5418
  2017-12-05    

8 Cara Mudah Perawatan Rambut Rontok Bersama Sariayu Hijab

Berhijab tapi kok rambut malah jadi rontok? Yang salah hijabnya atau rambutnya yang bermasalah? Yuk, coba cek tips mudah perawatan rambut rontok untuk yang berhijab, apakah cara perawatan kalian sudah sesuai atau belum ?

Diah Estika 179 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Berhijab sudah pasti adalah sebuah kewajiban untuk seorang muslimah, bukan hanya sekedar trend fashion yang semakin popular di zaman sekarang ini. Menggunakan hijab jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan kondisi rambut. Karena bagaimanapun, rambut adalah mahkota dan alangkah baiknya dijaga keindahannya. Akan tetapi, wanita berhijab malah lebih sering mengalami masalah rambut seperti ketombe, lepek, gatal, dan kerontokan. Hal tersebut disebabkan oleh keringat dan minyak yang berlebih di kepala karena kurangnya sirkulasi udara. Kondisi kepala seperti ini yang menyebabkan timbulnya rasa gatal dan ketombe, dan ketombe pun menimbulkan masalah lainnya yaitu rambut rontok. Masalah rambut rontok sepertinya hampir dialami kebanyakan wanita berhijab, karena kondisi kulit kepala mereka yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan beberapa perawatan khusus untuk wanita berhijab, karena kerontokan yang dibiarkan bisa menjadi semakin parah.

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa digunakan oleh wanita berhijab untuk menjaga kondisi rambutnya agar tetap indah :

1. Jaga kebersihan rambut dengan cuci rambut/keramas yang teratur

Seperti yang sudah disebutkan kondisi yang membuat masalah di rambut adalah keringat dan minyak, sehingga cara mengatasinya adalah dengan cuci rambut teratur setiap dua hari sekali supaya minyak dan keringat tidak mengalami penumpukan di kulit kepala.

2. Pemilihan shampoo yang tepat

Pilihlah shampoo dengan formula yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Wanita berhijab pun sekarang sudah lebih mudah dalam mencari shampoo yang sesuai dengan kondisinya, banyak sekali shampoo yang dibuat khusus untuk wanita berhijab. Sariayu pun memberi kemudahan untuk wanita berhijab dengan rangkaian produk Sariayu hijab. Sariayu hijab pun memiliki varian tersendiri untuk mengatasi rambut rontok, seperti yang saya gunakan yaitu Sariayu Hijab Intense Series Hair Fall Shampoo. Sariayu Hijab Intense Series Hair Fall Shampoo ini memiliki kandungan utama kacang polong dan kedelai dalam PeaVit Complex serta mild surfactant yang memiliki 3 langkah intensif dalam mengurangi kerontokan rambut, membantu menguatkan akar dan inti rambut, dan membantu melindungi dan memperbaiki rambut dari kerusakan. Selain manfaatnya untuk perawatan rambut rontok, aromanya juga tahan lama sangat cocok untuk yang berhijab. Sariayu Hijab Series ini tidak hanya memiliki perawatan shampoo, tetapi juga juga memiliki produk perawatan rambut lainnya seperti Sariayu Hijab Conditioner, Hair Tonic Lotion, dan Hair Mist untuk perawatan rambut yang lebih optimal. Jadi, Ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang mengalami masalah yang sama.

3. Rambut harus kering sebelum mengenakan hijab

Kondisi yang harus diperhatikan selanjutnya adalah setelah keramas jangan lupa mengeringkan rambut terlebih dahulu, bisa dengan handuk berbahan lembut atau dengan diangin-anginkan. Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer dalam mengeringkan rambut, karena bisa menyebabkan nutrisi yang ada di rambut berkurang dan memperparah kerusakan rambut.

4. Ikat rambut terlalu kuat = NO

Hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang pada rambut karena akan menyebabkan kerontokan karena adanya tekanan yang berlebih pada rambut. Seperti yang kita tahu, ikatan rambut yang kencang dan tinggi memberikan kesan rapi dan cantik untuk beberapa orang. Tapi alangkah baiknya, tidak mengikat terlalu kuat pada rambut.

5. Jangan lupa lepas jilbab dan ikat rambut setelah aktivitas

Sebaiknya setelah beraktivitas, kita memberikan ruang untuk rambut kita beristirahat dan bernafas.

6. Pilihlah hijab dengan bahan yang tepat

Bahan hijab yang dikenakan juga merupakan poin penting dalam menjaga kondisi rambut. Salah dalam memilih bahan hijab bisa menyebabkan rambut tidak bisa bernafas karena tidak adanya sirkulasi udara. Kondisi ini kemudian akan memicu minyak dan keringat yang berlebih pada rambut. Alangkah baiknya pilih bahan hijab yang bisa menyerap keringat.

7. Rajin mengganti inner

Rajin mengganti inner mungkin masih dianggap bukan masalah penting, karena penggunaannya yang tidak langsung terkena paparan debu, panas dan, asap. Padahal inner adalah yang terkena keringat secara langsung. Keringat yang menumpuk pada inner bisa menjadi masalah pada rambut, maka sebaiknya jangan gunakan inner yang sama selama dua hari dan dijaga kebersihannya.

8. Kurangi stress dan konsumsi makanan yang bernutrisi

Jangan lupa terus berpikir positif, karena stress bisa mempengaruhi meningkatnya minyak di rambut yang memicu kerontokan. Dan jangan lupa banyak konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.


Diah Estika Diah Estika
A clinical pharmacist who love about fashion and beauty
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Diah Estika
Diah Estika
A clinical pharmacist who love about fashion and beauty

no comments

Follow Moeslema on SNS