547

Source: miner8.com

Assalamualaikum.

Selamat Siang moeslemate semua,

Di hari Jumat yang penuh berkah ini, saya ingin berbagi pengalaman perjalanan menuju Candi Borobudur.
Langsung aja kali ya.
Perjalanan ini saya lakukan tahun lalu sekitar bulan Mei 2015. Saya bersama ke dua teman saya berangkat dari daerah sekitar bantul yogyakarta. Kebetulan waktu itu saya menginap di rumah kakak saya di komplek PonPes Al- Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Sekitar 1 km dari rumah kami jalan menuju jalur lingkar selatan untuk naik bus yang akan membawa kami ke borobudur.
Kurang lebih 30 menit kami menunggu mini bus ini. Sebenarnya bisa kita naik mini bus jurusan langsung ke Candi borobudur ini di terminal giwangan, namun karena terlalu jauh jadi memutuskan untuk menunggu di pinggir jalan saja.

Perjalanan dari bantul sampai diterminal candi borobudur sekitar 2 jam, dengan biaya Rp. 18.000 per orang.

Tips : Sebelum kita memulai perjalanan kemana pun, sebaiknya kita searching dulu diinternet ya ukhty, agar kita memiliki gambaran lokasi, akomodasi dll. Jadi kita bisa antisipasi apabila ada hal2 yang tidak kita inginkan.

Sekitar pukul 11:00 WIB kami sampai di terminal komplek candi borobudur. Dari terminal ini sampai di candi Borobudur sekitar 700 M, berhubung sudah capek jadi kami memutuskan naik bentor alias becak motor yang muat di isi 3 orang dengan biaya sewa Rp 15.000, cukup hemat lah ya per- orang kena Rp 5.000.
Setelah sampai di depan gerbang komplek, kami langsung masuk dan menuju loket pembayaran masuk ke area Candi Borobudur.
Biaya masuk untuk orang Dewasa Rp 30.000.

Tips : Disarankan untuk membawa payung ya ukhty saat berkunjung ke sini, karena saat cuaca panas akan sangat bermanfaat pun saat tiba- tiba cuaca berubah menjadi hujan. Dan bawa kamera yang bagus ya untuk mengabadikan moment. Karena semakin ke atas pemandangan daerah magelang view nya sangat baguss.

Setelah puas berkeliling dan berfoto, akhirnya kami turun "gunung" menuju ke musholla. Untuk sholat dhuhur.
Nah buat yang pegel- pegel nih, dimusholla sekitar komplek ada juga loh jasa tukang pijat dan urut. Pun dengan berbagai santapan yang lezat yang bisa dinikmati.
Buat yang ingin berbelanja souvenir, disini juga ada semacam pasar nya ukhty.
Buat yang masih belum puas, dan ingin mengelilingi seluiruh area Candi Borobudur, disini juga ada loh semacam odong2 yang bisa di sewa dengan harga yang berfariasi, tergantung jago nawarnya sih.

Nah, saat jalan pulang dari komplek menuju ke terminal ini, kami naik andong kuda dengan biaya yang sama Rp. 15000 untuk 3 orang.
Oiya, apabila berkunjung ke sini, jika menggunakan kendaraan umum seperti Bus ini, sebaiknya sebelum jam 4 sore ya, karena bus terakhir yang akan kembali ke jogja terakhir jam 4.
Saat kami pulang, kami menaiki bus yang sama dengan saat kami berangkat.

FYI : Mini bus ini berangkat dari terminal Giwangan, mampir di terminal Jombor juga terakhir berhenti di terminal Borobudur (PP).

Sekian sharing pengalamanya, semoga bermanfaat ya ukhty.

Wassalamualaikum wr wb.

Queenix
Pecinta Bakso dan Mie Ayam | email : queenix.id@gmail.com
Like our facebook page if you like this article!