5642
  2018-01-30       www.youtube.com

Berapa Lama Kamu Bisa Menyimpan 10 Kosmetik ini Sampai Mengalami Masa Kedaluwarsa?

Seperti makanan, kosmetik juga bisa kadaluwarsa. Lalu, sampai kapan kosmetik favoritmu boleh disimpan dan kamu pakai? Yuk simak pembahasannya di sini!

Official Moeslema Team 547 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Kosmetik merupakan produk yang lazim dimiliki oleh wanita untuk tetap tampil cantik. Menggunakan kosmetik atau peralatan kecantikan lainnya nggak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari cara penggunaan, perawatan, dan tanggal kadaluarsa. Masalah kadaluarsa adalah hal yang paling sering terlupakan.

Mungkin beberapa dari kita mungkin tidak tahu persis kapan kita harus membuang make up kita, menggantinya dengan yang baru. Jangan sampai karena itu kamu malah merusak kulit wajahmu. Salah-salah bukannya wajah jadi cantik, tapi masalah kulit maupun kesehatan yang dapat mengganggu penampilan seperti iritasi, breakout jerawat, alergi, bahkan kulit yang melepuh.

Hal ini karena kandungan pada makeup yang kadaluarsa sudah menjadi beracun dan sudah terkontaminasi oleh banyak bakteri. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kamu ketahui berapa lama kosmetik milikmu bisa dipakai.Umumnya di setiap produk makeup sudah tertera masa produksi dan expired-nya. Kali ini kita akan membahas berapa lama sebaiknya peralatan makeup kamu digunakan dari waktu pertama kali dibuka.

Sponge dan Brush Make Up

Brush biasanya bertahan hingga 18 bulan, jika warnanya memudar dan menggunakannya sudah tidak nyaman, maka segera ganti brush kamu dengan yang baru. Atau bila kamu menggunakannya rutin setiap hari gantilah alat ini dengan teratur seperti 2-3 bulan sekali. Banyak yang tidak menyadari bahwa sponge lebih mudah kotor sehingga menjadi tempat bertumbuhnya bakteri paling cepat dikarenakan penggunaannya yang setiap hari untuk riasan wajah ataupun mata.

Kalau jarang dibersihkan warna sponge berubah menjadi coklat tua atau bahkan menghitam. Rawat sponge agar bisa lebih lama dipakai, kamu hanya perlu mencucinya dengan sabun mandi yang ringan seminggu sekali jika digunakan sehari-hari baik untuk foundation, bedak, eyeshadow atau blush on. Selalu simpan brush di tempat yang tertutup agar tidak mudah dijangkau debu.

Lotion

Lotion kulit badan yang kamu gunakan sehari-hari juga bisa kadaluarsa. Lotion badan atau hand and body lotion memang mempunyai masa kadaluarsa yang lama, yaitu 2 tahun. Tetapi hal ini juga tergantung dari cara penyimpanan dan kemasannya. Kemasan dalam mangkuk layaknya body butter lebih mudah terkontaminasi bakteri daripada lotion dengan kemasan dalam botol.

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan adalah saat kamu membelinya, terutama toko kecil atau minimarket yang stok barangnya mungkin sudah tersimpan cukup lama. So, pastikan cek bau dan warnanya sebelum kamu membelinya, jika baunya menyengat dan warnanya tak begitu normal lebih baik kamu beli di tempat lain saja ya.

Pelembab, Krim Wajah, Concealer & Foundation

Produk dengan bentuk krim memang tersedia dalam beberapa jenis seperti pelembab, krim wajah, concealer & foundation. Untuk foundation saja ada beberapa jenis yang juga berbeda ketahanannya. seperti moisturizer foundation yang berbahan dasar minyak akan bertahan sampai 18-24 bulan, Sedangkan untuk liquid yang berbahan dasar air dan oil free foundation atau concealer, ganti setiap 12-16 bulan.

Masa Pakai untuk produk krim lainnya maksimal bisanya adalah 2 tahun. Kenali juga tanda-tandanya seperti munculnya cairan yang menimbulkan bau, warnanya dan tekstur yang berubah sehingga layer-nya seperti terpisah dengan minyak diatasnya. Kalau sudah begitu sebaiknya segera buang foundation kamu agar tidak menimbulkan masalah kulit karena ini termasuk jenis kosmetik yang menempel langsung pada seluruh wajahmu. 

Powder

Kosmetik yang berbentuk powder memang memiliki jangka waktu yang lebih lama diantara semua kosmetik yaitu sekitar 2-3 tahun daripada kosmetik lainnya. Baik itu bedak padat, eyeshadow, blush on, hingga bronzer yang memiliki tekstur powder. Kosmetik ini memiliki masa pakai maksimal yang lebih panjang dikarenakan bentuknya yang dipadatkan dan memiliki wadah yang tertutup.

Produk kosmetik ini juga pada umumnya tidak akan habis dipakai dalam waktu singkat. Eiits, tapi bukan berarti kamu boleh menggunakannya lebih dari batas waktunya. Cek tanda-tanda yang mungkin muncul seperti bau, berubah warna, susah dibaurkan, terlihat menggumpal atau teksturnya jadi semakin kering dan terlihat kasat ditangan. jika iya, tandanya bedak tersebut sudah tidak layak digunakan lagi jangan sayang-sayang untuk dibuang karena kamu harus segera menggantinya dengan yang baru!

Parfum

Source: tipsnstyle.com

Banyak kaum wanita yang menyukai parfum sehingga mengoleksi berbagai merk parfum tanpa rajin memperhatikan kapan masa kadaluarsa nya. Meskipun parfum yang sudah kadaluarsa tidak berbahaya jika digunakan untuk kulit, tetapi jika sudah memiliki masa pakai setelah 3 tahun atau melebihi waktu tersebut, maka parfum akan mengalami perubahan aroma dan nggak fresh lagi saat digunakan. So jangan menimbun parfum tanpa menggunakannya ya Moeslemates.

Cat Kuku

Source: www.youtube.com

Bagi pecinta nail art atau suka mewarnai kukunya dengan warna yang imut pastinya memiliki banyak koleksi cat kuku dirumah. Tetapi sayangnya cat kuku biasanya memiliki masa pakai hanya sampai 1 tahun. Setelah 1 tahun, cat kuku akan menggumpal dan teksturnya akan menjadi tidak rapi jika diaplikasikan pada kuku serta mengeluarkan bau yang menyengat dan tidak sedap. Padahal biasanya cat kuku belum habis dipakai dalam waktu satu tahun. Jadi kamu harus pintar-pintar nih menggunakannya dan bijak untuk membelinya agar tidak mubazir ya.

Lipstick

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS