5476
  2017-12-01       www.instagram.com

5 Tips Agar Mudah Melaksanakan Shalat Tahajud

Ingin rajin shalat tahajud tapi sulit bangun di malam hari? Yuk simak 5 tips agar mudag melaksanakan shalat tahajud berikut ini!

Official Moeslema Team 353 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. [QS. Al-Isra: 79]

Shalat tahajud memang jadi perkataan yang mudah diucapkan, tapi bagaimana dengan melaksanakannya? Apa Kamu termasuk orang yang sering terbangun di sepertiga malam dan menunaikan shalat tahajud? Jika tidak, apa Kamu memiliki keinginan untuk bangun di malam hari dan shalat tahajud? Tapi kok rasanya sulit bangun dan seringkali merasa malas yaa?! Berikut ini Moeslema akan bagikan 5 tips agar mudah shalat tahajud yang bisa Kamu coba! Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Pola Tidur Teratur

Moeslemates, seorang muslim harusnya terbiasa bersikap disiplin terutama perkara waktu. Karena kita telah terbiasa shalat 5 waktu di waktu-waktu yang telah ditentukan. Tips agar mudah shalat tahajud yang pertama adalah tidur di waktu yang teratur. Biasakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, karena dengan pola tidur yang teratur niat untuk shalat tahajud pun akan lebih mudah dilakukan. Terbiasa begadang akan membuat pola tidurmu terganggu, akibatnya bukan hanya kurang tidur dan tidak bisa shalat tahajud saja, tapi juga mudah terserang penyakit. Simak apa kata Ustadz Adi Hidayat berikut ini!

2. Niat Yang Kuat & Bersungguh-sungguh

Seringkali kita dengar bahwa segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, hal ini pun berlaku pada shalat tahajud. Tips agar mudah shalat tahajud yang kedua adalah niat kuat dan bersungguh-sungguh untuk melaksanakan shalat tahajud. Karena jika kita tidak bersungguh-sungguh untuk bangun dan mendirikan shalat tahajud/shalat malam, maka badan pun akan sulit berkompromi. Tanyakan pada dirimu apakah sudah bersungguh-sungguh hendak melaksanakan shalat malam tanpa ada keraguan?!

A post shared by Kopi Ukhuwah (@kopiukhuwah) on

3. Amalkan Cara Tidur Ala Rasulullah

Tips agar mudah shalat tahajud berikutnya adalah dengan cara mengamalkan cara tidur ala Rasulullah. Diantaranya adalah berwudhu, merapikan tempat tidur sambil menepuk-nepuknya dan membaca surat-surat pendek, mengahadap kiblat, membaca do'a sebelum tidur dan lain-lain. Yakinkan dirimu untuk terbangun di sepertiga malam sambil meminta Allah SWT memudahkannya dan membangunkanmu saat waktunya tiba nanti.

4. Luangkan Waktu Sebentar Untuk Tidur Siang

Moeslemates jika memungkinkan, luangkan waktumu sebentar untuk tidur di siang hari, minimal 15-30 menit, karena tidur terlalu banyak pun tidak akan baik dan bahkan membuatmu akan sulit tidur di malam hari. Dalam beberapa kasus ada juga yang malah terus-terusan tertidur karena merasa mengantuk. Tidur di siang hari akan membantu mengurangi beban kerja dan membuatmu tidak kurang tidur dan mudah kelelahan. Bahkan Rasulullah pun sering tidur siang sejenak untuk meringankan bebannya.

5. Memasang Alarm

Hal terakhir agar mudah shalat tahajud adalah dengan memasang alarm. Cara memasang alarm yang tepat adalah menjauhkan alarm dari jangkauan tangan kita, namun tetap terdengar dengan jelas, karena dengan demikian, mau atau tdk mau kita akan bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya manakala alarm tersebut berbunyi. Alarm lainnya adalah meminta orangtua, teman atau sodaramu membangunkan untuk shalat tahajud. Karena dengan alarm seperti ini biasanya lebih ampuh dan jitu dalam membangunkan seseorang. Memasang alarm tiap 5-10 menit sekali pun ampuh membuatmu terbangun loh. Tentu saja alarm ini akan berguna saat Kamh telah mengamalkan tips di atas.


Nah Moeslemates, itulah 5 tips agar mudah melaksanakan shalat tahajud yang bisa Kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling penting adalah keikhlasan dalam hati untuk melaksanakan shalat malam, karena jika tidak ikhlas segala sesuatu apapun akan terasa berat, terlebih untuk bangun di sepertiga malam. Karena dalam sepertiga malam terdapat keutamaan yang luar biasa, semoga dimudahkan yaa! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS