5598
  2018-01-09       www.instagram.com

5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Ingin rumah tangga yang langgeng dan harmonis? Yuk simak tips berikut ini!

Sariayu Martha Tilaar Official 1,011 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. [QS. Ar-Rum: 21]

Allah SWT menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, diantara kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan laki-laki dan perempuan untuk saling melengkapi satu sama lain. Begitu pula dalam berumah tangga, suami dan istri memiliki hak dan kewajiban masing-masing untuk menciptakan keluarga yang sakinah yakni saling memberikan ketentraman satu sama lain, mawaddah yakni saling mencintai dan berkasih sayang, terakhir warrahmah yakni keduanya diberikan rahmat dari Allah SWT. Namun tentu saja dalam berumah tangga tidak selalu berjalan mulus tanpa masalah, oleh karena itu baik suami maupun istri harus memiliki 5 hal ini dalam mewujudkan rumah tangga yang harmonis, ingin tahu apa saja?! Yuk simak 5 tips menjaga keharmonisan rumah tangga berikut ini!

1. Berkomunikasi Dengan Baik

Komunikasi memang jadi satu hal yang penting dalam kehidupan sosial, apalagi dalam berumah tangga. Banyak suami istri yang akhirnya bercerai karena tak mampu lagi berkomunikasi dengan baik. Maka tips pertama menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan komunikasi yang efektif. Kita tidak bisa bilang bahwa suami atau istri yang banyak bicara adalah komunikasi yang benar, karena komunikasi yang baik adalah dimana salah seorang diantara keduanya sadar kapan harus jadi pembicara yang baik dan kapan harus jadi pendengar yang baik. Apa yang kita tidak suka dari pasangan hidup kita dan apa yang kita suka haruslah dibicarakan dengan cara yang baik jika ingin hubungan diantara keduanya tetap langgeng.

2. Jujur & Percaya Satu Sama Lain

Setelah komunikasi berjalan secara efektif, maka tips yang kedua adalah jujur dan percaya satu sama lain. Kita sering mendengar membangun kepercayaan memang tidak mudah, namun menghancurkannya nyaris sangat mudah. Hal ini berlaku dalam hubungan suami dan istri, jika salah satu diantara keduanya saling mengkhianati kepercayaan masing-masing maka rusaknya sebuah rumah tangga sangat mudah terjadi. Oleh karena itu dalam berumah tangga biasakan untuk selalu jujur dan yang lainnya untuk senantiasa percaya pada pasangan masing-masing. Karena bukan tidak mungkin istilah "Pelakor" akan muncul dalam sebuah mahligai rumah tangga yang jika di dalamnya tidak ada kejujuran dan rasa saling percaya.

3. Saling Memahami & Menghormati

Tips untuk menjaga keharmonisan rumah tangga juga harus dibangun dari rasa saling memahami dan menghormati satu sama lain. Istri dan suami memiliki hak masing-masing yang harus selalu dihormati dan didukung. Karena itu setiap pasangan harus memberikan "me time" atau ruang terhadap pasangannya agar keduanya merasa dimengerti dan dihormati. Sebagai seorang istri pun kita harus senantiasa menghormati setiap keputusan yang telah dibuat oleh sang suami. Karena surga bagi seorang istri terletak pada ketaatannya terhadap suaminya.

4. Berusaha Menyenangkan Pasangan

Jika sebelum menikah kita selalu berusaha menyenangkan calon pasangan kita, maka hal ini harus terus berlaku hingga berumah tangga agar rumah tangga tetap awet dan harmonis. Siapa sih yang tidak suka dibahagiakan? Terutama oleh orang yang kita cintai. Karena itu hendaknya suami memberikan nafkah lahir dan batin kepada sang istri agar ia merasa terhormat dan selalu merasa menjadi istri yang sempurna. Hal ini juga berlaku untuk sang istri, agar rumah tangga senantiasa harmonis, istri harus selalu menturuti ajakan suaminya meskipun di tengah rasa lelah, dan senantiasa merawat diri agar suami jadi semakin sayang.

Moeslema punya satu solusinya, gunakan Tissue Rapat Dara dari Sariayu Martha Tilaar! Kandungan ekstrak manjakani di dalamnya dapat mencegah jamur dan bakteri dan menjaga kebersihan organ kewanitaan untuk keharmonisan rumah tangga. Tissue Rapat Dara Intimate Feminine Tissue ini diformulasikan khusus untuk daerah kewanitaan dengan kandungan sandalwood essential oil di dalamnya. Cara penggunaanya mudah dan gak ribet Moeslemates! Cukup usapkan dengan lembut ke daerah kewanitaan Kamu. Ingin mencobanya? Yuk cek di sini!

5. Membangun Rumah Tangga Atas Dasar Ibadah

Moeslemates, yang terakhir dan paling penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, jangan lupa untuk selalu melandaskan fondasi rumah tanggamu atas dasar ibadah kepada Allah SWT. Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula dengan suami dan istrimu, ia tidak sempurna, ia pasti akan berbuat salah, maka bagaimana hubungan itu dibangun atas dasar cinta kepada Allah SWT. Tidak sepatutnya kita terlalu berlebihan dalam mencintai seseorang melebihi kecintaan kita terhadap Allah SWT. Bagaimana hubungan suami dan istri dibangun atas dasar-dasar agama, dimana dalam Al-Qur'an dan hadits diatur tata cara berprilaku suami terhadap istri begitu pun sebaliknya. Selalu senantiasa memantaskan diri untuk pasangan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena sesungguhnya orang baik hanya untuk orang yang baik pula.


Nah Moeslemates, itulah 5 tips menjaga keharmonisan rumah tangga yang bisa Kamu aplikasikan dalam kehidupan nyata. 5 tips ini adalah hal yang mendasar yang semestinya harus selalu dimiliki setiap pasangan jika ingin rumah tangganya langgeng dan harmonis. Semoga kita senantiasa menjadi istri-istri yang shalehah dan ibu yang baik untuk anak-anak kita, dan senantiasa jadi keluarga yang sakinah mawaddah dan wa rahmah. Aamiinn~

Sariayu Martha Tilaar Official
Sariayu Martha Tilaar Official
Sariayu Martha Tilaar merupakan rangkaian produk perawata...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Sariayu Martha Tilaar Official
Sariayu Martha Tilaar Official
Sariayu Martha Tilaar merupakan rangkaian produk perawatan kecantikan holistik (lengkap...

no comments

Follow Moeslema on SNS