524
  2016-08-11    

Website Enak Belajar Bahasa (Part 1) : DUOLINGO

Saat ini, belajar bahasa tidak harus melulu di dalam kelas. Cukup bermodalkan smartphone/laptop dan akses internet, kamu bisa belajar bahasa lewat situs web ini.

pigeonidn 197 views

Belajar bahasa tidak harus di kelas

Bahasa adalah salah satu jendela dunia. Dengan memahami banyak bahasa, kita dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang dari segala penjuru dunia. Kita juga mempunyai kesempatan membaca buku lebih banyak sehingga wawasan menjadi lebih luas.

Saat ini, cukup bermodal laptop/smartphone dan akses internet, kamu sudah bisa mempelajari berbagai macam bahasa secara cuma-cuma. Tidak hanya belajar, kamu juga bisa membantu orang lain untuk mempelajari bahasa yang kamu sudah kuasai. Seperti aplikasi yang akan kita bahas kali ini.

Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu belajar bahasa. Cara belajar seru, membuat kamu merasa tidak seperti sedang belajar. Penasaran? Berikut beberapa screenshot dari aplikasi tersebut.


Halaman depan Duolingo saat kamu mengakses pertama kali. Di bagian kanan atas, kamu bisa memilih bahasa situs. Jika kamu memilih bahasa Indonesia, maka website akan ditampilkan dalam bahasa Indonesia.

Ada lebih dari 20 pilihan bahasa yang tersedia. Kamu bisa memilih satu atau lebih bahasa untuk dipelajari.

Di Duolingo, kamu akan menentukan target harianmu sendiri. Setiap mengikuti kursus, Duolingo akan memberitahu apakah target belajarmu sudah terpenuhi atau belum.

Sebelum memulai kursus, kamu akan memilih: ingin memulai kursus dari pelajaran paling dasar atau ingin melakukan placement test untuk mengetahui seberapa jauh kamu sudah menguasai bahasa yang akan dipelajari.

Nah, ini adalah tampilan apa saja materi yang harus dijalani. Kita juga bisa melewati beberapa materi dengan memilih "Test out of 8 skills" jika kita merasa sudah menguasai materi tersebut.





Menjalani kursus

Masing-masing materi mempunyai beberapa lesson yang harus diselesaikan. Seperti pada gambar di samping, kamu baru bisa dinyatakan lolos Basic 1 jika telah berhasil menyelesaikan lesson 1, lesson 2, dan lesson 3.

Contoh salah satu sesi kursus yang akan dijalani. Skill yang dilatih mencangkup keseluruhan: reading, writing, listening, dan speaking. Duolingo juga memberikan penjelasan untuk setiap kata yang kita pelajari.

Jika masih bingung, kita juga memanfaatkan fitur "Discuss sentence".





Fitur lain

Di bagian kanan atas, kita bisa mengetahui "fluency level" kita dalam presentase.

Kemudian di bagian bawahnya, terdapat informasi "daily goal". Daily goal ini sesuai dengan target belajar yang kita tentukan di awal.

Duolingo juga menyedian fitur "progress quiz", dimana kita bisa melakukan tes kemampuan bahasa. Di akhir, kita akan mendapatkan hasil tes berupa sertifikat.

Kamu juga bisa membuat kursus untuk membantu orang lain mempelajari sebuah bahasa melalui menu "contribute to a course"





Coba DUOLINGO!

Selain diakses melalui website, Duolingo juga dapat kamu unduh di App Store, Google Play, dan Windows Store. Jangan lupa, beritahu juga temanmu atau adikmu untuk mencoba Duolingo.

pigeonidn
pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
pigeonidn
pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS