5503
  2017-12-08       id.pinterest.com

4 Hal Yang Bisa Membuat Inner Beauty Terpancar

Cantik dari dalam bisa terlihat dari 4 hal ini loh Moeslemates, ingin tahu? Yuk selengkapnya simak 4 hal yang bisa membuat inner beauty terpancar berikut ini!

Official Moeslema Team 7,084 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Merasa tidak memiliki paras yang cantik? Atau ingin memancarkan kecantikan dari dalam hati? Cantik itu relatif, begitulah opini banyak orang jika ditanya cantik itu apa sih, apa pendapatmu? Cantik itu gak melulu tentang fisik seorang wanita kok, lebih dari itu, cantik juga bisa terpancar dari dalam hati. Bahkan Siti Aisyah pun, istri Rasulullah SAW seringkali merasa cemburu dengan Siti Khadijah, padahal dalam sebuah hadits dikatakan bahwa panggilan sayangnya Rasulullah kepada Aisyah adalah "Humaira" yang artinya kemerah-merahan yang menunjukkan bahwa Aisyah adalah seorang wanita cantik dan memang menjadi salah satu istri Nabi yang memiliki paras yang cantik, namun Rasulullah lebih sering menyebutkan khadijah. Hal ini membuktikan bahwa cantik itu bisa berasal dari dalam hati yang kita sebut inner beauty. Ingin tahu apa saja yang membuat inner beauty mu terpancar? 4 hal ini bisa membuat inner beauty mu terpancar, simak selangkapnya di sini!

1. Berilmu

. . . . Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. [QS. Al-Mujadilah: 11]

Percaya atau tidak, tapi wanita yang pintar atau berilmu biasanya punya inner beauty tersendiri. Terutama ketika dia menjelaskan tentang sesuatu yang dia ketahui. Nah hal pertama yang bisa membuat inner beauty-mu terpancar adalah kepintaranmu. Karena itu, jika Kamu merasa tidak memiliki paras yang begitu cantik, maka jadilah wanita yang pintar. Karena sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan memiliki ilmu diantara Kamu. Dan seorang wanita yang pintar biasanya selalu terlihat cantik.

2. Kesabarannya

Hal kedua yang membuat inner beauty-mu terpancar adalah karena kesabaranmu. Seseorang yang penyabar, biasanya memiliki raut wajah yang lebih tenang, meskipun sedang dalam kesulitan. Karena dia senantiasa ikhlas dalam menghadapi segala macam permasalahan dalam hidupnya, ia yakin bahwa cobaan yang sedang ia lalui tidak akan di luar kemampuannya dan semuanya adalah takdir dari Sang Khalik. Dengan pemikiran seperti itu kecantikannya akan terpancar dari dalam hatinya, masih bisa tersenyum dikala sedang bersedih. Karena make up terbaik dari seorang wanita adalah senyum di bibirnya. Ada orang yang rela mengeluarkan banyak uang demi memperoleh ketenangan hati yang juga mempengaruhi raut wajahmu yang tampak layu, seperti pergi yoga, gym, berenang dan banyak hal lainnya, padahal yang paling terpenting adalah apa yang ada di hatimu. So, lebih banyak bersabar dan bersyukur akan membuat inner beauty-mu lebih terpancar.

. . . . Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. [Az-Zumar: 10]

3. Tuturnya Manis

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam. [Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no. 6475]

Moeslemates, pernah gak sih Kamu bertemu dengan seseorang yang parasnya tidak begitu cantik, namun tingkah laku dan tutur katanya sangat manis? Hal yang membuat inner beauty-mu terpancar adalah karena tutur katamu yang manis. Seperti sabda Rasululah "Berkata baik atau diam" seorang wanita yang cantik tentu tidak akan mengeluarkan kata-kata kasar apalagi kata-kata yang menyakiti hati orang lain. Biasanya tutur kata yang manis ini selalu diiringi dengan sikap yang sopan. Dia cantik karena dia tahu seperti apa menghargai lawan bicaranya, ia cantik karena setiap kata yang keluar dari mulutnya senantiasa memberikan kesejukan dan ketenangan kepada orang yang mendengarkannya. So, jadilah muslimah yang tuturnya manis!

4. Akhlak yang Baik

Moeslemates, ada sebuah kisah tentang seorang lelaki yang menikahi seorang wanita yang sangat cantik. Saking cantiknya, banyak orang yang kagum dan memuji sang suami karena pintar mencari istri. Namun dalam hati kecil sang suami, ia tidak pernah merasa bangga dan bahagia menikahi wanita cantik tersebut, bagaimana ia bisa bahagia jika sang istri tak pernah menghargainya sebagai seorang suami, dia tak pernah mau diajak mengaji dan menghormati suaminya sebagai pemimpin rumah tangga. Singkat cerita, sang suami akhirnya memutuskan untuk berpisah, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dia akhirnya bertemu dengan seorang istri yang rajin mengaji, menunjukkannya kepada kebaikan, meskipun kecantikannya jauh dari mantan istrinya namun ia merasa lebih tenang dan bahagia. Moeslemates, dari kisah ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa kecantikan tidak selalu memberi kebahagiaan. Tapi dengan akhlak/perilaku yang baik pasti kehidupanmu juga jadi jauh lebih baik. So, jangan bersedih karena tidak memiliki wajah yang cantik, tapi bersedihlah jika tidak memiliki inner beauty, kecantikan dari dalam hatimu.

“Dunia itu semuanya menyenangkan, dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita sholehah”.
(H.R. Muslim. Lihat Riyâdhush-Shâlihîn)

Nah Moeslemates, itulah 4 hal yang bisa membuat inner beauty tepancar. So, jadilah seorang wanita yang setidaknya memiliki kecantikan dari dalam hati, bukan hanya cantik yang hanya tampak dari luar. Semoga kita jadi salah satunya yaa! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS