5239
  2017-11-27       www.instagram.com

7 Macam Pertemanan Yang Akan Kita Jumpai Di Dunia, Kamu & Sahabatmu Yang Mana?

Ternyata ada banyak macam dan jenks pertemanan di dunia ini, yuk temukan teman sejatimu! Baca ulasannya di sini!

Official Moeslema Team 189 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sebagai mahluk sosial tentu saja kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita, salah seorang yang kita butuhkan dalam hidup ini adalah seorang teman. Teman untuk diajak ngobrol, berbagi hal-hal kecil maupun besar, merayakan ini itu, dan melakukan hal-hal lainnya. Di tengah banyaknya pertemanan yang kita jalani, ada 7 macam teman yang akan kita jumpai dalam hidup ini. Kira-kira Kamu dan sahabatmu termasuk pertemanan yang seperti apa? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Ta’aruffan

Teman yang pertama disebut "Ta’aruffan” yaitu teman yang kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dan lain-lain. Bagi Kamu yang aktif dan sering bertemu dengan orang banyak, tentu saja Kamu akan banyak bertemu dengan teman macam ini. Jika Kamu ingin memiliki banyak teman, Kamu harus memperbanyak silaturahmi dan mengunjungi tempat-tempat baru serta senantiasa membuka diri untuk berkenalan dengan siapa saja dan kapan saja.

2. Taariiihan

Teman kedua disebut "Taariiihan” yaitu teman karena faktor sejarah, teman sekampung, sekost, sealmamater dan lain sebagainya. Jenis teman yang satu ini biasanya satu tingkat lebih dekat dengan teman "Ta'arufan", karena ia dilatar belakangi oleh faktor yang sama yakni sejarah, dan sesuatu yang berbau kenangan biasanya lebih melekat dibandingkan hanya sebatas tau saja. Maka jangan lupa bersyukur karena memiliki teman dekat yang senantiasa ada ketika kita sedang di atas maupun di bawah. Karena sesungguhnya teman itu adalah suatu kenikmatan dari Allah SWT.

3. Ahammiyyatan

Berikutnya adalah teman "Ahammiyyatan” yaitu teman karena kepentingan bisa berupa teman bisnis, teman kelompok belajar, teman satu event, dan masih banyak lagi. Teman dengan tipe seperti ini biasanya akan segera pergi ketika urusan satu sama laij telah selesai. Contohnya teman bisnis akan selesai ketika bisnis antara Kamu dan dia telah beres. Begitu juga dengan teman-teman kepentingan lainnya.

A post shared by Bety Ayu Lestari (@betyal_4) on

4. Faarihan

Ada juga teman "Faarihan” yaitu teman karena sehobi misalnya hobby motor, nyanyi, futsal dan lain sebagainya. Kamu yang memiliki hobi-hobi tertentu pasti memiliki teman semacam ini. Faarihan sendiri bisa bermakna farhan atau kebahagiaan. Teman sehobi biasanya akan menghabiskan waktu bersama dalam kebahagiaan karena mengerjakan hobinya yang sama. Teman jenis ini biasanya akan selalu siap dan jadi baris terdepan ketika diajak main untuk melakukan hobi bersama.

A post shared by Bety Ayu Lestari (@betyal_4) on

5. Amalan

Selanjutnya teman "Amalan” yaitu teman karena satu profesi atau satu pekerjaan, seperti sesama dokter, sesama guru dan lain-lain. Teman jenis ini biasanya cenderung lebih dekat di banding dengan teman-teman lainnya. Karena seringnya bertemu dan berada dalam satu lingkungan yang sama. Tapi teman jenis ini juga sering terjadi perselisihan pendapat dan ketidak nyamanan satu sama lain, sehingga bila sudah merasa dekat akan jadi dekat sekali, bila tidak suka maka akan berjauhan dan jaga jarak. Dan yang paling terbaik diantara kalian adalah yang saling memaafkan.

6. Aduwwan

Ada juga teman "Aduwwan” yaitu teman yang terlihat seperti baik, tapi sebenarnya penuh kekebencian. Dalam lingkungan pertemanan kita mungkin saja selalu ada teman dengan tipe seperti ini. Sayangnya kita kadang tidak tahu apakah kasih sayangnya sebagai teman tulus atau tidak. Zaman sekarang, orang lebih kenal dengan sebutan teman yang munafik, di depan kita ia bisa menjadi sosok yang sangat baik, tapi di belakang ia bisa habis-habisan menghina dan memaki kita.

7. Hubban Imaanan

Dan yang terakhir yang paling penting adalah "Hubban Iimaanan” yaitu teman yan suka mengingatkan serta mengajakmu selalu ke jalan Allah SWT. Darimana pun asal pertemananmu baik berawal dari ketidak sengajaan bertemu di jalan, faktor sejarah, satu pekerjaan yang penting ada diantara mereka yang selalu mengingatkanmu pada kebaikan dan menjauhkan Kamu dari hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT. Karena teman dengan jenis seperti inilah yang akan memberikan pertolongan di akhirat kelak.

Apabila penghuni surga tidak menemui teman di dunianya, lalu bertanya kepada Allah SWT : "Yaa Rabb...kami tidak melihat sahabatku yang sewaktu di dunia, shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami" Maka Allah SWT berseru : "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar dzarrah." (HR Ibnu Mubarokh)

A post shared by Bety Ayu Lestari (@betyal_4) on


Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS