moeslemates, memaafkan orang itu memang sesuatu yang sulit, terutama jika ia telah menghancurkan hatimu hingga berkeping-keping. Namun bukankah untuk menjadi orang yang kuat itu bukanlah sesuatu yang mudah?!

Kutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Kelak pada hari kiamat, ada pemanggil yang menyeru, “Dimanakah orang-orang yang memaafkan orang lain? Kemarilah kepada Rabb kalian dan ambillah pahala kalian!” Dan wajib bagi setiap muslim bila suka memaafkan maka Allah masukkan dia ke dalam Surganya.

Moeslemates, ada beberapa keutamaan bagi orang pemaaf atau mampu memaafkan orang lain, diantaranya adalah jaminan surga yang menjadi impian setiap muslim. Kata Allah bersabar dan memaafkan orang lain "khair" lebih baik daripada membalasnya.

A post shared by Pemuda Hijrah (@pemudahijrah) on

Selain itu keutamaan memaafkan orang lain adalah mendapat ketentraman jiwa. Saat Kamu merasa marah pada orang lain yang menyakiti hatimu, maka secara otomatis Kamu akan terus ingat dan merasa sakit, hal itulah yang akan mengganggu ketentraman jiwamu, padahal orang yang menyakitimu belum tentu memikirkanmu. Memaafkan orang lain bukan tentang ia pantas atau tidak mendapatkannya, tapi hatimu lebih pantas untuk merasa tentram dan bahagia.

Do'a Agar Menjadi Orang Yang Pemaaf

Bagi Kamu yang masih merasa sulit untuk memaafkan oranglain, Kamu bisa mencoba do'a berikut ini! Do'a yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam firmanNya dan dicontohkan oleh Rasulullah. Sesungguhnya Allah adalah yang membolak balikan hati kita, maka mintalah padaNya untuk mencondongkan hati kita kepada kebenaran. Minta Allah meneguhkan hati kita di atas agamaNya.


Itulah beberapa penjelasan tentang cara agar mudah memafkan orang lain, keutamaannya dan do'a agar senantiasa dicondongkan hatinya pada kebaikan. Semoga kita senantiasa jadi orang-orang yang sabar dan pemaaf! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS