53
  2016-06-30       www.indarweirtravel.travel

9 + 1 Tips Travel Light untuk Lebaran

Kalau kamu berencana untuk mudik, artinya kamu perlu baca ini moeslemates!

Official Moeslema Team 57 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Lebaran sebentar lagi, sebagian orang juga sudah mulai packing dan mulai mudik hari sabtu besok. Bagaimana persiapanmu moeslemates? Kami memiliki tips supaya perjalananmu lebih menyenangkan dan tidak terbebani karena barang bawaanmu overload loh...

1. Menentukan Batas Maksimal

Ini adalah dasar dari travel light. Batas maksimal yang dimaksud adalah jumlah tas maksimum yang akan kalian bawa. Misal, satu orang satu tas yang bisa dibawa oleh masing-masing orang. Ini akan memudahkan proses packing dan tentunya proses berpindah-pindah, terutama jika moeslemates menggunakan transportasi umum. Bukan berarti membawa kendaraan pridadi lebih bebas ya...

Pilih tas dengan ukuran yang sedang. Semakin besar tasnya, memang muat banyak, tetapi makin berat. Sementara tas yang kecil belum tentu efektif karena belum tentu dapat menampung semua barang yang benar-benar penting.

Perlu diingat jika kalian mudik menggunakan motor dan mobil, jangan sampai barang-barang yang kalian bawa justru membuat celaka. Jika kalian menggunakan motor, sebaiknya membawa satu tas ukuran sedang yang bisa ditaruh di sela-sela bangku dan stang motor. Untuk pengendara motor besar, sebaiknya gunakan ransel dan untuk mobil, pastikan barang bawaan kalian tidak mengganggu penglihatan supir dari spion tengah ya moeslemates.

2. List Barang

Buatlah list barang kira-kira akan kalian bawa. Biarpun berbeda-beda, biasanya untuk mudik cukup membawa pakaian, oleh-oleh, snack, dan p3k sederhana.

3. Pilih-pilih Pakaian

Untuk pakaian, sebaiknya disesuaikan dengan agenda kegiatan. Tapi perlu diingat, tidak perlu bawa banyak-banyak karena bisa cuci setrika di rumah nanti. Sebagai pertimbangan, sebaiknya memilih baju yang ringan dan tidak mudah kusut.

4. Berpikir positif

Source: www.wikihow.com

Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi persiapkan kotak p3k dan atau barang-barang penting agar tidak makan tempat. Biasanya, barang-barang seperti ini bisa dibeli selama perjalanan. Begitu juga perlengkapan mandi. Persiapkan tisu basah untuk perjalanan jarak jauh dan mandi setelah sampai ditempat tujuan. Selain untuk meminimalisir bawaan, ini juga bisa mencegah barang-brang tersebut tumpah dan merusak isi koper.

5. Memanfaatkan Pouch/Ziplock agar Lebih Rapih

Pouch/ziplock akan bermanfaat untuk membuat barang tertata rapih. Selain lebih mudah untuk mengeluarkannya, tentunya ini juga akan membuat ruang dalam koper terpakai secara optimal.

Kemasan ziplock juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga benda-benda cair seperti toiletries dan memnjaga cairan tersebut tidak tumpah dan merusak isi koper jika terjadi sesuatu.

6. Bawa Tas Lipat atau Plastik

Source: www.bydeals.net

Benda-benda ini berfungsi sebagai bungkus ekstra, terutama saat jumalah barang bertambah saat pulang. Kantong plastik juga bisa dimanfaatkan untuk menaruh pakaian kotor.

7. Atur Barang Bawaan di Luar Koper Terlebih Dulu

Setelah memiliki list barang bawaan yang harus dimasukkan, atur semua barang bawaanmu di luar koper dulu moeslemates. Hal ini untuk mencegah kalian memasukkan banyak barang yang ternyata ada di luar list. Selain itu, disini kalian bisa memikirkan kembali apakan barang-barang yang ada di list benar-benar kalian perlukan.

8. Pisahkan Peralatan Mana yang Harus di Dalam dan di Luar Tas

Source: heavy.com

Pilah-pilah posisi penempatan barang. Ada baiknya barang yang paling jarang diambil dan berat ditaruh dibagian tengah bawah agar terlindung. Setelah itu barang-barang yang sering dipakai bisa diletakkan diluar. Ada baiknya membawa tas kecil sehingga barang-barang seperti dompet dan handphone bisa selalu ada didekat kita dan mudah dikeluarkan.

9. Periksa Ulang Barang Bawaan

Last step, adalah memeriksa kembali barang bawaan. Pastikan semua barang yang penting sudah masuk. Jangan sampai ada yang tertinggal. Jika masih tersisa tempat ditas, sebaiknya dibiarkan. Ini untuk berjaga-jaga apabila nanti kita perlu membawa sesuatu yaa moeslemates. Jangan lupa optimalkan fungsi gadget. Jika kalian bepergian menggunakan kendaraan umum dan suka membaca atau menonton film, ada baiknya mengoptimalkan fungsi gadget kalian. Ini berguna untuk mengurangi barang bawaan yang tidak perlu seperti majalah atau buku.

10. Tambahan: Pilih-Pilih Isi Dompet

Ketika mudik, beberapa kartu-kartu membership tidak dapat digunakan loh moeslemates. Selain untuk mengurangi berat dompet, ini juga berguna untuk membuat dompet lebih mudah diakses. Selain itu kalau dompetmu hilang, tidak begitu banyak surat yang harus kalian urus nantinya.

Itu dia 10 tips dari kami untukmu moeslemates. Semoga bermanfaat!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS