5499
  2018-02-23       pendarbintang.wordpress.com

Menjadi Orang yang Lebih Produktif dengan Melakukan Manajemen Waktu Ala Rasulullah SAW

Jangan sampai menyesal karena tidak memanfaatkan masa muda dengan baik. Yuk simak manajemen waktu ala Rasulullah SAW berikut ini!

Official Moeslema Team 419 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Waktu adalah sesuatu yang amat sangat penting dan berharga, karena sekali kita melewatkanya dengan sia-sia maka kita tak akan mungkin untuk bisa memperbaiki dan mengulanginya lagi. Pentingnya waktu juga tercatat dengan jelas dalam firman Allah SWT.

(1) Demi masa. (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. [QS. Al-Asr: 1-3]

Sesungguhnya kita akan jadi orang yang merugi jika tidak memanfaatkan waktu untuk menjadi orang yang beriman dan beramal shaleh dan saling menasehati dalam kebenaran dan tetap bersabar dalam melaluinya. Orang yang bisa kita teladani dalam memanfaatkan waktu tersebut adalah Nabi Muhammad. Sempurna adalah gambaran yang paling tepat untuk mendeskripsikan Rasulullah SAW. Dikenal sebagai seorang yang profesional di berbagai bidang, baik sebagai orang tua, sebagai suami, sebagai kakek, kepala negara, panglima perang, dan banyak hal lainnya. Padahal beliau memiliki jatah waktu yang sama dengan kita semua, 24 jam dalam sehari. Tapi bagaimana beliau bisa menjalankan semua perannya dengan sempurna? Yuk simak manajemen waktu ala Rasulullah berikut ini!

Bangun Pagi

Source: l-s-b.org

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah No. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Mungkin Kamu sering mendengar istilah jangan tidur lagi setelah shubuh nanti rezekinya dipatok ayam. Sepertinya istilah itu tidak sepenuhnya salah, karena Rasulullah berdo'a kepada Allah agar umatnya senantiasa diberikan keberkahan di waktu paginya. Maka hindarilah tidur di pagi hari agar bisa mendapatkan keberkahan waktu pagi. Beberapa kegiatan ini adalah hal-hal rutin yang sering dilakukan Rasulullah dan mungkin bisa kita terapkan agar pagi kita menjadi berkah:
- Tidur lebih awal
- Hindari begadang!
- Berdzikir setelah subuh
- Mengaji atau menghapal Al-Qur'an
- Shalat dhuha
- Olahraga, atau melakukan gerakan-gerakan ringan.

Lebih Produktif

Source: id.wikihow.com

Diriwayatkan oleh Al-Aswad bin Yazid: Aku bertanya kepada 'Aisyah ra, "Apa yang biasa Rasullulah SAW lakukan di dalam rumah?" Ia menjawab, "Beliau biasa membantu keluarga, apabila beliau mendengar adzan berkumandang, maka beliau segera ke luar (untuk menunaikan sholat)." [HR. Muslim]

Moeslemates, tentu Kamu memiliki jadwal yang harus dilakukan setiap hari, diantaranya adalah sekolah, kuliah, mengurusi anak, memasak, bersih-bersih rumah dan pastinya melaksanakan aktivitas ibadah harian kita yakni shalat 5 waktu. Dalam hadits tersebut di atas dikatakan bahwa Rasulullah SAW biasa membantu keluarga di dalam rumah, namun bila adzan berkumandang, maka beliau tinggalkan aktivitasnya untuk melaksanakan shalat. Jadilah orang yang lebih produktif dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, buat list apa sajakah yang harus dilakukan setiap hari agar rutinitas ibadah kita tidak terganggu atau bahkan terhalangi.

Menentukan Skala Prioritas

Source: www.cermati.com

Dalam menentukan skala prioritas ada banyak hal yang perlu dipertimbangakan. Dalam agama Islam pertimbangan tersebut berdasarkan hal-hal seperti wajib atau sunnah, seberapa luas kebermanfaatannya, tingkat kesulitannya, seberapa banyak orang yang terlibat, dan sebagainya. Temukanlah prioritas utama di kehidupan kita. Apa hal yang harus dilalukan terlebih dahulu? Apa sajakah hal yang jadi kewajiban atau sunnah bagi Kamu? Hal apa yang lebih berharga untuk waktu kita? Alokasikan waktu secara konsisten untuk aktivitas yang penting. Seperti waktu untuk keluarga, waktu untuk diri sendiri, waktu untuk lingkungan sosial kita, dan yang paling penting adalah waktu yang kita habiskan untuk beribadah kepada Sang Maha Pencipta. Bersikaplah bijak dalam menentukan hal-hal prioritas dalam hidup, karena salah satu karakteristik waktu adalah mudah berlalu.

Tidak Menunda-nunda

A post shared by Dije (@duniajilbab) on

Apa Kamu sering menunda-nunda hal yang akan dikerjakan? Moeslemates, sesungguhnya menunda-nunda itu datangnya dari syaithan, karena hal ini adalah salah satu cara syaithan untuk menjauhkan kita dari kebaikan secara perlahan. Misalnya, saat datang waktu shalat, kita malah sibuk mengerjakan ini dan itu, kemudian muncul kalimat "Nanti deh bentar lagi!". Bermula dari menunda, bukan tidak mungkin akhirnya akan ditinggalkan. Karena itu berusaha menjadi orang yang disiplin dalam waktu, karena sesungguhnya Allah telah mengatur waktu shalat agar kita bisa menjadi orang yang disiplin terhadap waktu. Bukankah penyesalan itu selalu datang terlambat? Karena itu manfaatkan waktu sebaik-baiknya.


Nah itulah manajemen ala Rasulullah yang bisa Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin pintar seseorang memanfaatkan waktu, maka ia akan jadi orang yang semakin produktif. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berdo'a dan beribadah sebanyak-banyaknya Moeslemates. Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS