5574
  2018-01-11       www.shopify.com

10 Tips Cara Foto Produk Menggunakan Smartphone yang Menarik dan Mudah untuk Toko Online Kamu

Berikut ini 10 tips cara foto produk yang menarik untuk toko online dan pastinya mudah untuk kamu praktekkan pada produk kamu.

Official Moeslema Team 224 views

Sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan. Beberapa media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram menjadi tempat yang potensial bagi para penjual online untuk menawarkan barang pada pembeli dengan mudah. Nah biasanya dalam menjalankan toko online, foto Produk menjadi faktor yang sangat penting. Foto produk yang bagus itu wajib hukumnya untuk menarik pelanggan melihat-lihat dagangan sampai memutuskan membeli produk kita.

Namun masih ada pemilik toko online yang belum paham betul bagaimana cara mengambil foto produk yang baik dan menarik sehingga membayar photographer profesional atau menyewa kamera DSLR untuk mengambil foto produk. Tapi sebenarnya kamu nggak perlu pusing untuk menyiapkan budget khusus untuk foto atau bahkan membeli kamera, cobalah pertimbangkan untuk menggunakan smartphone.

Kalau kamera smartphone yang kamu miliki sekarang dilengkapi fitur canggih pengaturan auto focus dan menghasilkan kualitas foto dengan besaran megapixel maksimum bisa lho digunakan, asalkan teknik pengambilan fotonya benar dan tidak asal-asalan. Nah bagaimana sih cara mengambil foto produk yang menarik dengan kamera HP agar tampak berkelas dan tentunya bikin jualan online kamu laris? Berikut ini 10 tips cara foto produk yang menarik dan pastinya mudah untuk kamu praktekkan pada produk kamu.

Kenali Kamera Smartphone-mu

Kamera smartphone saat ini umumnya telah memiliki resolusi diatas 5 megapiksel, artinya sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik nih Moesleates. Agar gambarmu berkualitas tinggi, aturlah kamera smartphone-mu agar bekerja pada pengaturan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya. gunakan pengaturan semaksimal mungkin agar foto yang dihasilkan lebih jelas dan berkualitas.

Selain itu kamera smartphone memiliki shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kamu memencet shutter dan saat kamera mulai mengambil foto. Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tanganmu tetap tenang sesaat setelah menekan shutter dan saat kamera mulai mengambil foto, pegang erat smartphone agar foto nggak blur.

Tentukan tema foto

Tentukan tema foto yang ingin ditampilkan agar hasilnya relevan dengan apa yang kamu tampilkan. Tema foto produk merupakan salah satu hal krusial dalam mengambil foto yang oke, jadi pastikan kamu sudah menentukan tema foto sebelumnya. Setelah dapat tema olah lagi idemu untuk melihat apakah tema dan hasil akhirnya fotonya sudah relevan dengan apa yang akan disampaikan dan ditampilkan di Instagram maka kamu tinggal menyiapkan properti serta lokasi yang sesuai temanya. Misalnya kamu menjual jersey bola, kamu bisa menggunakan tema di mana model kamu sedang bermain bola atau futsal. Jika tema sudah siap. Gunakan properti atau aksesoris seperlunya ya agar foto produk nggak hilang fokus dan barang yang kamu jual tetap menjadi perhatian utamanya.

BACKGROUND

Semakin ramai background foto dan semakin banyak hiasan dalam foto produk, maka akan semakin menarik pula hasilnya? Anggapan itu salah besar. Background foto dan hiasan yang banyak akan membuat calon pembeli tidak fokus pada produk utama yang kamu jual. Malahan bisa saja berpikir bahwa yang kamu jual adalah hiasan pendukung fotonya. Untuk mencegah hal itu terjadi, Sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih atau abu-abu muda untuk menghasilkan kualitas foto yang bersih dan hasil yang konsisten.

Source: cutoutquick.com

Warna putih akan menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah pada produk. Kamu bisa membuat backdrop sendiri hanya dengan dinding, kertas HVS atau karton putih, papan busa, selotip, meja, atau bisa juga dengan menggunakan laptop yang dibuka.dan masih banyak lagi. Siapkan meja yang diletakkan menempel ke dinding, lalu letakkan kertas karton tadi diatas meja hingga ke dinding di belakang meja, bentuknya menyiku ya Moeslemates. Rekatkan dengan selotip besar agar karton tidak mudah lepas.

LIGHTING

Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau nggaknya hasil foto yang kamu ambil. Karena kamera HP nggak se-sensitif kamera DSLR, karena itu harus ada cahaya yang cukup terang saat akan memfoto produk. Banyak sekali pilihan untuk menggunakan lighting dalam proses pengambilan foto produk, namun yang paling mudah dan murah adalah cahaya natural dari sinar matahari. Kamu mengambil foto secara outdoor karena cahaya alami dari matahari menghasilkan foto yang lebih bagus.

Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. lebih baik gunakan bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka. Letakkan objek yang akan difoto tepat di tepi jendela. Untuk menghindari hasil foto dengan cahaya yang terlalu tajam, lakukan saat posisi matahari nggak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore. Jika dirasa masih kurang, coba gunakan lampu tambahan yang disesuaikan dengan besaran objek foto. Gunakan dua lampu meja, yang satu untuk menerangi produk, yang satunya lagi arahkan ke karton putih.

Aksesoris smartphone

Meskipun smartphone memiliki pengaturan untuk menstabilkan gambar, namun jika kamera bergoyang sedikit maka akan menghasilkan gambar yang blur. Stabilitas dalam pengambilan gambar sangatlah penting untuk memastikan hasil gambar yang tajam. sahabat dapat menggunakan alat bantu seperti tripod untuk mengurangi hand-shake yang mengakibatkan foto menjadi tidak fokus. Untuk foto objek berukuran kecil, tripod digunakan untuk mengatur smartphone berjarak satu langkah dari objek foto. Dengan menggunakan lensa tambahan, Anda dapat menghasilkan gambar yang tajam melalui kemampuan zoom lensa tersebut.

Agar hasil foto kamu sempurna, kamu bisa meng aksesoris yang dapat . Beberapa aksesoris smartphone lain bisa kamu gunakan untuk menunjang kerja saat mengambil foto seperti mini studio backdrop, lazy pod, pengaturan lighting tambahan, tripod dan lensa. Lensa bukanlah hal yang wajib. Jika kamu memerlukan kualitas zoom yang tinggi dan menciptakan gambar mikro maka kamu dapat menggunakan lensa tambahan untuk smartphone.

MODEL

Jika produk yang akan kamu jual adalah sesuatu yang bisa dipakai, alangkah baiknya menggunakan model sebagai gambaran bagi calon pembeli. Sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan menarik apabila kamu ada model yang memakai produk tersebut. Khusus untuk produk fashion, penggunaan model saat mengambil foto bisa menjadi salah satu daya tarik.

Source: clipchamp.com

Misalnya, kamu menjual tas wanita, maka gunakanlah model yang memakai tas tersebut. Jangan lupa memadu-padankan tas yang kamu jual dengan pakaian atau aksesoris lainnya yang sesuai agar terlihat bagus dan menarik calon pembeli. tersendiri. Produk yang terlihat pas di badan sang model bisa memberi gambaran pada pembeli apabila produk tersebut dikenakan langsung. Untuk menghemat cost kamu bisa mengajak teman kamu untuk dijadikan model dadakan, sehingga kamu tidak perlu membayar model papan atas.

potret produk dari berbagai angle

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS