5658
  2018-02-02       news.bbmessaging.com

5 Hal Yang Jarang Diperhatikan Ketika Akan Atau Sedang Melaksanakan Shalat

5 hal berikut ini mungkin sering Kamu abaikan atau lupakan ketika mau atau sedang melaksanakan shalat. Yuk simak selengkapnya di sini!

Official Moeslema Team 1,112 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [QS. Al-Ankabut: 45]

Sering dengar istilah "Perbaiki shalatmu maka Allah akan memperbaiki hidupmu"? Moeslemates, jelas dalam firman Allah SWT sekaligus janjinya kepada hamba-hambaNya yang beriman, jika ia mendirikan shalat, maka shalatnyalah yang akan mencegah ia dari perbuatan munkar yakni hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, dan mencegah kita berbuat sesuatu yang keji dimata Allah maupun manusia. Pernah gak sih Kamu merasa ada yang tidak beres dengan hidupmu? Seperti ada yang salah dengan pola hidup yang dijalani, pekerjaan yang akan atau sedang dijalani dan masalah-masalah lainnya? Mungkin salah satu penyebabnya adalah shalatmu yang belum baik. Mending Kamu simak 5 hal yang sering luput dalam shalat kita! Selengkapnya di sini!

1. Menyempurnakan Wudhu

Moeslemates, hal penting namun sering terabaikan ketika hendak melaksanakan shalat adalah berwudhu. Sudah sempurnakah wudhumu? Wudhu merupakan salah satu hal penting yang perlu Kamu perhatikan ketika melaksanakan shalat, karena sah tidaknya shalat juga dipengaruhi dari sah tidaknya wudhu. Dalam sebuah hadits dikatakan, Rasulullah pernah menyuruh salah seorang sahabat untuk kembali berwudhu dan mengulang shalatnya karena ada bagian anggota wudhu yang tidak terkena air. Karena itu Moeslemates, yuk mulai perhatikan wudhumu jangan sampai tidak terkena air!

Maukah kalian aku tunjukkan kepada suatu amal yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan meninggikan derajat?” Para sahabat menjawab,”Ya, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda,”(Yaitu) menyempurnakan wudhu dalam kondisi sulit, banyaknya langkah menuju masjid, menunggu shalat setelah mendirikan shalat. Itulah kebaikan (yang banyak). [HR. Muslim no. 251]

2. Menyucikan Diri dari Hadas & Najis

Pastikan baju atau mukena yang akan Kamu pakai untuk shalat tidak kotor, atau terdapat hadas dan najis di dalamnya. Sudah tahu apa itu hadas dan najis? Hadas adalah sesuatu yang menghalangi Kamu untuk shalat dan thawaf seperti sedang haid, kencing, kentut, buang air besar, air mani dan melakukan hubungan suami istri. Sedangkan najis adalah hal-hal kotor seperti darah, nanah, anjing, babi dan hal-hal lainnya yang bisa membatalkan shalatmu atau membuat shalat menjadi tidak sah. Untuk mensucikan diri dari hal-hal tersebut bisa dibersihkan dengan berwudhu atau mandi besar.

3. Waktu Shalat

Perhatikan waktu shalatmu! Hal ini adalah sesuatu yang sepele namun sering terabaikan oleh banyak orang. Moeslemates, sudahkah shalatmu tepat waktu? Kenapa sih kita harus shalat tepat waktu? Sesungguhnya Allah SWT membagi jadwal shalat bukan tanpa alasan, tidak ada sesuatu dimuka bumi ini yang Dia ciptakan atau Dia buat tanpa alasan dan manfaat. Hal ini juga berlaku dengan penetapan waktu shalat. Bahkan dalam Al-Qur'an perkara waktu adalah sesuatu yang penting hingga disebutkan dalam satu surat yakni "Al-Asr". Yuk mulai tertib dalam melaksanakan shalat!

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat (4) (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya (5). [QS. Al-Ma'un]

4. Menyempurnakan Bacaan Shalat

Sempurnakan bacaan shalatmu! Artinya bacaan ketika shalat yang kita bacakan dalam bahasa Arab jangan sampai hanyalah sebatas bacaan semata, tapi perlu kita pahami. Karena dalam setiap gerakan shalat terdapat bacaan-bacaan yang menjadi bentuk penghambaan kita terhadap Allah SWT. Bagaimana Allah SWT akan memperbaiki hidup kita jika ritual ibadah yang kita baca setiap hari tidak kita mengerti? Bagaimana Allah SWT akan memperbaiki hidup kita jika do'a-do'a yang kita panjatkan siang dan malam tidak kita minta dengan sungguh-sungguh? Yuk mulai melakukan shalat dengan lebih khusyuk dengan memahami setiap kata yang terucap dalam shalat kita!

5. Melakukan Gerakan Shalat dengan Baik

Banyak orang yang shalat dengan tidak "tuma'ninah", apa sih tuma'ninah? Singkatnya, tuma'ninah adalah melakukan gerakan shalat dengan baik dan sempurna. Seperti ketika kita ruku', maka posisi tubuh kita harus sampai benar-benar ruku' dalam jeda waktu sekian detik sesuai dengan bacaan ruku'. Karena mungkin kita juga pernah terburu-buru ketika melaksanakan shalat, hingga gerakan yang dilakukan saat shalat hanya asal saja. Tuma'ninah dalam shalat juga sebagai sarana mencapai tingkat kesempurnaan shalat, sebagai pengingat bahwa kita sedang berhadapan dengan Sang Maha Pencipta.


Nah itulah 5 hal yang jarang diperhatikan ketika mau atau sedang melaksanakan shalat. Semoga dengan membaca ulasan tersebut di atas, kita jadi termotivasi untuk memperbaiki shalat kita. Karena shalat adalah tiangnya agama, maka dari itu kita perlu mengerjakan shalat dengan khusyuk dan sempurna. Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS